2 Februari 2011

Walikota Ini Tidak Pernah Ambil Gajinya

Urusan gaji pejabat tinggi belakangan ini kian ramai dibicarakan. Pemicunya, pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono soal gajinya yang sudah tujuh tahun tidak juga naik. Tapi tidak semua pejabat negara mempermasalahkan gaji. Walikota Solo Joko Widodo, misalnya.

Walikota yang tengah menjalani masa jabatan dua periode ini ternyata belum pernah sekali pun mengambil gajinya. Bahkan, mobil dinas walikota yang saat ini dipakainya juga merupakan ‘warisan’ pejabat walikota sebelumnya, Slamet Suryanto.

Jokowi panggilan akrab walikota Solo ini menuturkan, Sabtu 28 Januari 2011 hingga hari ini belum pernah melihat ataupun menerima amplop gaji bayarannya sebagai walikota. “Kalau teken saya memang teken tapi tidak pernah lihat amplopnya. Ambil gimana, wong lihat amplopnya saja tidak pernah,” kata dia.

Ketika ditanya kenapa tidak mengambil gajinya, dengan rendah hati ia tidak mau menjawabnya. “Nggak, nggak, saya tidak mau menjawabnya karena terlalu riskan. Yang penting saya tidak pernah ambil gaji. Kalau tidak percaya, tanya saja kepada sekretaris atau ajudan saya,” tegas dia.

Soal mobil dinas, dia juga enggan menggantinya dengan yang baru. Mobil dinas Toyota Camry keluaran tahun 2002 ini merupakan peninggalan mobil dinas walikota Solo sebelumnya, Slamet Suryanto. “Mobil asal bisa dinaikin, tidak perlu mobil baru,” ujar Jokowi.

Selain itu, dia mengaku memang tidak suka gonta-ganti mobil. Seperti halnya mobil pribadinya yang sudah 14 tahun tidak diganti. “Saya bukan sok, tapi saya memang orang nggak punyai birahi terhadap mobil baru. Jenis mobil dinasnya keluaran tahun berapa, saya juga tidak tahu. Silakan tanya Pak Suli saja (sopir walikota). Pokoknya saya naik dan selamat saja,” tutur dia.


Sumber : http://kecengarif.wordpress.com/2011/01/31/walikota-yang-tak-pernah-ambil-gaji/

61 komentar:

  1. mantap... kpn ya pejabat di indonesia kyk pak jokorwi,
    eh tdi pak jokorwi blg klo dia cman teken saja egk lht isi amplop, bearti msh diambil cmn egk di hitung ja brpa bnyak?

    tpi bgslah...

    BalasHapus
  2. Hati2 bro.., pejabat seperti ini perlu dicurigai. Biaya hidupnya dari mana..?

    BalasHapus
  3. anon diatas goblok... sebelum nyalon walikota & pejabat tinggi lainnya tu orang orang dah di sensus kekayaannya????

    BalasHapus
  4. yang bener aj....
    kalo udah jadi walikota takut ga ada biaya hidup ??
    anonim diatas agak error, ga semua orang kalee hidup mesti sekolahin anak di luar negri, ato makan enak tidur nyenyak...
    sebagai waliota pasti banyak lah kerjaan ato job diluar ...
    seperti pak YK pernah ngomong soal gaji presiden
    "sebagai sales aj bisa hidup, gaji utuh kasih anak bini"

    BalasHapus
  5. Ada orang yg nuntut naik gajinya, dihujat. Ada lg orang yg ga mau ambil gajinya, dicurigai.
    Trs srh gmn??? Klo emg dsrnya tuh penipu ya ky gitu bawaanya curiga mulu ma orng!!!!

    BalasHapus
  6. transfer q juga g pp kok gajinya kl g mau ambil..............

    BalasHapus
  7. Kemunafikan di depan mata!

    Perbuatan apa pun yang tidak masuk akal @ tidak normal tentunya tidak di sukaii oleh Tuhan.

    Bahlul!

    BalasHapus
  8. Ni dia ni orangnya petinggi yg baek...Yg kyk gini nih patut dicontoh...Jgn kyk Beye, curhat mulu. Males dengerinnya...

    BalasHapus
  9. Yang jelas & pasti, sikap yg sudah dicantohkan oleh pak Walikota Solo Jokowi patut dicungi jempol dan jadi panutan bagi pemimpin yg laen. Untuk hal2 laen yg belum tentu kebenarannya kita serahkan aja sama Allah, biar waktu yg membuktikan konsistensi sikap beliau (be positive thinking & pandanglah segala sesuatu scr obyektif bro). just info, kabarnya beliau disayang sama sebagian besar wong solo..jauh banget bedanya dng pejabat2 sebelumnya.

    BalasHapus
  10. Buat anonim ketiga diatas.

    Justru lo yg bahlul !!!!!!! ati2 menuduh orang munafik tanpa didasari fakta, bisa berbalik laknat Allah bg yg suka menuduh kejelekan sesama muslim. Ingat...ingat.

    dasar bahlul!!!

    BalasHapus
  11. latar belakang jokowi sendiri,adalah seorang pengusaha meubel dan kayu.sederhana dan gak neko2....santun org nya.gaji walikotanya tidak sebesar pendapatannya yg notabene nya adalah seorang pengusaha di kota solo.
    pendapatannya justru dibagi2kan ke sopir becak....
    saya orang solo.jd lebih tahu.

    BalasHapus
  12. kalo bapak walikota solo yang ngomong gini saya percaya, ngga heran rakyatnya cinta banget ama walikotanya...monggo ditanya sama orang2 solo...saya sih udh dapet banyak cerita kalo bapak ini emang oke banget...

    BalasHapus
  13. dukung Pak Joko untuk jadi PRESIDEN RI ke 7 kami siap mendukung mu....

    BalasHapus
  14. mampir ke blog saya http://mencoba-sukes.blogspot.com

    BalasHapus
  15. OMONG KOSONG..., COBA ANDA JAWAB SENDIRI. APAKAH ANDA MAU BEKERJA TANPA DI GAJI..?

    BalasHapus
  16. sebagai orang solo saya tidak terima atas ungkapan -ungkapan yg tidak enak. selama masa jabatan beliau kota solo semakin dikenal bahkan sempat juga memunculkan acara sekelas internasional yaitu SIEM dan SIPA (coba cari artikel sbelumnya SIEM dan SIPA adalah event internasional yg dicanangkan oleh bapak walikota) selain itu perbaikan tata ruang kota juga semakin baik. dan yg patut kalian campkan adalah satu2nya kota yg saat pemindahan pasar klitikan ke semanggi tanpa ada kerusuhan, liat dikota2 lain kalo ada pemindahan pasar selalu aja terjadi kerusuhan. bagi kalian2 para pejabat kalo mo studi banding jangan ke luar negeri, cukup liat kota solo ataupun kota jogja. kedua kota ini memperlihatkan peningkatan perekonomian, lingkungan dan tata sosial masyarakat yg baik.

    BalasHapus
  17. Hanya Allah yang maha tahu,tp...gua sependapat ma jek separo..

    BalasHapus
  18. Seperti Presiden, setiap Pimpinan di Indonesia mempunyai biaya taktis. Nah untuk biaya hidup (mungkin) pak walikota ini menggunakan biaya taktis!!! Presiden SBY mempunyai biaya taktis Rp 2M/bulan. Saya ngak tahu berapa biaya taktis walikota solo, yang jelas cukup besar dan bisa membiayai hidup. Gitu lho.... bagi Anonim2 yang mempertanyakan masalah biaya hidup....

    BalasHapus
  19. Patut dicontoh oleh pejabat2 lain, ini langka gw salut dimana para pejabat pemerintah maupun pejabat DPR maupun lain2 lagi berlomba2 u/ memperkaya diri dgn korupsi masih ada 1 yg seperti ini...bravo, lestarikan kalo perlu dikloning aja...he...he..he

    BalasHapus
  20. sy dr Sulawesi..tp sy sdh prnh membaca artikel ttg Pak Jokowi ini + dgr cerita dr bbrpa temen asli Solo..walikotanya mmg kharismatik,budiman dan sederhana..sosok pemimpin yg memang dibutuhkan oleh bangsa besar seperti kita..salut buat keteladanan Pak Jokowi.mdh2n pemimpin daerah lain bs mengikuti.

    BalasHapus
  21. two thumbs up...ma jempol kaki kalo perlu heheh...

    BalasHapus
  22. orang sirik tnda tak mampu.,.,.,biarlah mrka blg ap.,.,.,tuhan maha tahu.,.,dukung Pejabat bersih.,.,!!!

    cayooo mr.Jokowi.,.,.,.,

    BalasHapus
  23. Menurutku orang yang hanya bisa bicara negatif (baca: ngawur)tentang seseorang tanpa dasar, jelas menunjukkan kotornya isi otak dan hatinya.

    Hidup Jokowi, we love you full n teruskan perjuanganmu serta tetap istikomah. biarkan setan2 bicara negatif tentangmu.

    BalasHapus
  24. Saya orang Solo, dan ssaya mencintai bapak Jokowi, . . .
    Kami tahu pasti apa yang telah beliau lakukan selama 2 periode kepemimpinannya, . .
    four thumbs buat pak Jokowi, . . :D

    BalasHapus
  25. HEY orang bahlul! Dengarkan!

    Kalo mau menjabat ya diambil gaji atau kalo betul tidak perlu uang baiknya sedekah ke orang jalanan.

    Atau turun dari jabatan supaya orang lain yang membutuhkan ada kesempatan.

    Dengar tuh bahlul!

    BalasHapus
  26. yg blg bahlul mlh lbh bahlul,.,.,.,dasar kecebong langu.,.,.,.,..

    BalasHapus
  27. Iya ya lah yang bahlul pasti tak mau dengar nasihat jadinya bertambah bahlul.

    Tengok tuh apa dah jadi dengan bangsa yang bahlul. Miskin melarat dan merempat di negeri orang.

    Orang bilang jangan makan nasi laler kalian makan juga. Betul betul betul bahlul!

    Lebai kelewat sotoi!

    BalasHapus
  28. Jangan salah bro..., Dana taktis Bukan untuk kebutuhan pribadi para pejabat. tapi digunakan utk operasioanl jalan nya pemerintahaan. Bila di gunakan utk keperluan pribadi, sama saja pejabat tersebut sudah melakukan korupsi.

    BalasHapus
  29. Anonim 4: sebelum menjabat walikota dy udah jadi pengusaha sukses mebel dan taman bro!! jadi jangan suudzon....

    gw dukung bapak ini jadi next president.. pemikiran2nya amazing... qta butuh pemimpin yang masih muda dengan otak encer..

    BalasHapus
  30. Makanya kalo pengin berbuat sesuatu untuk kepentingan or perbaikan masyarakat sbg pejabat negara harus kaya dulu, jadi kerjanya bisa fokus untuk melayani masyarakat. JANGAN KAYA ORANG/ANONIME BAHLUL DI ATAS YG KALO KERJA MIKIRNYA HANYA GAJI BULANAN...DASAR OTAK KERE YG HANYA NUNTUT HAK.
    di otak orang bahlul hanya ada rumus: kerja = gaji, wkwkwkw dasar BAHLUL...BAHLUL ENTE.

    BalasHapus
  31. Hah pemikiran anak kos kosan bahlul!

    Tidak ada orang di dunia (kecuali di Indonesial) yang mahu menjabat tanpa gaji. Yang kaya raya sekalipun harus dibayar gaji karena itu wajib hukumnya (ada kerja ada gaji). Kalo ada yang menjabat tanpa gaji orang itu keturunan Syaitan karena Syaitan tidak perlukan uang melainkan tumbal.

    Udah bodoh, tolol, ooooon bangga pula tuh!
    Munafik! Teralu ketinggian ilmu jadi rusak bahlul!

    Betul betul betul bahlul!

    BalasHapus
  32. DASAR OTAK KERE BAHLUL TETEP BAHLUL..BAHLUL ENTE!!!!!!! JELAS2 PEMIMPIN BAEK DAN DICINTAI WARGANYE, KOK BISA2NYA MASIH SUKA MAEN TUDUH (MAKSA LAGI) WKWKWKWKW..DASAR OTAK KERE.. BAHLULLLLL...bAHLUL ENTE

    BalasHapus
  33. Setuju ama komen di atas, sebetulnya pak wali bukan tidak digaji tapi atas kesadaran sendiri tidak mau mengambil haknya karena sudah merasa mampu.
    Seandainya saya pengusaha sukses, mungkin saya akan mengikuti jejak pak Jokowi..masuk ke ranah politik tanpa perlu mengambil gaji dng tujuan untuk memperbaiki kondisi Indonesia yg carut-marut ini..seandainya.

    BalasHapus
  34. ENTE-ENTE YANG MAU BEKERJA TANPA GAJI PERGI KE ARAB AJA, DISANA BANYAK MAJIKAN YANG GAK MAU BAYAR GAJI.

    BalasHapus
  35. Hah anjing menggongong suara yang sama!

    Njeplak@asal ngomong!

    Logika Kacung.

    BalasHapus
  36. seng gawe artikel ki sopo to...kwe maksute apik neng dadine ora apik ki...buajinguk tenan kok...seng do komen ki yo pekok kabeh..mbok wes teko di woco gak usah kakean cocot..marai gawe doso wae...ak yo njuk dadi tambah dosone ki...slompret...

    BalasHapus
  37. bersihkan hati dan pikiran,,untuk kemajuan INDONESIA......
    jika hati dan pikiran kita kotor,,,berarti kita telah dirasuki SYAITAN,,,,,karena itu sungguh perbuatannya.........

    BalasHapus
  38. Saya mencabar Walikota yang diatas.

    Kalo betul satria diambil semua gajinya dan disedekah ke panti asuhan atau ke orang miskin.

    Itu baru betul. Jangan berpura pura tidak mahu menerima gaji tapi nanti akhirnya di ambil juga.

    Betul betul betul!

    BalasHapus
  39. ane prihatin dengan orang yang bisanya cuman nuduh.. gmana bangsa ini mau maju kalo ada pejabat baik sperti itu dbilang bahlul.. asal tau aja ya, khalifah umar bin khattab tak pernah mengambil gajinya.. gmana dengan kepemimpinannya? mantep gan.. salut buat walikota solo.. tenang aja pak, kita baik dibicarakan orang, kita gg baik juga dibicarakan orang.. jadi mending dibicarakan negatif sama orang asalkan kita dah berusaha tuk baik.. yang komen sampah tuh mereka yang pemikirannya gg berkembang, curigaan melulu, dan mungkin " MATRE".......

    BalasHapus
  40. saya dukung koment 2 diatas : "Kalo betul satria diambil semua gajinya dan disedekah ke panti asuhan atau ke orang miskin, mereka ini lebih membutuhkan.
    Itu baru betul. Jangan berpura pura tidak mahu menerima gaji tapi nanti akhirnya di ambil juga setelah selesai masa jabatannya".

    BalasHapus
  41. ya beginilah potret asli bangsa kita..

    karena sehari2nya udah biasa liat aparat & pejabat yg korup & rakus,
    jadi kalo liat ada aparat & pejabat yg gak korup & gak rakus malah dibilang 'aneh'

    gaji mau diambil kek, mau gak diambil kek, mau disedekahkan kek, bagi rakyat tuh yg penting orangnya bukan koruptor.

    lagian, daripada ribut sama sebangsa sendiri, bikin negara kita konflik mulu gak maju2, mending kita bikin ribut sama malingsia noh yg suka nyuri2 & provokasi!

    BalasHapus
  42. setuju banget ama komen anonim diatas gue!
    yg bikin negara jadi miskin tuh bukan gaji tapi korupsi!
    beda2 pendapat boleh2 aja, hak masing2 bro. yg penting gak ribut ama sodara sebangsa sendiri, krn bikin kita tambah terpuruk gak maju2.
    kemaren gue baca2, ada pendapat orang malingsia kalo pulau sumatera seharusnya dikembalikan ke malingsia. emang bener2 bangsat tuh malingsia!

    BalasHapus
  43. Wahawahawahawahawah ada lagi komenter orang bahlul!

    Kebakaran jenggot loe!

    BalasHapus
  44. Bangga jadi wong Solo.
    Adaisaja setiap pemimpin sepertai di.
    Kesederhanaan jaul lebih baik.

    BalasHapus
  45. Orang Indon kalo yang gratis gratisan itu sangat seneng dia.

    MaSa sih suka (percaya) kalo ada orang yang menjabat/berkerja tanpa gaji. Tidak masuk akal pasti ada udang dibalek mie ayam tiren tuh.

    Tengok tuh banyak yang rela mati diinjak injak kerana logam gobang dan nasi aking sebungkus.

    Pemikiran yang macam itu...parah deh bangsa ini.

    BalasHapus
  46. ternyata orang malaysia juga makan :
    - mie ayam tiren
    - nasi aking
    - logam gobang

    kok sampai baunya disini

    BalasHapus
  47. wkkkkkwkkkkkk

    sok ngomong gaul, kebalik2 katanya payah

    BalasHapus
  48. Ente2 pada gak sadar apa.... Yg dari td ngomong bahlul2 terus tuh si Malingsia.. Perhatiin aja kata2nya..

    BalasHapus
  49. tengok??? tengok??? tengok kiri kanan??
    macam???? macamm???? bahlul????

    bro kalo mo ngomong gaul jgn maksa payah, belajar EYD dulu deh di SD

    liyer abdi mah bacanya

    BalasHapus
  50. Alah Malingsial....merdeka dpt hadiah dari inggris aja sok njancuki...umpamanya inggris g pernah kasih hadiah kemerdekaan, pasti masih jadi bangsa yang terjajah...tengok sejarah malingsial, ada kisah heroik macam pertempuran Surabaya? g bakal ada!!!!

    BalasHapus
  51. Iya ya betul orang Indon berani mati, nyawanya sudah tidak ada harganya. Karena seceng atau sebungkus nasi aking rela nyawa melayang.

    Gue betul betul salut sama lu!

    Orang Malaysia tidak mahu mati percuma lain lah dengan Mat Indon. Tuh banyak Indon meninggal karena busung lapar! Kok bisa ya?

    BalasHapus
  52. yg komentar negatip....ente SETAN
    ini contoh yg baik .

    BalasHapus
  53. mat mit mot mat mit mot
    seceng sicung seceng sacung
    mahu mahi mahe mahu maho
    bahasa dr mana ya????

    tp kok ada gue nya segala ckckckc

    mending loe pake bhs sendiri jangan comot sana comot sini

    btw comot ngerti gak ya wkwkwkwkw

    BalasHapus
  54. Tukang parkir mana bole paham bahasa... Tiup pluit ya dia ahlinya. Ada fulus!

    BalasHapus
  55. Patut dijadikan tauladann,,, yang penting konsentrasi ke kerja,, bukan nuntut gaji mulu,,,

    BalasHapus
  56. aku lapar, belom makan dari kemarin

    BalasHapus
  57. Kampret tuh org2 d atas?ngapain jg ngatain enggak2?bahasanya jg kagak jelas...
    Hidup Indonesia,salut buat solo
    Yg cuma bisa nyela,sadar diri donk

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Semoga gaji yg gak diambil itu jatuh ke tangan yang benar (disedekahkan), gitu aja bro. Ga usah debat malah tambah ribet tambah dosa pula.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails