6 November 2010

Gunung Berapi Mempengaruhi Curah Hujan Asia

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa ledakan vulkanik besar dapat mempengaruhi cuaca dengan memuntahkan partikel yang menghalangi energi matahari dan dingin udara. Beberapa tersangka yang diperpanjang "musim dingin vulkanik" dari blowups raksasa membantu membunuh dinosaurus dan Neanderthal. Pada musim panas berikut 1815 letusan Tambora di Indonesia, embun beku rusak tanaman sejauh off sebagai New England, dan ledakan 1991 di Filipina 'Gunung Pinatubo menurunkan suhu global rata-rata sebesar 0,7 derajat F - cukup untuk menutupi efek gas rumah kaca buatan manusia untuk tahun atau lebih.
Sekarang, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa letusan juga mempengaruhi curah hujan di atas wilayah monsun Asia, di mana tanaman air musiman badai selama hampir setengah dari penduduk bumi. Pohon-cincin peneliti di Columbia University Lamont-Doherty Earth Observatory menunjukkan bahwa letusan besar cenderung mengeringkan sebagian besar Asia Tengah, tetapi membawa lebih banyak hujan untuk negara-negara Asia Tenggara termasuk Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand dan Myanmar - kebalikan dari apa yang banyak model iklim memprediksi. Tulisan mereka muncul dalam versi muka online jurnal Geophysical Research Letters.

cincin pertumbuhan beberapa jenis pohon dapat dikorelasikan dengan curah hujan, dan observatorium's Tree Ring Lab digunakan cincin dari beberapa 300 situs di seluruh Asia untuk mengukur dampak dari 54 letusan akan kembali sekitar 800 tahun. Data berasal dari atlas baru Lamont's lingkaran pohon tahun 1000-cuaca Asia, yang telah menghasilkan bukti-bukti yang panjang, kekeringan dahsyat, para peneliti juga telah melakukan studi sebelumnya dari pendinginan vulkanik di daerah tropis. "Kita mungkin berpikir tentang studi bumi padat dan suasana sebagai dua hal yang berbeda, tapi benar-benar segala sesuatu di sistem ini saling berhubungan," kata Kevin Anchukaitis, penulis utama studi tersebut. "Gunung berapi dapat menjadi pemain penting dalam iklim dari waktu ke waktu."

letusan ledakan besar mengirim Facebook senyawa belerang yang berubah menjadi partikel sulfat kecil tinggi ke atmosfer, di mana mereka menangkis radiasi matahari. Pendinginan yang terjadi di permukaan bumi dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau tahun. (Tidak semua letusan akan melakukannya;. Misalnya, letusan berkelanjutan Indonesia's Merapi musim gugur ini telah membunuh puluhan, tapi ini episode terakhir mungkin tidak cukup besar dengan sendirinya untuk efek perubahan cuaca skala besar) Adapun curah hujan, di sederhana model, menurunkan suhu penurunan penguapan air dari permukaan ke udara, dan menerjemahkan kurang uap air hujan kurang. Tapi hal-hal yang sangat rumit oleh pola sirkulasi atmosfer, perubahan siklik dalam suhu di atas lautan, dan bentuk massa tanah. Sampai saat ini, model iklim yang paling menggabungkan kekuatan terkenal seperti perubahan dalam matahari dan suasana telah meramalkan bahwa ledakan vulkanik akan mengganggu musim hujan dengan membawa hujan lebih sedikit untuk Asia Tenggara - tetapi para peneliti menemukan sebaliknya.

Para peneliti mempelajari letusan termasuk satu pada tahun 1258 dari situs tropis diketahui, dianggap sebagai terbesar milenium terakhir, letusan 1600-1601 dari Peru Huaynaputina; Tambora tahun 1815, ledakan 1883 dari Indonesia's Krakatau; Meksiko El Chichón, pada tahun 1982 dan Pinatubo. Cincin pohon menunjukkan bahwa petak besar selatan China, Mongolia dan sekitarnya konsisten kering pada tahun atau dua berikut peristiwa besar, sementara Asia Tenggara daratan mendapat peningkatan hujan. Para peneliti mengatakan ada faktor banyak kemungkinan terlibat, dan itu akan spekulatif saat ini untuk mengatakan persis mengapa ia bekerja dengan cara ini.

"Data yang baru saja menjadi tersedia untuk menguji model," ujar Rosanne D'Arrigo, salah satu rekan penulis penelitian ini. "Sekarang, sudah jelas ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami bagaimana semua kekuatan-kekuatan yang berbeda berinteraksi." Sebagai contoh, di beberapa episode menunjuk oleh penelitian, tampak bahwa siklus kuat dari El Niño-Southern Oscillation, yang drive suhu di atas Pasifik dan lautan India dan dianggap sangat mempengaruhi monsun Asia, mungkin menetral letusan, mereka mengurangi pengeringan atau efek melembabkan. Tapi bisa bekerja dengan cara yang lain, juga, kata Anchukaitis, jika dinamika atmosfer dan letusan gunung berapi datang bersama-sama dengan waktu yang tepat, mereka bisa memperkuat satu sama lain, dengan hasil yang drastis. "Kalau Anda mendapatkan banjir atau kekeringan, dan baik banjir maupun kekeringan yang baik bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut," katanya. Penelitian ini juga menimbulkan pertanyaan apakah yang diusulkan "geoengineering" skema untuk melawan perubahan iklim buatan manusia dengan rilis buatan besar partikel vulkanisme seperti mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan yang kompleks.

Pada akhirnya, kata Anchukaitis, studi tersebut harus membantu para ilmuwan memperbaiki model bagaimana kekuatan alam dan buatan mungkin bertindak bersama untuk di masa depan untuk pergeseran pola cuaca - pertanyaan penting bagi semua wilayah di dunia.


Sumber : http://livejurnal69.blogspot.com/2010/11/gunung-berapi-mempengaruhi-curah-hujan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails