1 Maret 2012

Astaga, Pulau Indah di Indonesia Dikuasai Asing


Salah satu pulau di Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, dikuasai pihak asing. Pulau tersebut adalah Pulau Tanjung Keramat yang terletak di Pulau Tanjung, Kecamatan Pulau Besar, yang dikuasai warga negara asing yang berasal dari Italia bernama Mr Lukas.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rizal Panjili, Rabu (29/2/2012), di Ampana, bukan rahasia umum lagi bagi penduduk Kepulauan Togean jika pulau tersebut telah dikuasai warga Italia.

Bahkan, penguasaan pulau tersebut sangat berlebihan dengan pengamanan superketat dari jarak satu kilometer menuju pulau warga tidak diperbolehkan melintas kawasan laut di pulau tersebut. "Pulau tersebut tertutup bagi masyarakat dan bahkan pemerintah daerah sekalipun," kata Rizal.

Kondisi ini sangat bertentangan dengan semangat investasi yang tujuannya adalah menyejahterakan masyarakat sekitar. Bahkan, keberadaan taman wisata yang dikuasai asing sejak 2004 tersebut selama ini tidak menjalankan fungsi sosial.

Keberadaannya pun tidak memberi kesejahteraan serta perlindungan bagi masyarakat setempat.

"Beberapa kasus terjadi, nelayan yang mencari ikan memasuki kawasan pulau tersebut ditangkap dan diusir, bahkan ada nelayan pernah tertembak di kawasan pulau tersebut karena dicurigai melakukan pemboman ikan," sebut Rizal.

Lukas saat ini menguasai sekitar tujuh hektare kawasan taman wisata Pulau Tanjung Keramat dari sebelumnya hanya tiga hektare. Orang Indonesia yang boleh masuk pulau tersebut hanyalah petugas Bagian Modal Provinsi Sulawesi Tengah dan petugas Pendapatan Kabupaten Tojo Una-Una.

Itu pun hanya untuk kepentingan penarikan retribusi sewa kamar dan rumah makan yang di kelola taman wisata Tanjung Keramat.

Di dalam pulau tersebut, warga hanya bisa melukiskan melalui cerita pegawai yang pernah masuk di pulau tersebut, bahwa pulau yang pasirnya putih nan lembut itu dipadati wisatawan asing dengan nuansa eropa seperti gambaran di film-film hollywood. 





sumber

8 komentar:

  1. dilema emang negeri q ini,,
    terlalu luas wilayhnya,, malah nggk bisa ngurus,,
    seneng mamerin ke luar klaw Indonesia adalah negara maritim dgn ribuan pulau dn SDA yg melimpah,,


    >> pdahal itu kelemahan bangsa Indon,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya pemerintah yang bloon ga ada bandingannya dalam tingkatan super guoblok, ideot dan tolol. Klo mamerin ke luar gpp seperti negara lain, asal bisa atur dan urusin.

      Hapus
  2. yach....begitulah keadaan nya...

    BalasHapus
  3. udahlah...

    pemerintah dah tebal muka dan tutup telinga,
    jd comment kita g akan di denger...

    kecuali pemerintahan kita kudeta,,,

    BalasHapus
  4. ayo ku deta aja atau ada yg mau jd DEDY..yg menbacok jaksa yg korup? klu ada yg mau berkorban spt itu entan diadakan pengumpulan dana untuk keluarga pembunuh koruptor gmn? seperti pengumpulan koin prita. pasti indonesia kembali jaya

    BalasHapus
  5. SEDIH BANGET..GW AJA YG MASIH MAKAN CUKUP SAJA TERASAH CARI DUIT SUSAH MINTA AMPUN..KOK BISA ADA AJA ORANG ASING YG MEMILIKI PULAU DAN SEENAKNYA TANPA ADA KONTRIBUSI BUAT MASYARAKAT SEKITAR.PARAH SEKALI PEMERINTAH KITA INI

    BalasHapus
  6. KOMENTAR NO 3 dan 4 aneh banget...
    pake ngomong KUDET* lagi, WOY SADAR DIKIT, LO JADI MASYARAKAT INDONESIA HARUSNYA BANGGA JADI ANAK NEGRI BUKANNYA NGELUH TERUS DAN SELALU BERPIKIR NEGATIVE SAMA PEMERINTAHH, INGAT PEMERINTAH YANG ADA ITU JELAS-JELAS KITA YANG MILIH SO KESALAHAT UTAMA ADALAH TERLETAK PADA KITA YANG MILIH MEREKA.......
    PARAH KALIAN

    BalasHapus
  7. lagi dan lagi..indoseia semakin di bodohi dan semakin adi kuasai oleh orang asing..padahal katanya sudah merdeka..tapi mana buktinya???
    yang salah bukan indonesia nya..tapi para pemimpin 2 ny..sistem pemerintahan ny bobrok...hancur

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails