12 Maret 2012

10 Profesi yang Menjanjikan di Masa Depan


10 Profesi yang Menjanjikan di Masa Depan

10. Konsultan Perencana Keuangan

Di era perekonomian yang sedang tumbuh dan bahkan resesi, pekerjaan konsultan perencana keuangan adalah profesi yang menjanjikan di masa depan. Dewasa ini orang semakin menyadari bahwa perencanaan sangat diperlukan agar kita dapat mencapai tujuan dengan kondisi keuangan yang kita miliki. Dengan banyaknya orang yang membutuhkan konsultan perencana keuangan maka kesempatan sangat terbuka lebar untuk menjadi konsultan perencana keuangan. Sebut saja nama-nama seperti Safir Senduk, Ligwina Hananto, Rakhmi Permatasari dan masih banyak lagi mereka adalah perencana keuangan yang handal dan sukses baik yang bekerja secara independent maupun secara korporat. Bahkan di AS diperkirakan pendapatan konsultan perencana keuangan mengalami peningkatan 30,1%.

9. Dokter Gigi

Bila kita amati beberapa tahun akhir-akhir ini dental care sangat menjamur di mana-mana. Ini menunjukkan bahwa ada permintaan pasti ada penawaran. Orang-orang sangat membutuhkan dental care atau dokter gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Profesi dokter gigi dianggap sebuah profesi yang menjanjikan di masa depan. Profesi dokter gigi sudah eksis lebih dari 150 tahun yang lalu. Permintaan untuk layanan gigi dan mulut akan terus tumbuh di masa depan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Yang menjadi hambatan adalah kurangnya tenaga dokter gigi yang dapat menangani kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat di daerah dan pelosok-pelosok.
Dentist

8. Insiyur Teknik (Engineers)

Kemajuan perkembangan jaman menuntut pembangunan infrastruktur baik di kota maupun di daerah. Ini berarti kesempatan sangat terbuka lebar bagi para engineers. Pekerjaan insinyur teknik sangat berkaitan dengan pertumbuhan penduduk yang berimbas pada infrastruktur tata kota, transportasi, industri dan yang lainnya. Insinyur teknik merupakan pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Data di AS menunujukan adanya peningkatan jumlah pekerjaan baru sebanyak 24,1% bagi insinyur teknik.
Engineer

7. Analis Riset Pasar

Beberapa dekade terakhir, persaingan antara perusahaan satu dengan yang lain semakin pasar. Masing-masing perusahaan ingin memperluas pasar dan produknya diterima masyarakat. Produk yang diinginkan masyarakatlah yang akan memenangkan pasar. Banyak perusahaan baik yang baru berdiri maupun yang sudah lama memerlukan analis riset pasar untuk produk mereka. Merupakan sebuah peluang untuk yang ingin menjadi seorang analis riset pasar. Di AS menunjukkan peningkatan pendapatan sebesar 28,1% bagi yang berprofesi sebagai analis riset pasar.
Market Research Analyst

6. Olahragawan atau atlet

Jangan anggap remeh pekerjaan atau profesi ini. Mungkin beberapa dekade yang lalu olahragawan atau menjadi atlet adalah pilihan terakhir dari sekian banyak pilihan profesi dan pekerjaan. Namun sekarang profesi tersebut sudah bergeser menjadi profesi atau pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Banyak atlet atau olahragawan yang menjadi jutawan bahkan milyuner. Seperti Andres Iniesta (FC Barcelona) memiliki gaji lebih dari Rp. 4 miliar per bulan atau lebih dari Rp. 1 miliar per minggu. Bahkan seorang pelatih sepakbola seperti Marcello Lippi dibayar sekitar Rp. 2 miliar per bulan.
Atlet

5. Perawat

Perawat adalah pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Tugas perawat adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang meliputi pelayanan pengobatan dan juga membantu mengedukasi pasien agar pasien dapat mandiri. Hampir semua tenaga kerja dari perawat terserap di semua rumah sakit maupun balai pengobatan yang lain seperti puskesmas. Gaji seorang perawat di Indonesia berkisar antara Rp. 1.540.000,- hingga Rp. 2.500.000,- per bulan..
Nurse

4. Bidan

Berprofesi sebagai bidan adalah pekerjaan yang mulia juga menjanjikan di masa depan. Bidan merupakan profesi tertua di dunia sejak adanya peradaban manusia dan hingga kini. Bidan membantu dokter dalam proses kelahiran, bahkan sekarang banyak bidan membuka praktek atau klinik bersalin yang disebut Bidan Praktek Swasta (BPS). Bahkan pemerintah Indonesia mengeluarkan sebuah program untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan BPS yang disebut Bidan Delima.
Midwife

3. IT

Di jaman yang serba teknologi dan komputerisasi memilih profesi sebagai IT adalah pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan. Berprofesi sebagai IT diartikan sebagai seorang yang mahir dalam bidang teknologi komputasi, jaringan, perangkat lunak, internet bahkan hingga hardware. Profesi IT banyak sekali cabangnya. Yang berhubungan dengan software misalnya; programer, web designer, web programmer, sistem analis. Yang berkaitan dengan hardware misalnya; technical enginner (teknisi), networking engineer (jaringan). Sedangkan yang berkaitan dengan operasional sistem informasi, misalnya; EDP, sistem administrator. Begitu banyak pilihan pekerjaan di bidang IT, tentunya merupakan kesempatan yang besar. Dan gaji seorang IT yang belum berpengalaman sekitar Rp. 2.500.000,- per bulan.
IT

2. Akuntan dan Auditor

Di setiap perusahaan baik yang non profit dan profit pasti memerlukan seorang akuntan untuk mengelola keuangan perusahaan, membayar pajak, laporan keuangan dan lainnya. Setiap hari banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi akuntan. Yang berarti profesi akuntan adalah pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Begitu pula dengan auditor, seseorang yang memiliki kualifikasi untuk melakukan audit atas laporan keuangan serta kegiatan disebuah perusahaan atau organisasi. Profesi auditor juga merupakan pekerjaan yang menjanjikan baik sebagai auditor pemerintah, auditor intern, auditor independent hingga auditor pajak. Seorang akuntan yang baru masuk dan belum berpengalaman biasanya menerima gaji Rp. 1.900.000,- per bulan.
Accountants and Auditors

1. Dokter Ahli Bedah

Tidak diragukan lagi profesi dokter ahli bedah menjadi pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Seorang dokter ahli bedah atau spesialis bedah kini semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan jaman menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit yang semakin beragam. Yang termasuk dokter spesialis bedah misalnya; dokter ahli bedah saraf, spesialis bedah urologi, spesialis bedah ortopedik dan lainnya. Tenaga dokter spesialis pun masih terbatas dan hanya di rumah sakit-rumah sakit besar atau rumah sakit milik pemerintah.
Surgeons

26 komentar:

  1. tukang gambar...

    BalasHapus
  2. Range gajinya salah tuh, buat fresh graduate di bagian accounting/ auditing, IT, engineer, dan sejenisnya sekarang udah 2 kali lipat dari yang di mention diatas.

    BalasHapus
  3. ketua partai..... bro

    BalasHapus
  4. wahh banyakk jabatan yang menjanjikan yah ,,:)
    tapii menantang apalagi klo jadi bidan ,,huphh ,, no.. no.. n0oo

    BalasHapus
  5. wahh ,, yah jelaslah hebat2 jabatannya juga :)

    BalasHapus
  6. wah kayaknya klo harus menjadi dokter gigi g mau eumhh :(
    hihihi

    BalasHapus
  7. makasihh gan ,, sharenya menarikk sekali ...
    ada 1 lagii propesi yang menjanjikan dunia dan akhirat yaitu menjadi penceramah/ustadt atau ustadzah ...subhanalloh:)

    BalasHapus
  8. jadi presiden, Gan !....atau jadi Pesinden juga boleh.........

    BalasHapus
  9. wah bisnis online ko kagak masuk yah, hehehe

    BalasHapus
  10. jd pengemis aja gan...
    (maaf bukan maksud utk menghina)

    tp udah kenyataan di negara kita banyak yg seperti itu..

    BalasHapus
  11. jadi anggota DPR gan.....

    BalasHapus
  12. Psikiater dan spiritual trainer....
    Menurut WHO, tahn 2020 depresi merupakan penyebab disabilitas dan pembunuh no 2 (nomor 1 masih penyakit kardiovaskular), karena banyak org berusia panjang namun KURANG MAMPU BERADAPTASI dgn perubahan cepat yg trjadi di segala bidang...

    BalasHapus
  13. ...namun di Indonesia, masalah gangguan jiwa masih identik dgn "GILA" shg orang2 dgn kepribadian kaku & kurang fleksibel masih dianggap normal, akibatnya hidup mereka tidak bahagia & kerja tidak produktif..

    BalasHapus
  14. Contoh kasus :
    - low self esteem
    - adixi internet/game/sinetron
    - kecenderungan dependen (misal dependen pd ortu,suami, dokter,guru,pemerintah)& malas blajar, alasannya macam2, tp intinya MERASA BODOH & TDK MAMPU, & TDK PUNYA WAKTU ATW BIAYA (pdhal bisa nonton sinetron & infotainment >2 jam/hr, beli rokok Rp 500rb/bulan)
    - kalo punya uang, konsumerisme, trmasuk kliling dunia & menikah lagi, haji berkali2. Jarang mau mndanai research yg tdk mghasilkan keuntungan materi dgn cepat
    - kurang berani mengambil risiko utk sesuatu yg lebih baik
    - menjadikan agama atau adat budaya sbg alasan prilaku tdk rasional di atas

    BalasHapus
  15. satu lagi...
    - menyalahkan & mnyerang budaya/paham/org lain trhadap ketdksejahteraan yg diderita, misal : Yahudi slalu jelek. Memang klo dr keyakinan, bisa jadi mereka nantinya bakal di neraka, tp yg baik yg bisa ditiru dr mereka ada kok, antara lain : etos kerja, kesukaan belajar & meneliti & prcaya dirinya (asal jgn ikut2 kelewatan jadi ingin sperti Tuhan ajaj), yah, karena mereka tahu mereka dibenci di seluruh dunia, jadi mereka berusaha survive, sperti sel kanker. Dan itu kan ga salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju soal meniru hal baik, tapi apa hubungannya gan? kesimpulannya soal psikiater dengan yang dipaparkan agan kia masih belum saya capai. bisa tolong jabarkan gan.

      Hapus
  16. yang paling berat adalah menjadi dokter bedah.

    BalasHapus
  17. wah ternyata dokter gigi juga sangat menjanjikan ya..

    BalasHapus
  18. ilmuan..
    menjanjikan masa depan

    BalasHapus
  19. om kalau pekerja sosial gmana??

    BalasHapus
  20. jadi komentator bola gan...

    BalasHapus
  21. waaaahhh ini niihhh yang lagi booming-boomingnya, yaitu IT, sekarang kan lagi jamannya pkai kmputer lalu online, :D
    orang-orang aja kemana-mana udah bawa laptop masing-msing..
    waaww hebat!

    BalasHapus
  22. tetep pembisnis yang paling fix haha business owner tepatnya haha

    BalasHapus
  23. oy kak, mau tanya... kalau planner atau lulusan plannologi pospeknya gimana yah?

    BalasHapus
  24. tapi kok banyak lulusan biban yg nganggur ya ??? kuliah mahal cari kerjanya susah gaji kurang dari cukup ??? jaman semakin maju masyarakat pada gengsi kalo keBIDAN, pada milih kDOKTER, palagi sekarang banyak dokter spesiali.....hhmmmm Deli5

    BalasHapus
  25. Jadi bos tokek juga menjanjikan gan :D

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails