5 November 2010

Angklung Meriahkan Asian Games di China

Bandung UNISECO meminta musik Angklung ditampilkan dalam pembukaan Asean Games XVI Guangzhao, China pada 15 November 2010.

Musik tradisional asal Jawa Barat ini nantinya akan dikolaborasikan bersama musik orchestra tradisional China dan 25 musisi tradisional dari 25 negara lainnya.

Music Director Delegasi Angklung Indonesia, Dwiki Dharmawan mengatakan, permintaan tampilnya musik Angklung ini, berkaitan dengan rencana UNESCO yang akan menggelar siding di Nairobi, Afrika guna menentukan apakah Angklung layak dijadikan sebagai salah satu warisan dunia.

"Seperti halnya batik yang telah ditetapkan UNESCO pada 2009. Setidaknya ini untuk membuktikan di hadapan dunia bahwa Angklung layak jadi salah satu warisan seni budaya dunia," ucapnya.

Angklung nantinya akan dikolaborasikan dengan musik musik orchestra tradisional Cina. Kolaborasi inilah yang menjadi bagian tersulit karena angklung harus mampu memainkan salah satu musik klasik karya musisi Rusia, yang konon dikenal sangat sulit.

"Tapi kami optimistis musik Angklung bisa mengikuti dan menunjukkan. Nantinya, akan diberi kesempatan tampil dengan tujuh personil musisi dari Saung Angklung Udjo, dan seorang penari topeng."


Sumber : http://amrusujud.blogspot.com/2010/11/angklung-meriahkan-asian-games-di-china.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails