5 Oktober 2010

Hebat, Seorang Badut Terpilih Sebagai Anggota Kongres Brazil



Warga Brasil telah memilih seorang badut sebagai anggota Kongres dengan angka pemilih lebih banyak daripada kandidat lainnya, Minggu (3/10).

Fransisco Everardo Oliveira Silva, yang bernama panggung Tiririca, mendapat lebih dari 1,3 juta suara di negara bagian Sao Paulo dalam pemilihan umum presiden dan kongres Brazil. Angka perolehan lebih dari dua kali lipat dibanding kandidat terbanyak kedua di negara bagian Brazil berpenduduk terpadat tersebut.

Tiririca mendapat perhatian para pemilih yang meminta dukungan mereka melalui slogan humoris 'Tidak akan lebih parah dari ini'. Ia berjanji akan melaporkan kepada rakyat tentang anggota kongres menghabiskan waktunya.

"Apa yang dilakukan seorang anggota kongres? Sejujurnya saya tidak tahu. Tapi, pilihlah saya dan nanti akan saya beritahu," kata kandidat berusia 45 tahun dalam iklan kampanyenya.

Badut tersebut, yang namanya berarti penggerutu, biasanya muncul di hadapan publik dengan rambut palsu pirang, memakai topi merah, dan pakaian mencolok. Ia berhasil selamat dari upaya jaksa umum untuk menjegal pencalonannya karena terbukti buta huruf.

Pencalonannya tidak tampak sespontan atau sepolos seperti yang dinilai oleh orang lain.

Terpilihnya Tiririca akan membantu pemilihan politisi lain. Berdasarkan peraturan pemilu Brazil, ia diperbolehkan membagi kelebihan suara yang didapat ke kandidat lain dalam koalisinya, termasuk dengan Partai Pekerja yang sedang berkuasa.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/04/172747/39/6/Seorang-Badut-Terpilih-sebagai-Anggota-Kongres-Brasil

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails