11 Mei 2012

Misteri Kabut Gunung Salak yang Menjadi Hantu Bagi Para Penerbang

Untuk kesekian kalinya, pesawat udara mengalami kecelakaan di Gunung Salak. Cerita takhyul dan mistik pun mengemuka. Ada kabut misterius yang selalu ‘menjebak’ pesawat yang melintas. Percayakah Anda?
“Secara logika semua mengetahui, pegunungan itu berkabut. Apalagi Gunung Salak, ini khas, mulai jam 14.00 WIB itu, kabut sudah turun. Bogor itu kan daerah hujan,” jelas Kepala Pentak Lanud Atang Sendjaja, Mayor Ali Lubis, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (10/5/2012) pukul 16.30 WIB.
Ali meminta agar urusan mistik tidak dikait-kaitkan. Dia menjelaskan, para penerbang di Lanud Atang Sendjaja pun sudah menyadari soal kabut itu. Karenanya, kalau sudah di bawah pukul 14.00 WIB, kawasan itu mesti dihindari.
“Jadi benar-benar harus diperhatikan cuaca, benar-benar dicek. Dan kalau cuaca buruk atau berkabut jangan sekali-kali mendekati wilayah itu,” imbuhnya.
Kabut memang berbahaya. Ali menambahkan, penerbangan yang dilakukan melintas di pegunungan mesti benar-benar berhati-hati. Tidak perlu berbicara urusan mistik, semua didasarkan pada logika saja.
“Jadi kalau ada yang mengait-ngaitkan dengan mistik, saya no comment saja,” tuturnya.
Seperti diketahui, pesawat Sukhoi Superjet 100 melakukan joy flight di atas Gunung Salak setelah pukul 14.00 WIB, Rabu (9/5/2012) kemarin. Pada jam itu, kemungkinan besar kawasan gunung Salak sudah berkabut. Pesawat dengan jumlah 45 orang di dalamnya akhirnya menabrak gunung dan meledak.


sumber

11 komentar:

  1. STOP MISTIKisasi !!!!!

    mulailah belajar geografi/topografi......mulailah belajar tentang alam....DAN MULAILAH BERFIKIR LOGIS.......

    ues your goddammned brain !

    BalasHapus
  2. bolehlah kita percaya dengan hal" ghaib,
    krn dlm ajaran agama saya pun ada rukun iman kpd hal" Ghaib,,,

    cuman jangan terlalu disangkut pautkan dengan hal mistis,
    betul kata anonim di atas..
    berpikir logis...

    dalam setiap ruang dan waktu memang makhluk ghaib terutama jin menempati tmpat" di dunia,,
    cuman bukan berarti kecelakaan dan lain sebagainya semua gara" hal ghaib/mistis...

    BalasHapus
  3. obat gagal pertamax13 Mei 2012 07.37

    jangan ada kelebihan porsi hal2 mistik terhadap hal2 logis.

    kalau memang ada misteri/fenomena...maka mulailah analisa secara LOGIS ( seperti anonim 1 )...jangan langsung " menuduh " klenik/mistik sebagai yang paling bertanggung jawab.

    satu lagi.........kritik utk med-pers dan med-sos, tolong kurangi kegemaran update berita yang selalu dikaitkan dengan mistik atau klenik atau apapun itu...karena pada dasarnya itu merupakan PELECEHAN terhadap akal waras manusia.

    saya setuju dengan anonim 2

    BalasHapus
  4. bukan pertama kali ini kecelakaan pesawat terjadi di gunung salak,, apa tidak bisa ya jalur penerbangannya tidak memalui jalur tersebut ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan Gan !

      kawasan pegunungan pada prinsipnya masih bisa/boleh dilalui pesawat sipil penumpang selama ketinggiannya diatas batas topografinya.

      namun utk kawasan seperti indonesia, yang secara tekhnis butuh pesawat ukuran sedang dan jangkauan yang tidak terlalu renggang, maka jadinya adalah pesawat sedang- dengan kemampuan terbang "tidak" terlalu tinggi dan itu berarti agak sedikit mendekati batas bawah topografi-menjadi pilihan rasional.

      hanya saja...ada konsekuensinya yaitu akan banyak area yang dinyatakan "danger by terain" atau bahaya secara topografi dan itu berarti........jalur tersebut pada prinsipnya termasuk yang diharamkan.

      (ane dapet ini karena ane berasal dari keluarga penerbang, so semoga jadi sundulan positip dan....CMIIW)

      Hapus
  5. sebenarnya yang paling aneh adalah permitaan pilot untuk menuruni ketinggian menjadi 6000 ft, padahal ketinggian gunung salak adalah 7000 ft, nah disini gw berspekulasi bahwa sang pilot mau untuk menunjukkan kebolehan pesawat sukhoi itu yang terkenal dengan manuvernya yang hebat untuk ukuran pesawat komersil

    hanya asumsi saya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi ente masup akal, Gan ! dan itu kita buktikan dari hasil komunikasi terakhir yang direkam dalam blackbox.......

      keknya kita mesti sabar dulu...biarkan yang berkompeten bekerja dan kita yang awam menunggu tanpa harus ikut2an "pinter" dalam dunia penerbangan lalu "menghakimi" suatu fenomena ( kecuali kalo ente orang2 penerbang, Gan ! )

      Hapus
  6. gunung salakk sangatt menakutkan yah ,, dan perlu diwaspadai buat yang melakukan penerbangan :)

    BalasHapus
  7. hmmhh , misteri itu jadi semakin menakutkan :(

    BalasHapus
  8. usut demi usut disana seirng terjaid kecelakaan .. huph ngeri yah :(

    BalasHapus
  9. wahhhhh....
    kalau dihungakan dengan hal2 mistis,
    come on, this is 2012.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails