13 September 2011

Kakek 70 Tahun Arungi Selat Inggris Selama 18 Jam


Roger Allsopp sudah menginjak usia 70. Dengan fisik yang mulai renta, mantan ahli bedah kanker payudara itu nekat berenang dari Inggris ke Prancis sejauh 34 kilometer. Ia memecah rekor sebagai perenang tertua yang mengarungi selat Inggris selama 17 jam 51 menit.
Allsopp mengawali petualangannya dari Pantai Shakespeare di Dover, barat daya Inggris, sekitar pukul 8 pagi, Selasa pekan ini. Ia membutuhkan waktu lama karena harus berenang zig-zag untuk menaklukkan arus dan gelombang pasang yang kerap tak bersahabat.
Hanya mengenakan celana renang, penutup kepala, dan kacamata, ia tak pernah terlihat menyerah. Perahu kecil yang selalu mengawalnya pun tak pernah ia gubris.
Dalam kondisi lelah luar biasa, ia akhirnya terdampar di sebuah pantai dekat Wossant, timur laur Prancis, pada Rabu dini hari. “Ada pantai kecil diterangi perahu. Aku benar-benar bingung tempat apa itu, aku tidak tahu sedang ada di mana,” ujarnya, seperti dikutip Telegraph.
Saat mendarat, Allsopp sudah hampir hilang kesadaran. Ia lelah fisik dan mental. Hanya hasrat meminum limun yang ada di pikirannya. “Daratan yang kulihat tampak seperti awan kecil, kupikir aku sedang memasuki surga atau sesuatu,” ujarnya.
“Berenang mengarungi Selat Inggris adalah tantangan besar untuk seseorang usia 70 tahun,” kata Anne Orford, pejabat Guinness World Records kepada Telegraph. “Kami sangat senang untuk mengucapkan selamat atas pencapaian ini dan rekor baru pun tercipta.”
Lewat aksinya, Allsopp mendapat hadiah sebesar US$1,2 juta atau sekitar Rp10 miliar yang akan ia sumbangkan untuk menunjang penelitian kanker di University of Southampton.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails