18 September 2011

Ada Parasit Bikin Tikus Jatuh Cinta Sama Kucing


Ilmuwan berhasil menemukan parasit mengubah tikus menjadi zombie dan memanipulasi hewan ini agar tak takut pada kucing. Parasit apa itu?
Air kencing kucing biasanya berperan sebagai pencegah alami tikus yang senang menjaga jarak pada predator alami mereka itu.
Namun, ilmuwan menemukan, tikus jantan yang terinfeksi taxoplasma dari kencing kucing mengalami peningkatan aktivasi di wilayah otak yang mengatur ketertarikan seksual. Di saat sama, wilayah otak yang mengatur rasa takut menjadi lumpuh.
Penulis studi Robert Sapolsky yang merupakan profesor neurosains Standford University ini mengatakan, “Biasanya, taxoplasma hanya melumpuhkan fungsi takut otak. Namun pada tikus, parasit ini juga mempengaruhi jalur nafsu seksual. Hal ini jelas sangat aneh.”
Taxoplasma membutuhkan sistem pencernaan kucing untuk reproduksi seks. Tak hanya dengan mengurangi rasa takut tikus pada bau kucing, tikus juga menjadi tertarik pada kucing.
Parahnya hal ini membuat tikus menjadi mudah dibunuh kucing.
Peneliti Patrick House mengatakan, “Temuan ini mendukung gagasan, dalam tikus, taxoplasma mengubah arti penting deteksi kucing.”
Para ilmuwan yakin, temuan ini membantu menjelaskan dasar biologis bawaan rasa takut dan ketertarikan seksual.
Namun hasil studi ini tak merinci cara taxoplasma mengubah otak, hanya bukti perubahannya saja. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal PloS One.

4 komentar:

  1. pertamax gan....
    gk baca,yg pntg pertamax dl...

    BalasHapus
  2. keduax Gan.......

    mirip cerita resident evil

    BalasHapus
  3. I'm the third

    Nice weird fact information,, hahahaha :P

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails