23 September 2011

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan



Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, misalnya dengan makan-makanan yang sehat, berolahraga yang teratur dan berbagai pola hidup sehat lainnya. Sayangnya kini saya dengar ada banyak makanan yang sudah tercemar atau bahkan dibuat dari bahan-bahan kimia yang seharusnya tidak boleh digunakan untuk dikonsumsi oleh kita semua. Tapi ya mau bagaimana lagi, namanya juga orang Indonesia, maunya yang murah dan cepat dapat uang, padahal caranya keliru.
Salah satu bahan makanan yang sehat adalah kacang kedelai. Kedelai dapat digunakan dan dikonsumsi dengan berbagai bentuk, misalnya ada tempe, tahu, dan lainnya. Dalam kesempatan ini, saya mau membahas tentang tempe yang memiliki banyak manfaat. Mungkin ada dari kita semua yang udah tau tentang manfaat tempe ini. Jadi, kalau ada kekurangan, saya mohon masukannya ya…
Tempe merupakan bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi, salah satu yang terkenal adalah protein, sehingga tempe disebut juga sebagai sumber protein nabati terkaya yang ada dalam bahan-bahan makanan kita. Ada sebagian orang lebih cenderung menyukai tempe dibandingkan dengan tahu, karena berbagai alasan.
Misalnya adalah bahwa tempe memiliki kandungan kacang kedelai yang lebih bagus daripada tahu yang dinilai dari kepadatan kandungan kedelai.
Selain sebagai sumber protein, tempe juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat buat kesehatan tubuh kita, seperti kandungan kalsium, magnesium, vitamin B12 dan zat besi.
Walaupun kandungan kalsium yang terdapat dalam tempe lebih sedikit daripada kalsium yang terdapat dalam susu, namun saya rasa kandungan kalsium tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh kita akan kalsium. Karena tubuh kita sangat membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Manfaat yang saya sebutkan dalam artikel diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak manfaat yang ada dalam kandungan tempe. Sekian informasi yang dapat saya share, semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat buat kita semua.



3 komentar:

  1. setuju banget, tempe makanan asli dari indonesia. susah kalau cari tempe di luar negeri.

    BalasHapus
  2. he he he tempe gitu lohhhhhhh
    indonesia gitu loh
    100 persen milik indonesia
    bukan milik negara lain

    BalasHapus
  3. Ati - ati dengan tetangga kita yang namanya malingsial, ntar klaim punya mereka lagi.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails