26 Juni 2011

Falkrik, Satu-Satunya Lift Putar Untuk Kapal Laut Yang Efisien Dan Dramatis

Ada dua cara untuk mengangkut perahu di antara dua ketinggian permukaan air yang berbeda. Salah satu metode adalah dengan menggunakan kunci, sering ditemukan di perairan sungai dan kanal.

Metode lainnya adalah dengan menggunakan lift yang mengangkat badan kapal laut dari satu jalur air ke jalur lain yang berbeda ketinggian. Penggunaan Lift untuk kapal laut memang tidak umum, dan roda Falkirk, dekat kota Falkirk, adalah satu-satunya lift berputar untuk kapal laut yang mengangkat kapal laut dan tak ada duanya di dunia, dan dianggap sebagai landmark dari tekhnologi kebanggaan Skotlandia.


Roda Falkirk berdiameter 35 meter menghubungkan Kanal Forth dan Clyde dengan Union Canal, yang sebelumnya dihubungkan oleh serangkaian sebelas kunci air yang turun dalam jarak jarak 1,5 km.Tapi ini telah dibongkar pada tahun 1933, menghalangi jalur.

Diputuskan bahwa pengangkatan kapal lautlah yang diperlukan untuk menghubungkan dua saluran air, namun Waterways Inggris tidak tertarik pada metode umum lift kapal kapal laut.Mereka memutuskan untuk membuat landmark struktur abad ke-21 yang dramatis.

Hasilnya - struktur sempurna seimbang yang Roda Falkirk - mengangkat kapal pertama dan .dengan cara berputar yang pertama di dunia.

Kapal masuk ke salah satu gondola bersama dengan air yang terangkat lalu diputar bersama untuk sampai ke sungai yang ada di atasnya. Perahu masukkan salah satu gondola roda dan diturunkan atau dinaikkan, bersama dengan air yang mereka mengapung di, ke baskom di bawah atau di atas. Berat yang sama memungkinkan gondola untuk tetap seimbang dengan sempurna, sehingga jumlah energi yang dibutuhkan sangat kecil untuk memutar Roda.

Roda berputar hingga 180 ° dalam lima setengah menit menggunakan hanya 1.5kW, listrik, jumlah yang sama yang dibutuhkan untuk mendidih delapan rumah ketel air.
Sebuah desain yang serupa dari lift kapal telah diusulkan untuk sebuah kanal baru yang akan berada di sepanjang Marston Vale di Bedfordshire. Lift akan menghubungkan Grand Union Canal di Milton Keynes dengan Sungai Besar Ouse di Bedford. Juga lihat Jembatan Air Magdeburg di Jerman






0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails