8 November 2010

Keprihatinan Tokoh Agama Dan Budayawan Atas Rencana Diturunkannya Patung Buddha Di Tanjung Bale

Sejumlah tokoh agama dan budayawan Kota Solo berdialog dan menandatangani memorandum perdamaian di Wisma Seni TBJTS, kemarin malam (2/11). Aksi tersebut dipicu keprihatinan keberadaan Patung Budha di Vihara Tri Ratna di Tanjung Bale Sumatera Utara, yang hendak diturunkan.

Berawal dari sejumlah ormas Islam yang mengatasnamakan Gerakan Islam Bersatu yang mendesak pemerintah setempat untuk menurunkan Patung Budha dengan alasan keberadaan patung tersebut tidak mencerminkan kesan Islami di Kota Tanjung Bale dan dapat mengganggu keharmonisan di tengah-tengah masyarakat.

Dalang Komunitas Wayang Kampung Sebelah (WKS) yang juga sebagai penggagas acara tersebut, Ki Jlitheng Suparman menilai desakan penurunan Patung Budha oleh sejumlah ormas Islam tersebut bertentangan dengan Pancasila, UUD 45 serta semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami juga sangat menyesalkan kebijakan pemerintah setempat yang menyetujui desakan penurunan tersebut. Tindakan tersebut jelas merepresentasikan hegemoni kaum mayoritas yang tidak menghendaki keberadaan kaum minoritas di negeri ini. Tindakan ini selain menodai semangat pluralisme juga akan berdampak buruk bagi persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Jlitheng.

"Kebijakan pemkot Tanjung Bale itu jelas kian menegaskan bahwa pemerintah setempat pun juga turut melakukan intervensi terhadap sistem peribadatan suatu agama tertentu," lanjutnya.

Bila kasus seperti ini terus saja saja dibiarkan, sambung Jlitheng, maka dipastikan bakal menjadi preseden buruk bagi perjalanan keutuhan berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke depannya. “Oleh sebab itu, kami mengajak masyarakat Solo untuk bersama-sama menyerukan sikap keprihatinan sekaligus penolakan terhadap rencana penurunan Patung Budha di Vihara Tri Ratna Tanjung Bale,” ujarnya.

Di akhir acara, perwakilan pemuka agama dan budayawan, menandatangani memorandum pernyataan sikap yang nantinya akan dilayangkan kepada jajaran eksekutif dan legislatif Tanjung Bale, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimmas) Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) agar dijadikan pertimbangan dalam penyelesaian kasus konflik keyakinan ini.


Sumber : http://senibudaya.timlo.net/baca/4787/budha-perdamaian-tanjung-bale

31 komentar:

  1. anjing...bangsat..emang ISLAM AJA DI DUNIA INI...islam yg benar adalah islam yg saling menghargai...moga saja umat yang kayak begini bakalan cepat MAMPUS

    BalasHapus
  2. heh jaga lu punya mulut...bisa g komen pake bahasa orang, jangan pake bahasa hewan!!!

    BalasHapus
  3. apa lo tega ama tuhan yg g pke baju...
    pa lo tega ma tuhan yg cm pke kolor...

    palo bnr2 tega ama tuhan yg nmpel di salip udah g pke baju cma pke kolor ky di film2 porno

    pa lo g slh pilih tuhan kok palanya botak...
    pa lo g salah pilih tuhan kok telinganya melar..
    pa lo jg g slh pilih tuhan yg tmpgy aneh udah palanya peang telinganya melar kaya...

    pa lo gila pnya tuhan lo anggap sapi...
    pa lo gila..sapi lo anggap tuhan..
    pa lo bnr2 gila pnya tuhan lo anggap sapi,sapi lo anggap tuhan,sapi w anggap elo...

    BalasHapus
  4. kwkwkwkwkwkwkwkwkw
    q se7 ma anonim no 3..sip sip sip...
    emg gila tu orang2 pd stres tuhany telanjang,palanya di kasih angka kaya gaple,trus kaya sapi...pantes umatnya dungu kaya sapi...
    kwkwkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  5. hrus na klian sling mnghargai n mnghormati, bkan na mncela,,,
    smua agama pzty mngajari itu,,,

    ga da slah na mndngar alsan org, klopun dy slah jgn jga d'bles dgn emosi,,,
    ga kn slesai msalah klo d'slesaikn dgn emosi,,,

    BalasHapus
  6. anonim ke 3: pa lo ga salah pilih tuhan yang ngajarinnya mencela dan menjekan agama lain?

    klo liat lu gw ga salah pilih walaupun Tuhannya yang lu bilang cuma nempel di salib ato lu bilang kayak sapi tapi mengajarkan kebaikan dan kasih
    daripada gw pilih Tuhan lu yang cuma bisa ngajarin umatnya ngehina orng lain kayak lu dan bertindak anarkis

    BalasHapus
  7. sebagus apa si agama lw sehingga bisa komentar seperti itu... inget Tuhan itu cuma satu dan agama cuma cara untuk memujaNya.. jd nga ada yg jelek dan nga ada yg lebih baik...


    klo ada yg merasa agamanya lebih baik, siap2 yaa yg masuk golongan itu masuk neraka karna mereka adalah bibit yg akan menjadi provokator untuk memecah belah kedamaian agama...

    BalasHapus
  8. Itulah salah satu sikap masyarakat kita yang tidak dewasa pemikirannya,setiap agama mengajarkan saling menghargai. jangan terprovokasi sejumlah pihak yang berkedok agama yang ingin membuat kekacauan di Indonesia.
    ketahuan kalau anonoim 1,2,3,4 kurang pengetahuannya. Budha Gautama,Yesus Kristus,Muhammad S.A.W posisinya adalah penghubung manusia dengan Allah.kurangnya sosialisai antar umat dan kurangnya pengetahuan tentang kitab suci agama lain membuat manusia itu angkuh dan merasa agamanya yang paling benar

    BalasHapus
  9. tiket XXI kalo nomat sekarang brp yah...? tiket waterboom lagi ada promo tuh...

    BalasHapus
  10. apapun pendapat anda tentang rupa TUHAN kami...paling nga kami ga diajarkan menjadi TERORIS...kami nga diajarkan untuk menjadi PHEDOPHIL...tobat coy...apa ga cukup musibah di negeri ini...kami ga diajarkan untuk merendahkan org laen maupun kepercayaan'y...
    salam DAMAI

    BalasHapus
  11. saya suka sekali komentar anda Anonim no.8..
    sikap anda mencerminkan seseorang yang dewasa dalam iman dan pikiran anda. semoga yang lainnya bisa belajar bersikap seperti anda..

    BalasHapus
  12. Kalau Gerakan Islam Bersatu buat merusak mah kelaut aje...
    Islam yang benar koq pade diam aje?....

    BalasHapus
  13. menurut gue sih...biarin ajah....toh semua orang punya kebebasan untuk memeluk dan menjalankan ibadahnya masing2..saling menghargai dan menghormati...lihat di jaman Nabi..beliau melindungi orang2 yahudi dan nasrani. Dimana Islam akan menjadi rahmat bagi seluruh alam jika umatnya masih bersikap arogan dan merasa paling benar. yang paling penting menurut gue jalankan perintah agama, terapkan ajarannya dalam kehidupan sehari2...peace dan saling menghargai.Agama merupakan keyakinan seseorang, yang tidak bisa di paksakan, belajar dari sejarah, Paman Nabi tidak seiman dengannya, bahkan nabi di tegur Allah bahwa yang memberikan hidayah adalah Allah, yang terpenting lakukan dakwah (menyampaikan keterangan), setelah itu bagimu agamamu dan bagiku agamaku. Sikap, tindakan dan ucapan yang keluar dari mulut seseorang mencerminkan tingkat intelektualitas dan kualitas dari orang tersebut. kata-kata sampah dan tidak bermakna hanya akan keluar dari manusia kelas "sampah" dan kata2 yang penuh dengan kebijaksanaan dan petuah hanya akan keluar dari orang2 shaleh dan terpilih..silahkan tentukan agan2 masuk kelompok mana....peace...gunakan akal pikiran bukan emosi.

    BalasHapus
  14. dimana mana umat islam suka bikin ribut...umatnya banyak tingkah...tuhan mereka ga ada wujud sih,hanya kotak hitam yg ga tau isinya apa...agama paling muda.suka maksa lagi ..dimanapun ada umat islam di situ banyak ada kejorokan...pantes daerah lo selalu kena bencana..mampus lo...sembahyang ma puasa udah di jadikan topeng belaka.di mana mana banyak yg tau kalo lo terlalu memperlihatkan diri...fuck anti gua

    BalasHapus
  15. JANGAN PADA SOK TAU, BELAJAR PIPIS AJA DULU YG BENER.JGN MUDAH TERPENGARUH COZ CIRI RAKYAT NEGARA INI ADALAH GAMPANGNYA TERPANCING EMOSI GARA2 ISU2 AGAMA MAKANYA NEGARA INI GAK MAJU2..!!DARIPADA SALING MENGHUJAT&MENGHINA MENDINGAN BERSATU&LAKUKAN HAL2 YG POSITIF YG BERGUNA BAGI SEMUANYA..
    SALAM PEACE..

    BalasHapus
  16. heh lo yg mkn daging anjing ma babi...nyadar lo smua anjing ma babi tu binatang yang suka kotor teliti ja tu tntg babi baik g tuk dmkn...lw lo ska ma babi brarti lo suka ma yg kotor2....
    lo bsa nyebutin tuhan kita sma aja pilih tuhan dikotak hitam yg g jelas..lw lo bsa wujudin tu isinya....
    fuck yahudi....

    BalasHapus
  17. lma" bsa jdi prang antar agama nih,,,

    BalasHapus
  18. hehehe...gila ya...postingan gini aja bikin perang agama :) jalanin aja agama masing2 dengan benar..Tuhan mah ga perlu dibela juga bisa bela dirinya sendiri..daripada katanya mau bela Tuhan tapi nyakitin orang lain,ngejelekin orang lain,ngomong kasar...apa Tuhan ga sedih tuh liat umatnya gitu??

    BalasHapus
  19. Tuhan dan Nabimu dihina... Nggak perlu dibela. Tuhan dan Nabi itu walaupun dihina ndak akan turun kemulyaannya. Kamu puja dan sanjung setiap waktu tanpa istirahat jg tidak bakalan menambah keagungan Nya... Saudaraku...justru yang memerlukan pembelaan adalah kita ini, yang masih penuh dengan kejahatan.
    Berfikir bahwa Tuhan dan Nabi memerlukan pembelaan dari kita yang mengaku sebagai umatNya sampai2 memikirkan, mengatakan, melakukan tindakan yang berlebihan -baca: jahat- adalah cerminan betapa dangkalnya pemahaman kita tentang Tuhan dan agama... Sudaraku, sarungkanlah pedang kita masing-masing....

    BalasHapus
  20. setuja ma yg atas...!!!

    BalasHapus
  21. kasian yaa orang2 yg cetek otaknya sehingga mudah untuk diprovokasi... yg komentar menghujat pada sekolah nga si... pada pelajari nga sii apa itu arti agama sebenernyaa... tolong lah klo memang sekolah, jangan kebangetan tololnya laaah..

    Tuhan itu cuma satu dan agama adalah perantara kita untuk menghadap ke Tuhan.. jd sangat bodoh klo saling menghujad.. dewasalah kawan..

    BalasHapus
  22. NKRI : Hopeless...???

    BalasHapus
  23. DASAR MUNAFIK !!

    TELP GUE NIH KL BERANI 085811822300

    BalasHapus
  24. mw jual hp y....
    g laku g hp u tu....

    BalasHapus
  25. KAMPRET LO PADA...!!!!!
    BANYAK KOMENTAR,, ORANG INDONESIA BANGET LOOOHHHHH SEMUAAAA...!!!!!

    BalasHapus
  26. yahhhhh......mendingan ngopi+rokok.....mntb.

    BalasHapus
  27. Lho...???
    Itu patung Budha adanya di Vihara...!!! bukan di Mesjid.
    Kenapa jadi muslim disana yang tidak terima...???
    aneh...

    BalasHapus
  28. ga usah dipikirin koment negatif di atas.orangnya ga kliatan jd brani ngmong.lagian apa sih yg mereka tw tntg agama??pendeta bkan,nabi bkan.yg mereka tw kbnyakan sudah melenceng dari agama yg sbenarnya.
    ga usah terpengaruh untuk merusak indonesia.te2p yakin akan agamamu yg sbenarnya..

    BalasHapus
  29. apa lo dah gila, Tuhan aja kok diributin
    apa lo gila, brani ngomongin Tuhan orang, Tuhan lo sendiri belum lho kenalin bener.....
    apa lho dah gila ngeributin Tuhan orang, seolah-olah lo paling konsis jlanin ajaran agama lho...

    Tong kosong nyaring bunyinya....(Slank)

    BalasHapus
  30. kapan nih indonesia majunya..!?!?

    pejabat2nya pada korup..
    rakyatnya pada mudah dihasut & perang saudara..

    pantesan negara tetangga berani nantangin..
    soalnya dia tau indonesia gak kompak, pada bodo, & mikirin dirinya sendiri2.....!!

    payah.....!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails