28 Juli 2010

Hydro Power, Pembangkit Listrik Tenaga Air Toilet

Menurut penelitian, rata-rata orang membuang 7000 liter air ke toilet tiap tahunnya, apalagi orang yang menggunakan model toilet yang ada fluhshernya. Nah, bayangin kalo lebih dari setengah populasi dunia menggunakan toilet model itu maka akan ada milyaran liter air yang akan terbuang cuma-cuma. Lalu muncullah ide untuk memanfaatkan air yang dibuang tersebut. Dialah Tom broadbent, seorang mahasiswa yang menciptakan pembangkit listrik dari air buangan toilet ini, namanya HyDro Power.


Prinsip kerja pembangkit listrik ini layaknya PLTA pada umumnya, hanya saja sumber air yang akan memutar turbin ini bukanlah dari air terjun, melainkan dari aliran air buangan rumah tangga, seperti toilet tadi, shower, dll. Air buangan tadi akan memtar turbin yang selanjutnya akan menghasilkan listrik pda generatornya.

Namun katanya, pembangkit ini lebih efektif digunakan pada gedung-gedung tinggi. Ya, secara gedung tinggi seperti apartemen pasti deras dunk aliran airnya, jadi bisa berkesinambungan listrik yang dihasilkan.... :D

http://images.travelpod.com/users/mattmcshane/rtw_2004.1120875600.p7160666.jpg

Dari lstrik yang dihasilkan, maka bisa menghemat sampai $1.415 per tahunnya, lumayan tuh.. :D
Lagipula, listrik yang dihasilkan selain bisa digunakan sendiri, juga bisa dijual ke PLN disana (Bah, kalo disini belum memungkinkan untuk jual listrik ke PLN.... hahaha)

http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2009/03/nomix-toilet.jpg

Broadbent, berharap pembangkit listrik buatannya ini bisa menyabet penghargaan Dyson Award yang akan mengumumkan pemenangnya 3 agustus mendatang.
Wah, mantap juga tuh penemuannya.. :D




sumber :http://ide-gue.blogspot.com/2010/07/hydro-power-membangkitkan-listrik-dari.html

1 komentar:

  1. Good innovation,Mari jaga lingkungan sekaligus nambah penghasilan, klik www.sedotsuper.co.cc

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails