Dua kecelakaan lalulintas pada awal tahun 2007 sangat memperihatinkan. Yang pertama kecelakaan lalulintas laut yang menimpa kapal laut Senopati Nusantara, yang kedua kecelakaan Pesawat Adam Air. Keduanya diduga terjadi pada waktu yang berdekatan di kawasan yang sama berdekatan juga di laut Utara Jawa, dan yang satu di seputar Masalembo.
Duapuluh enam tahun yang lalu KM Tampomas II terbakar di laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981. Ah kenapa pada bulan-bulan yang sama ya? memang bulan-bulan ini merupakan bulan-bulan puncak perubahan musim seantero Indonesia yang kepulauannya berada di sekitar katulistiwa.
Tetapi kenapa kejadian kecelakaan ini di lokasi yang kira-kira sama? Ah jangan-jangan barangkali mungkin saja.
Pulau Masalembo sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di ujung Paparan Sunda. Pulau-pulau kecil ini berada di daerah “pertigaan” laut yaitu laut jawa yang berarah barat timur dan selat Makassar yang memotong berarah utara-selatan.
Pola kedalaman laut di Segitiga Masalembo ini sangat jelas menunjukkan bentuk segitiga yang nyaris sempurna berupa segitiga sama sisi. Lihat gambar dibawah.
Pada peta kedalaman laut atau peta bathymetri diatas dapat dilihat adanya bentuk kepulauan yang berbentuk segitiga. Tinggian yang terdiri beberapa pulau-pulau ini saya sebut sebagai “SEGITIGA MASALEMBO” atau “THE MASALEMBO TRIANGLE“. Nah, ada apa saja di daerah seputaran Segitiga Masalembo ini. Coba kita buka-buka dikit-dikit ya. Tapi jangan mengharap banyak dari sisi mistisnya, akan lebih banyak saya urai sisi kebumian dan kelautannya saja
Pertemuan ARLINDO (Arus Laut Indonesia)
Indonesian Throughflow (ARLINDO), indicate the relationship between the relationship between ARLINDO and El-Nino Southern Oscillation (ENSO) (Source, Gordon, A., 1998)
Di atas ini digambarkan arus laut di Indonesia, terutama Indonesia Timur. Coba perhatikan arus yang melewati Segitiga Masalembo ini. Pada bagian atas (garis hijau) menunjukkan air laut mengalir dari barat memanjang di Laut Jawa, berupa monsoonal stream atau arus musiman. Arus ini sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat Makassar ada arus lain dari utara yang merupakan thermoklin, atau aliran air laut akibat perbedaan suhu lautan. Kedua arus ini bertemu di sekitar Segitiga Masalembo.
Yah, tentu saja arus ini akan sangat mempengaruhi pelayaran laut disini. Arus musiman ini sangat dipengaruhi juga oleh suhu air laut akibat pemanasan matahari tentusaja. Kalau anda masih inget bahwa lintasan matahari itu bergerak bergeser ke-utara-selatan dengan siklus tahunan. Itulah sebabnya pada bulan-bulan Januari yang merupakan saat perubahan arus musiman (monsoon).
Apa menariknya dari ARLINDO ini? Arus ini membawa air laut dingin dari Samodra Pasifik ke Samodera Indonesia diduga dengan debit hingga 15 juta meterkubik perdetik!!! Dan hampir keseluruhannya melalui Selat Makassar!
Tentunya aliran air sebesar ini bukan sekedar aliran air saja. Banyak aspek lain yang ikut mengalir dengan aliran air sebanyak itu, misalnya akan terdapat pula aliran ikan-ikan laut, aliran sedimen laut, juga aliran temperatur air. Apa saja efek aliran ini dengan proses kelautannya sendiri? Wah tentunya banyak sekali
Kalau digambarkan secara mudah barangkali profil selat makassar dapat dilihat seperti dibawah ini.
Pada profil dasar selat Makassar diatas terlihat batuan kalimantan dan batuan sulawesi berbeda, kalau masih ingat yang aku tulis tentang pembentukan Patahan-patahan di Jawa di tulisan sebelumnya disini, maka tentunya mudah dimengerti. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan mencolok antara Indonesia barat dengan Indonesia Timur, seperti yg ditulis disini sebelumnya. Kalimantan merupakan bagian dari Paparan Sunda (Indonesia Barat) sedang Sulawesi merupakan bagian dari Indonesia Timur. Nah garis yang membaginya dulu diketemukan oleh Wallace disebut sebagai Garis Wallace (Wallace Line). Garis Wallace ini sebenernya hasil penelitian satwa Indonesia Barat-Timur, namun sebenarnya ada juga implikasi atau manifestasi dari aspek geologis (batuan penyusunnya).
Dari Batuannya kita tahu bahwa dibawah selat makasar ini terdapat tempat yang sangat kompleks geologinya, diatasnya terdapat selat Makassar yang juga memilki karakter khusus di dunia ini dimana mengalirkan air yang sangat besar.
Apa yang terlihat lagi? Ya tentunya ada aspek meteorologis yang memisahkan antara daerah diatas air dengan daerah diatas daratan yaitu awan. Awan merupakan fenomena khusus yang paling banyak dijumpai diatas daratan. Itulas sebabnya kalau sedang di tengah laut coba tengok ke atas, carilah awan. Awan yang berarak akan lebih banya terdapat di daratan ketimbang di atas lautan seperti gambaran diatas.
Apa lagi selain awan?
Angin, ya angin juga akan berhembus karena perbedaan tekanan udara panas. Pada malam hari saat bertiupnya angin darat, para nelayan pergi menangkap ikan di laut. Sebaliknya pada siang hari saat bertiupnya angin laut, para nelayan.
Perubahan angin darat laut karena suhu ini berubah dalam siklus harian, namun tentunya ada juga siklus tahunannya atau disebut siklus monsoon. Looh Monsoon, kok sepertinya juga ada monsoonal stream yang ada di Arlindo digambar atas. Ya, memang itulah siklus-siklus arus angin, siklus air itu bertemu bercampur di segitiga Masalembo ini. Runyem kan?
Seringkali daerah Segitiga Bermuda dihubungkan dengan kondisi magnetisme. Adakah peta magnetik daerah Segitiga Masalembo ini?
Kalau dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo juga tidak menunjukkan keanehannya. Sepertinya keangkeran segitiga Masalembo ini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alamiah yang bukan mistis. Yang mungkin paling dominan adalah faktor meteorologis termasuk didalamnya faktor cuaca, termasuk didalamnya angin, hujan, awan, kelembaban air dan suhu udara yang mungkin memang merupakan manifestasi dari konfigurasi batuan serta kondisi geologi, oceaografi serta geografi yang sangat unik.
Kalau memang Masalembo Triangle ini banyak menimbulkan masalah transportasi (lalulintas), tentunya perlu rambu-rambu lalulintas laut yang lebih canggih ditempatkan di lokasi ini. Tetapi bukan berarti zona terlarang masa sih kita tidak boleh melewatinya sepanjang masa. Misalnya mercusuar khusus, penempatan radar pemantau. Juga yang tak kalah penting penelitian saintifik tentang perilaku arus air laut, serta cuaca di daerah ini.
sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/04/segitiga-masalembo-indonesia-yang.htmlS
-
▼
2010
(6077)
-
▼
April
(477)
- 10 Wanita Dengan Bokong Terseksi
- Rumah Pemilik Perusahaan Ferrari
- Kantin Di Universitas Harvard, USA
- Festival Seks DI GuangZhou, China
- Festival Seks DI GuangZhou, CHina
- Pose-Pose Seksi
- Tokoh Terkenal Yang Meninggal Dalam Kemiskinan
- Ritual Makan Bayi Di China
- Kecelakaan Mobil Terparah
- Kecelakaan Mobil Tterparah
- Gunung Api DI Indonesia Yang Terkenal Karena Letus...
- Foto-Foto Ledakan Nuklir
- Cara Mengikat Tali Sepatu Yang Keren
- BH Tertua Di Dunia
- Mau Beli Ipad, Beli Di sini aja
- Statistik Masturbasi Wanita
- Rekor 10 Payudara Terbesar Di Dunia
- Bioskop Di Jakarta Memutar Film Porno
- 10 Konsep Mengagumkan Apple
- Tidur Dengan Wanita Membuat Pria Cepat Mati
- 9 Penyebab Gaji Kecil
- Gairah Seks Wanita Menurut Primbon Jawa
- Tips & Trik Nembak Cewek
- Cewek Yang Mau Mengambil Upil Raditya Dika
- Moment-Moment Lucu Pertandingan Tenis
- 5 Orang Yang Masih Hidup Setelah Di Eksekusi Hukum...
- 10 Negara Dengan Kepadatan Penduduk Terkecil
- Alat Untuk Memperbesar Payudara & Penis Tanpa Efek...
- Korban Kesadisan Wanita, Yang Anunya Di.....
- Tato 5 Geng Kriminal Dunia
- Stress Tidak Naik Kelas, Cewek Loncat Dari Lantai 4
- 10 Tempat Di Asia Yang Harus Dikunjungi Sebelum Me...
- Foto ABG Ngeseks Di Jalan Umum
- Foto Reuni Pemain Majalah Playboy
- CeweK Yang Rela BugiL Demi Atlit Idola
- Lari Bugil Di Acara Musik
- Facebook Kalahkan Google
- Wanita Yang Menaklukan Simon Cowell
- Guru Ajak Murid Bercinta Lewat Facebook
- Hacker Jual Data 1,5Juta Pengguna Facebook
- Penjelajah Waktu Tertangkap Kamera Pada Tahun 1940
- Satu Lobang, Rame-Rame
- Tips Membuka Situs Terlarang
- Efek Samping Menggunakan Apple Ipod
- Tips Mengajak Pasangan Ke Ranjang
- Militer AS Akan Tunggangi Mobil Terbang
- ABG Korban Pemerkosaan 'Hot'
- Museum Sex Di Praha
- Tempat Menyimpan Handphone Paling Aman Bagi Wanita
- Lapangan parkir khusus ''Ferrari''
- 10 Tempat Terlarang Untuk Ponsel
- 12 Macam phobia Seks
- 10 Mata Uang Paling Indah DI Dunia
- Menara Kuala Lumpur Adalah Rancangan Orang Indonesia
- 10 Klub Sepakbola Terburuk Musim 2009-2010
- Tokoh Yang Mengemparkan Dunia Karena Meninggal
- Rokok Vulgar Dari Indonesia
- 11 Mobil Made In INDONESIA
- Dampak Buruk Blackberry Bagi Penggunanya
- Desain Baju Renang Buat Cewek Muslimah
- Cara Mudah membuat Bom
- Manfaat Dan Vitamin Terkandung Dalam Petai
- 10 Senjata Serbu Terbaik Di Dunia
- Fakta Musik
- 100 Ramalan Terkenal Jayabaya
- Tv Tahun 1936 Yang Masih Berfungsi
- 10 Kota Kuno Yang Terkenal Dan Eksis
- Artis Yang Cantik Dengan Rambut Pendek
- Wanita Terkaya Di Inggris
- Tina Talisa Bugil???
- Wanita Telanjang Di Jalan Untuk Mencari Suami
- Cerita Gadis SMP Dengan Gurunya Di Kamar Mandi
- Kehidupan Bintang Porno Sasha Grey
- 20 Fakta Tentang Tubuh Manusia
- Statitistik 'Seks'
- Ratu Alay Curhat
- Alasan Wanita tidak mampu secara finansial
- 10 Cewek James Bond Terseksi
- Biografi Raden Ajeng Kartini
- Freedom Ship, Kapal Super Besar Yang Menjadi Kota ...
- 10 Pemain NBA Terpendek
- 7 Menara Paling Terkenal Di Indonesia
- Hotel Yang Jatuh Dari Langit
- Kantor Ilmu Teknologi Yang Super Keren & Super Can...
- Menurut Anda Dimana Tempat Terdingin Di Dunia
- Selebriti Dunia Yang Secara Bersembunyi Suka Ke In...
- Selebriti Dunia Yang Secara Bersembunyi Suka Ke In...
- Tokoh Terkenal Dunia & Hubungannya Dengan Indonesia
- 3 Game Indonesia Berkualitas
- Model Wanita Pakaian Dalam Yang Super Seksi
- Buku Porno Untuk Orang Buta
- Kebiasaan Yang Membuat Anda Kaya
- 10 Nike Dunk Terbaik Di Dunia
- Lokasi Memancing Terbaik & Terpopuler Di Indonesia
- Ipad Tidak Boleh Dibawa Ke Israel???
- Ipad Tidak Boleh Dibawa Ke Israel???'
- Logo-Logo Google Yang Ditolak
- Makanan Yang Membuat Nantuk
- Makanan Yang Membuat Nantuk
- Makanan Yang Membuat Nantukg
-
▼
April
(477)
8 April 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar