23 April 2010

Facebook Kalahkan Google

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg (AP Photo)

Laman jejaring sosial Facebook menjadi situs paling populer di Amerika Serikat (AS), pekan lalu. Ini juga menandai keberhasilan Facebook mengalahkan raksasa mesin pencari Google untuk pertama kalinya.

Firma analis jejaring Experian Hitwise menyebutkan bahwa jumlah pengunjung Facebook jauh lebih banyak dari pengunjung Google hingga 13 Maret lalu.

"Ini menunjukkan bahwa layanan berbagi konten lebih diminati dan mendorong orang untuk berselancar di internet," kata juru bicara Hitwise, Matt Tatham seperti dikutip laman stasiun televisi CNN.

Tatham mengatakan bahwa unggulnya Facebook juga memperlihatkan bahwa masyarakat lebih memercayai pendapat dari teman mereka daripada hasil yang ditawarkan mesin pencari. "Kemudahan berbagi informasi dan konten yang ditawarkan Facebook merupakan kunci keberhasilan mereka,"kata Tatham kepada Computerworld.

Sebanyak 7,07 persen pengguna internet AS berkunjung ke Facebook pekan lalu, sementara Google diakses 7,03 persen. Kemudian berturut-turut Yahoo! Mail dengan 3,80 persen, situs utama Yahoo 3,67 persen, dan YouTube 2,14 persen.

Meski selisih kunjungan ke Facebook dan Google sangat tipis, namun pertumbuhan Facebook jauh melampaui Google. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, jumlah kunjungan ke Facebook meningkat hingga 185 persen sementara kunjungan ke Google hanya bertambah 9 persen.

"Kemenangan ini tentu besar artinya bagi Facebook, meski selisihnya sangat kecil," ujar Tatham.

• VIVAnews

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails