23 Desember 2011

Di Vietnam, Naik Motor Ngebut Langsung di Jala Polisi



Jika anda tengah berada di Vietnam mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka siap-siaplah di jala oleh polisi dengan menggunakan jala ikan. Unik dan aneh memang, namun Tran Van Thuc selaku Kepala Polisi Provinsi Thanh Hoa mengatakan pihaknya telah menahan lebih dari 100 pengendara sepeda motor yang ngebut di jalan-jalan dan cara ini terbilang cukup efektif.

Thuc juga mengatakan kepolisian akan mengirimkan laporan rinci soal metode tilang seperti ini kepada Komisi Keselamatan Lalu Lintas dan badan-badan terkait lainnya. “Kami akan meminta izin untuk meneruskan metode seperti ini,” kata Thuc. Kepolisian Thanh Hoa menerapkan taktik ini sejak 28 Oktober lalu bertepatan dengan hari peluncuran kampanye keselamatan jalan raya.

Namun langkah ini menuai kritikan dan kepolisian Thanh Hoa akan menghentikan sementara penggunaan jala ikan sambil mengkaji cara lain yang lebih efektif. “Kami akan meminta para ilmuwan membantu menciptakan cara khusus untuk melemparkan jala ikan ke pengendara motor guna meningkatkan ketepatan dan keselamatan,” kata Thuc.

Cara unik menggunakan jaring ikan ini digunakan hanya untuk menangkap pengendara motor yang tetap ngebut walaupun telah diminta untuk berhenti. Jaring ini dilempar ke arah pengendara motorkemudian diikat sehingga yang terkena tilang tidak melarikan diri. Kepolisian Thank Hoa mengatakan metode ini tidak menyebabkan pengendara motor yang terjaring terluka atau menimbulkan kecelakaan. Meskipun terkesan jauh dari kata "canggih" namun peraturan bagi para biker ini dinilai bisa menimbulkan efek jera bagi pengendara sepeda motor yang sering ugal-ugalan di jalan.


3 komentar:

  1. dikira ikan ya ???? wakakakakkakakakaka...

    bisa dicoba di indonesia..trtm utk anak genk motor ato ababil yang doyan ngebut....

    phertamaxxx....

    BalasHapus
  2. Ababil= abg labil...
    ciri:
    1. gaya tengil
    2. suka rusuh
    3. suka mabok air(1x tengak paling glepak)
    4. bermotor berisik
    5. ngerokok kaya kereta api
    6. susah dibilangin
    7. suka caper
    8. berani sama ortu
    9. dan lain2

    BalasHapus
  3. satu lagi gan...

    buat ibu ibu yg suka bawa motor matic pelan" banget tapi jalannya di tengah banget mpe ngalangin yg mw lewat,,,
    trus pas mw belok ga pake lighting,,,

    jaring ajah...tuman...
    wkwkwk

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails