19 Desember 2011

10 Berlian Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Pepatah terkenal tentang berlian adalah bahwa “Berlian adalah selamanya” karena berlian melambangkan kasih yang kekal, kemurnian dan kekuatan. Berlian terbentuk setidaknya 990 juta tahun lalu, meskipun beberapa orang menyatakan  4,25 milyar tahun lalu. Sebuah berlian dikenal dengan 4 C-nya. Ada empat karakteristik yang berbeda the Carat, the Color, the Cut and the Clarity (karat, Warna, Potongan dan Kejelasannya). Sejumlah berlian besar atau luar biasa pasti mendapatkan ketenaran, baik sebagai hal yang indah dari alam dan yang indah dari berlian, dan karena orang-orang terkenal yang memakai, membeli, dan menjualnya maka berlian-berlian di bawah ini menjadi berlian terkenal. Inilah daftar berlian yang paling terkenal dalam sejarahnya,

1. Koh-i-Noor Diamond

0 berlianc3 300x265 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Koh-i-Noor Diamond mempunyai arti “Gunung Cahaya” adalah berlian 105 karat (21,6 g) yang dulunya dikenal berlian terbesar di dunia. Hal ini termasuk sejarah besar berlian. Ini milik Kerajaan Mughal besar. Hindu, Mughal, Persia, Afghanistan, Sikh dan penguasa Inggris berjuang sengit untuk memperebutkan berlian ini. Akhirnya berlian ini disita oleh East India Company dan menjadi bagian dari Permata Mahkota Inggris ketika Ratu Victoria diproklamasikan sebagai Ratu India pada tahun 1877.

2. Darya-ye Noor Diamond

Darya e Noor Diamond of Iran 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Darya-ye Noor Diamond atau “Samudera Cahaya”;  merupakan berlian seberat 182 karat (36 g). Warna, merah muda pucat, adalah salah satu  berlian yang paling langka dapat ditemukan. Darya-ye Noor Diamond saat ini merupakan bagian dari Crown Jewels Iran dan dipamerkan di Bank Sentral Iran di Teheran.
Tahun1739, Nader Shah Persia menginvasi India Utara, menduduki Delhi dan membantai banyak penduduknya. Sebagai pembayaran untuk mahkota kaisar Mughal, dia mengambil alih perbendaharaan dongeng seluruh Mughal, termasuk Darya-te-noor, di samping berlian ini dan takhta Merak. Semua harta dibawa ke Iran oleh Nader Shah.

3. The Great Star of Africa

starofafrica 294x360 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
The Great Star of Africa alias permata berlian Cullinan kasar terbesar yang  berkualitas yang pernah ditemukan, beratnya 3,106.75 karat (621,35 g), ditemukan pada tahun 1905 di Afrika Selatan.
Berlian yang ditemukan itu dipotong menjadi 105 permata. Cullinan I, 530 karat adalah yang terbesar dari pemotongan dan diberi nama The Great Star of Africa . Pada tahun 1907 berlian ini diberikan kepada Raja Edward VII dari Inggris dan disatukan ke tongkat Royal. Hal ini disimpan, bersama dengan Crown Jewels Inggris lainnya, di Menara L

4. The Sancy Diamond

Sancy 300x275 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Berlian 55 karat ini,  dipotong dalam bentuk buah pir dan pertama kali dimiliki oleh Charles, Duke Bold dari Burgundy, yang kalah dalam pertempuran di tahun 1477. Batu ini sebenarnya dimiliki oleh, Seigneur de Sancy, Duta Besar Prancis yang berada di Turki pada abad 16 akhir. Dia meminjamkannya kepada raja Prancis, Henry III yang memakainya dalam topi untuk menyembunyikan kebotakan nya. Henry IV dari Perancis juga meminjam batu dari Sancy, tapi dijual pada tahun 1664 ke James I dari Inggris. Pada tahun 1688, James II, raja terakhir dari Stuart dari Inggris, melarikan diri membawa berlian itu ke Paris. Berlian ini menghilang selama revolusi Prancis.

5. Spoonmaker’s Diamond

300px The Topkapi Diamond 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Diamond Spoonmaker adalah kebanggaan Museum Istana Topkapi dan paling berharga di pameran tunggal sebagai bagian dari Departemen Keuangan Imperial, beratnya 86 karat (17 g) dan berbentuk buah pir.
Berbagai cerita diberitahu tentang Diamond Spoonmaker itu. Menurut satu kisah, seorang nelayan miskin di Istanbul  denga tangan kosong berjalan sepanjang pantai ketika ia menemukan sebuah batu mengkilap di antara sampah, dan ia berbalik lagi dan mengambilnya tanpa tahu apa itu. Setelah meletakkan itu di sakunya selama beberapa hari, dia berhenti ke pasar perhiasan dan menunjukkan berlian itu ke toko perhiasan pertama yang dia temui. Penjaga toko itu mengambil dengan santai batu dan muncul ketertarikan pada batu tersebut, lalu penjual itu mengatakan “Ini sepotong kaca, bawa pergi jika Anda suka, atau jika tidak,tinggalkan saja disini. Nelayan itu berfikir “Apa yang harus dilakukannya dengan sepotong kaca.? Apa lagi penjual perhiasan itu merasa kasihan padanya dan memberikan tiga sendok. Dia bilang oke dan mengambil sendok, lalu ia meninggalkan berlian itu  yang merupakan harta karun yang sangat besar. Hal ini menjadi alasan ini mereka mengatakan bahwa nama  itu menjadi “Diamond Spoonmaker itu”.

6. Klopman diamond

diamond heart 300x283 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Merupakan berlian yang luar biasa besar dan sangat legendaris, dikatakan memiliki kutukan yang terkait dengan itu.
Berlian Klopman awalnya merupakan subjek lelucon tradisional, versi khas yaitu:
Seorang pengusaha naik pesawat, di sampingnya, duduk seorang wanita yang elegan mengenakan cincin, berlian terbesar yang paling menakjubkan yang pernah dilihatnya. Dia bertanya pada wanita itu tentang berlian yag sedang dipakainya.
“Ini adalah berlian Klopman,” katanya. “Ini sangat indah, tapi seperti berlian Hope;. Ada kutukan yang mengerikan yang terjadi dengan ini”? “Apa kutukan” tanya pria itu. Dia mengatakan “Mr Klopman. ”

7. Orlov Diamond

orlov 20101030 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
sceptre orlov2 300x215 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Orlov Diamond adalah sebuah berlian besar yang merupakan bagian dari koleksi Dana Diamond dari Kremlin Moskow. Asal usul ini  digambarkan memiliki bentuk dan proporsi setengah telur ayam – dapat ditelusuri kembali ke abad 18 di India selatan. Keterangan dari cerita Orlov yang telah hilang dengan waktu, tetapi secara luas dilaporkan bahwa berlian pernah menjabat sebagai mata patung di sebuah kuil di India selatan. Pria bertanggung jawab atas penghilangannya adalah desertir Prancis, grenadier dari perang Carnatic yang tampaknya meninggal setelah menyentuh permata. Orlov adalah berlian langka dan bersejarah. Warnanya secara luas dinyatakan sebagai putih dengan semburat hijau kebiruan.

8. Hope Diamond

Hope Diamond second 300x273 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah

images1 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah

Diamond Hope adalah berlian dengan berat, 45,52 karat (9,10 g), bewarna biru, bertempat di Museum Sejarah Alam Smithsonian di Washington, DC. Diamond Hope berwarna biru dengan mata telanjang karena jumlah jejak boron dalam struktur kristal. Hal ini terkenal karena diduga terkena kutuk. Legenda menyatakan bahwa bentuk asli dari Diamond Hope itu dicuri dari sebuah mata idola terpahat dari dewi Hindu Sita dan legenda spesifik tentang “asal kutukan” Hope Diamond diciptakan di awal abad 20 untuk menambah mistik ke batu .

9. Centenary Diamond

vw5cftfp 300x283 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
centenary diamond 2 300x241 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Pada tanggal 1 Maret 1988, De Beers sedang pesta besar untuk merayakan 100 tahun dalam bisnis mereka. Ketua Julian Oglivie capped  bebicara lewat pidatonya dengan berita gembira kecil yang mengejutkan para undanga. – Tambang Premier De Beers ‘baru-baru ini menemukan sebuah berlian yang sempurna dalam warna dan beratnya 599 karat. Ini telah ditemukan hampir dua tahun sebelum pesta diadakan, perusahaan menyimpannya seaman mungkin untuk tujuan tunggal untuk memamerkan itu di ulang tahun ke-100 mereka.

10. Tiffany Yellow Diamond

tiffany yellow diamond 355x360 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah

tiffany yellow diamond rings pave 10 Berlian Terkenal Menurut Sejarah
Tiffany Yellow Diamond salah satu berlian terbesar yang pernah ditemukan yang bewarna kuning, beratnya 287,42 karat ketika ditemukan pada tahun 1878 di tambang Kimberley di Afrika Selatan. Ditemukan oleh Charles Lewis Tiffany pada tahun 1837.



4 komentar:

Related Posts with Thumbnails