19 Desember 2011

Bagaimana Cara Jerman Mengurus Sampah?


sampah_german_-_shutterstock.jpg
PENANGANAN sampah di Jerman benar-benar dimulai dari rumah tangga. Begitu juga di lingkungan perkantoran, perusahaan, dan pertokoan. Sampah sudah dipilah-pilah berdasarkan jenisnya dari titik pertama produksi sampah.

Setiap perumahan penduduk, toko, kantor, restoran, supermarket dan industri di Jerman wajib memiliki minimum dua macam tong sampah yang disediakan dinas kebersihan pemerintah daerah setempat.

Ukurannya beragam tergantung berapa banyak sampah yang dibuang setiap minggu. Tong yang tutupnya berwarna hijau digunakan buat pembuangan sampah organik yang bisa langsung dikomposkan.

Sedangkan tong bertutup abu-abu untuk pembuangan sampah multi atau nonorganik. Tong sampah ini dikosongkan setiap minggu dan bergantian. Misalnya minggu ini tong bertutup warna hijau dikosongkan, dan minggu depannya tong berwarna abu-abu.

Selain itu pemerintah daerah memberikan secara cuma-cuma kantong plastik kuning yang diberi nama "Gelbersack" ke setiap rumah tangga. Kantong ini untuk sampah yang bisa diolah kembali/recycling seperti kaleng, plastik, styrofoam dll.

"Gelbersack" ini dikumpulkan di pinggir jalan oleh setiap rumah tangga yang kemudian diambil oleh dinas kebersihan setiap dua minggu. Ada juga sebagian rumah tangga, kantor dan industri yang memiliki tong sampah tutup biru yang digunakan untuk pembuangan kertas.

Sedangkan bagi rumah tangga, toko, industri dan sebagainya, yang tidak memiliki tong tutup biru ini, sekali sebulan dinas kebersihan akan datang mengambil kertas-kertas ini yang telah ditumpuk masyarakat secara kolektif dengan rapi di trotoar jalan.

Atau masyarakat bisa langsung membuangnya langsung di tempat pengumpulan kertas dan botol yang tersedia di tiga tempat minimum di satu kelurahan. Sampah ini dari rumah tangga atau dari sumbernya telah dipisah-pisahkan terlebih dahulu sebelum dibuang ke tong.

Untuk memiliki tong sampah ini tentunya masyarakat harus membayar iuran sampah tiap bulannya, tergantung berapa besar ukuran tong dan berapa banyak tong yang dimiliki.

Sepertinya di Jerman tidak ada yang namanya sampah menjadi sia-sia. Pemerintah berusaha keras agar setiap sampah bisa bermanfaat, menjadi sumber energi antara lain.

Setiap tahun, sebanyak 525.000 ton sampah dibakar di industri energi dan batu bara merah Schöningen.

Ini sebuah kota kecil berpenduduk sekitar 13 ribu di distrik Helmstedt, negara bagian Lower Saxony. Dari Braunschweig, kota ini tidak terlalu jauh. Posisinya di antara tiga kota besar, Hannover, Braunschweig, Wolfsburg ke arah Magdeburg.

Pusat pengolahan sampah ini beroperasi nonstop 24 jam, termasuk akhir minggu dan hari libur. Sampah ini dibakar di bak pembakaran yang diambil setiap saat dengan keran yang panjang ke bunker deponi dengan suhu minimal 850 C.

Energi panas yang dihasilkan mencapai kualitas yang diharapkan menjadi sumber energi. Pusat pengolahan sampah ini dibawah kendali kepala produksi BKB (Braunschweig Kohlenbergwerke/Industri Batu Bara Braunschweig) Schöningen, Markus Anton.

Untuk proses pengubahan sampah menjadi sumber energi ini dibutuhkan sampah kering. Kalau sampah tersebut kelihatan gelap dan berwarna hitam, berarti sampah tersebut basah dan sulit untuk dibakar.

Kadang-kadang juga ditemui barang-barang yang tidak berhak menghuni deponi dan disimpan di bunker sampah. Misalnya tresor yang terbuat dari metal/besi, washtafel yang terbuat dari keramik. bahan-bahan seperti ini tidak bisa dibakar menjadi bara.

Sampah yang dibakar di Schöningen ini berasal dari berbagai region seperti: Helmstedt, Salzgitter, Goslar, Wolfsburg, Hannover dan Hildesheim, sedangkan sampah Braunschweig sendiri dibawa ke region lain.

Sebagian besar sampah di Jerman dibakar untuk dijadikan sumber energi seperti juga di Schöningen. Diperhitungkan, dalam jumlah 1.500 ton sampah yang dibakar dapat menghasilkan stroom sama sebanyak 700 ton pembakaran batu bara.

Melalui pembakaran sampah ini, energi yang berasal dari sumber daya alam perut bumi bisa dihemat. Ini pulalah yang mendasari kenapa Menteri Lingkungan Hidup Jerman Sigmar Gabriel memuji pemrosesan sampah seperti ini.

Pendeponian sampah yang belum diolah tidak boleh lebih dari dua tahun lamanya. Sebab gas methan yang diproduksi sampah tersebut bisa merusak iklim dan lingkungan. Sumber energi yang digunakan di Schöningen adalah berasal dari sampah dan batu bara merah.

Sejak 1998 Schöningen telah melakukan pembakaran sampah yang tentunya asap yang dihasilkannya sudah disaring dan dibebaskan dari CO2 dan gas-gas beracun lainnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan sebelum dilepas ke udara.

Malah udara yang keluar dari dari industri BKB ini lebih bersih dari pada yang masuk ke sana. Secara permanen udara dan gas yang dihasilkan dari pembakaran sampah di industri ini selalu dikontrol.

Bahkan masyarakat diminta juga untuk ikut mengontrolnya dengan memberikan pelatihan dan informasi cuma-cuma mengenai hal ini.

Kepada masyarakat juga diinstruksikan agar melaporkan secepatnya seandainya ada masalah yang mencurigakan karena asap pembakaran ini. 


3 komentar:

  1. Kerennnnnnnnnnnnnnn....!!!
    Harus nya di indonesia kyk gini dispilin nya mengenai sampah

    BalasHapus
  2. boro2 disiplin sampah disiplin lalu lintas, disiplin waktu, aja ga bisa kok.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails