25 Juni 2012

Malaysia Kembali Berulah,Lagu Rasa Sayange Muncul Di Film Upin dan Ipin


Lagu Rasa Sayange muncul dalam film Upin dan Ipin
Belum selesai persoalan klaim tari Tor-tor dan alat musik Gondang Sambilang milik etnis Batak, Sumatera Utara, Malaysia kembali berulah. Lagu Rasa Sayange dari Maluku muncul dalam Upin dan Ipin, film serial anak-anak produksi negara jiran itu. 

Senin (25/6) pagi, dinyanyikan dalam film Upin dan Ipin disiarkan oleh saluran internasional Disney. Film itu memang diputar saban hari di Disney pukul 7.00-7.30. 

Dalam film itu, Upin dan Ipin bersama teman-teman sekolah TK menyanyikan lagu Rasa sayange dipandu ibu guru mereka. Lagu itu dinyanyikan dengan riang saat mereka dalam perjalanan ke sebuah hutan buat kemping. 

Bukan kali ini saja Rasa Sayange diklaim oleh Malaysia. Pada Desember 2008, Malaysia juga mengklaim lagu asal Maluku itu, setahun setelah mereka mengklaim Reog Ponorogo. Kemudian, pada 2009, mereka mengklaim Tari Pendet dari Bali. 

Malaysia dan Indonesia kerap bersitegang terkait isu bayas wilayah, klaim budaya, dan tenaga kerja.



sumber

33 komentar:

  1. semoga saja perselisihan itu tidak sampai memicu perang..

    BalasHapus
  2. SBY gimana nyalimu...!!!!

    BalasHapus
  3. SBY ga ada nyali
    ngurusin partai nya aja pusing
    the next Ir. Soekarto spa yah
    udah muak sama peminpin skrg :(

    BalasHapus
  4. wajar aja lagu itu ada di serial upin-ipin.
    soalnya serial kartun tsb memang buatan Indonesia.

    BalasHapus
  5. malay2 anda termasuk ciri negara berengsek... mencari2 perselisihan terus menerus... kenapa hal sengketa seperti ini terus2an di munculkan dengan cara2 seperti itu?

    BalasHapus
  6. bantai maling sia

    BalasHapus
  7. tolong donk buat admin yg post disini hati" kalo ksh judul..
    lagu itu kan milik indonesia, dan yg bikin upin ipin itu orang indonesia juga..
    jd kalo di masukan ke upin ipin apa salah nya? justru biar masyrakat malaysia tau kalo itu punya indonesia dan bangga bisa di bawa ke luar negri

    BalasHapus
  8. semoga aja ada tindakan ke arah yang lebih baik

    salam sukses aja ya

    BalasHapus
  9. Saya bingung mau bilang apa lagi... Nggak mau perang, tapi terus-terusan nyari perkara..

    BalasHapus
  10. semoga cepat perang dan the jancok you MALAYSIA !!

    BalasHapus
  11. gak apa2 to...
    gitu aja kok repot..

    BalasHapus
  12. Jangan salahkan film UPIN IPIN. Karena dibalik ide pembuatan itu adalah orang Indonesia sendiri.

    Lagipula kenapa anda jadi kebakaran jenggot? Kalau budaya tidak mau diakui oleh negara orang jaga dulu budaya itu. Seperti menyanyikan lagu-lagu daerah DLL.. Ini tidak pernah menjaga, ehh kok kaya kebakaran jenggot ketika budaya diambil orang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  13. setuju sih sama muhammad irfan, sebernernya saya pernah denger kalau pembuat film upin ipin itu sendiri orang indonesia, lgipula kita juga jgn salahkan malaysia, kalau memang budaya kita ngga mau diambil ya ga boleh ditelantarkan, bnyak budaya tpi cuma buat pajangan giliran budaya nya sudah di ambil baru lah ribut!!

    penerjemah bahasa belanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka-mereka itu tidak pernah baca sejarah...
      Malaysia juga bisa dibilang sebagai saudara kita karena ras kita masih serumpun. Jadi menurut saya wajarlah kalau Malaysia mempunyai rasa memiliki terhadap budaya Indonesia. Benar yang agan bilang banyak orang Indonesia yang tidak pernah menghargai budayanya sendiri. Mereka malah lebih bangga dengan budaya bangsa lain.

      Hapus
  14. lebih sering denger negara lain nyanyiin lagu daerah kita, daripada kitanya sendiri...
    ANEH...!!!

    BalasHapus
  15. semoga ada jalan keluar yang terbaik aja ya.....

    BalasHapus
  16. Semoga hukum indonesia bisa lebih tegas lagi...amiin

    BalasHapus
  17. kedepannya semoga tidak seperti ini lagi,, dan semoga ada solusi secepatnya

    BalasHapus
  18. ni malingsial ga da matinya, apa sih maunya ni anak, ga pernah puas ya ngajak tempur ni anak

    BalasHapus
  19. Putra Sumatera8 Juli 2012 00.14

    Ayo Pemuda Indonesia.. kita jangan ribut terus sesama kita, jangan Tawuran sesama Pelajar/Mahasiswa.. Tunjukkan KREATIFITAS mu seperti film UPIN IPIN yang bisa diterima bahkan diidolakan di Negara kita walaupun salah satu pembuat Film tsb orang Indonesia. Tampilkan Produk2 Film Animasi untuk anak2 yang terbaik.. Malaysia aja bisa.. kenapa kita tidak bisa membuat film seperti itu?!

    Ayo.. Indonesia bisa.. Pemuda kita bisa!!! AMIN!!!

    BalasHapus
  20. kalo menurut ane nihh... seharusnya MALAYSIA menuliskan bahwa kalo budaya2 tsb.. berasal dr kta... bukan berasal dr negaranya...

    BalasHapus
  21. malaysia aja senang dengan lagu kita.. kalo kita sendiri?

    BalasHapus
  22. Orang-orang di Indonesia jangan terlalu emosi, kerana budaya itu adalah kepunyaan orang Melayu, di Malaysia, kami orang Melayu adalah termasuk Jawa, Mendailing, Acheh, Bugis, dan lain-lain etnik nusantara, kami di Malaysia menganggap kami adalah bangsa Melayu, sedangkan di Indonesia kamu anggap kamu orang Indonesia, kamu lebih suka kedaerahan mengikut etnik, warga Indonesia tidak anggap mereka orang Melayu kecuali di Sumatera dan di Kalimantan, kamu lebih mengikut etnik dan bukannya bangsa, kamu anggap kamu orang Jawa, orang Madura, orang Sunda, orang Bugis, dan lain-lain lagi,kamu tidak anggap kamu orang Melayu, kamu sibuk menyalahkan orang lain sedangkan kamu sendiri tidak tahu untuk memajukan negeri sendiri kerana lebih dari sejuta warga Indonesia bekerja di Malaysia samada sah atau haram kerana Indonesia tidak mampu untuk menyara warganya sendiri hingga warga sendiri merempat ke negara jiran untuk meneruskan hidup, sila hormat menghormati sesama jiran, jika hendak terus-terusan sombong maka itu adalah tidak sedar diri dan tidak tahu bersyukur. Jika orang Indonesia mengatakan bahawa Malaysia ini jahat, sila halang semua warga kamu dari memasuki Malaysia dan sila ambil balik semua warga kamu dari negara ini kerana warga Indonesia di negara kami ini banyak membuat jahat, kamu tidak tahu bahawa banyak rompakan, pembunuhan, jenayah lainnya dibuat oleh warga kamu, kami di Malaysia lebih aman jika semua warga Indonesia diambil oleh pemerintah Indonesia untuk dipulangkan ke negara Indonesia. Sekian, terima kasih.

    Kassim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bodo amat. yang penting jangan jadi maling COEG... emang dasar malingsia

      Hapus
  23. wah gimana donk pendapat indo

    BalasHapus
  24. ertilnya keren banget makasih atas infonya

    BalasHapus
  25. Terimakasi atas informasinya ... sehingga dapat membantu kami..

    http://goo.gl/OT6WzA

    BalasHapus
  26. Terimakasi atas informasinya ... sehingga dapat membantu kami..

    http://goo.gl/OT6WzA

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails