25 Agustus 2011

Bosan Hidup Biasa-biasa? Ingin Terbang? Part II

Pesawat terbang, pernahkah anda melihatnya?
saya yakin anda pernah melihat pesawat terbang

Ada banyak tipe pesawat terbang di dunia ini, ada yang besar dan ada yang kecil.
Menurut Anda pesawat mana yang dapat terbang lebih tinggi? yang besar atau yang kecil?

Tentu saja yang besar bukan.

Jadi apakah impian anda membutuhkan pesawat yang besar atau hanya cukup dengan yang kecil untuk menghampirinya?

Jika pada bagian sebelumnya kita berbicara mengenai landasan, hari ini saya ingin mengajak anda untuk membahas mengenai pesawat terbang.

Berbicara soal pesawat terbang, ada beberapa bagian pesawat terbang yang sangat penting, jika tidak ada satuu bagian tersebut pesawat dapat dipastikan tidak akan pernah terbang.

Bagian yang pertama adalah mesin.
Mesin pada pesawat terbang berfungsi sebagai daya dorong baik untuk lepas landas maupun saat terbang di angkasa. Bagian ini menjadi bagian terpenting dari pesawat, ketika mesin pesawat bermasalah dapat dipastikan seorang pilot sekaliber apapun pasti cemas apalagi saat pesawat dalam keadaan terbang.

Mesin disini adalah mental Anda. Semakin kuat mental Anda semakin besar kapasitas tengaga mesin yang ada di pesawat anda, pernahkan Anda menemukan sebuah pesawat yang besar memiliki mesin dengan kapasitas tenaga kecil untuk menerbangkanya? Jadi seberapa besar kapasitas tenaga yang anda butuhkan untuk menerbangkan pesawat anda? Apakah kapasitas tenaga mesin Anda saat ini cukup untuk menerbangkannya?

Mental bisa saya ibaratkan seperti otot, jika otot terus menerus dilatih maka otot tersebut akan bertambah kuat begitu pula dengan mental, semakin sering mental dilatih, maka mental Anda akan semakin kuat. Pelatihan mental dapat Anda create (buat) sendiri ataupun dari pengalaman yang pernah atau sedang atau bahkan yang belum Anda hadapi.

Untuk meng-create (membuat) latihan mental secara pribadi, hal simpel yang dapat Anda lakukan adalah pikirkan hal-hal yang dalam batas kemampuan Anda untuk melakukannya. Mulai dari hal yang dalam kemampuan sekarang pikirkan hal yang diluar kemampuan Anda yang mendukung pencapaian impian.

Dalam setiap penggapaian impian pasti ada harga yang harus dibayar. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mendekatkan kita pada impian, meskipun banyak hal diluar kemampuan, tetaplah mengambil keputusan untuk maju dan berpikir apa yang diperlukan agar mampu melakukan hal yang di luar kemampuan Anda. Apakah Anda membutuhkan mentor? membutuhkan ilmu? membutuhkan support dari orang-orang terdekat Anda? Apapun yang Anda butuhkan untuk melakukannya dapatkan itu terlebih dahulu, lalu latihlah diri Anda sehingga pada akhirnya Anda mampu.

Persistence (kegigihan) adalah buah dari mental yang kuat, ketika Anda memiliki mental yang kuat Anda akan menjadi orang yang tidak dapat dihentikan. Dalam pikiran Anda hanya ada tentang bagaimana cara menggapai impian dengan menjalani dan menerima segala konsekuensi yang ada di depan Anda.

Anda akan melakukan apapun yang dibutuhkan untuk menggapai impian, dan menjadi lebih kreatif dari sebelumnya dalam mencari jalan menuju impian Anda. Anda akan menemukan sendiri jalan yang akan ditempuh dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menggapai impian Anda.

Pada tahap ini jika Anda menemukan sebuah batu loncatan, maka Anda akan menjadi semakin kuat dan semakin menjadi lebih baik dari sebelumnya. Disamping itu hal-hal negatif di sekitar Anda akan semakin kuat, dan tugas Anda adalah untuk menjadi lebih persistance (gigih) lagi dari sebelumnya agar tetap tidak akan terhentikan untuk menggapai impian Anda.

Karya-karya besar bukan dilakukan oleh kekuatan,
tetapi oleh keteguhan seseorang
-Dr. Samuel Jhonson-

Sebuah mesin sekecil apapun tidak akan berfungsi tanpa adanya bahan bakar.
Jadi apakah bahan bakar itu penting untuk terbang menghampiri impian anda? jelas mutlak perlu.

Pembahasan selanjutnya bahan bakar untuk mesin Anda, bagaimana menjaga bahan bakar Anda tetap penuh..

(to be continued)

sumber

3 komentar:

  1. bahan bakar tidak terlalu mutlak . karena tanpa mesin bahan bakar hanya terlihat percuma...

    BalasHapus
  2. sebanyak apapun minyaknya akan percuma tanpa adanya mesin

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails