22 Agustus 2011

Barret 001: Hotel Berdesain Radikal Di Tengah Kota Barcelona

Masyarakat perkotaan di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan bangunan hotel, yang biasanya berbentuk bangunan raksasa dengan sedikit aksen yang membuatnya berkarakter. Namun tidak ada rasanya hotel yang mempunyai karakter yang sangat radikal seperti hotel ini. Barret 001 namanya.

Desain Francois Jaubert untuk hotel yang begitu radikal ini bukan lahir begitu saja. Posisi hotel yang ingin dibangun di tengah kota Barcelona membuatnya menghadapi masalah keterbatasan lahan dan limitasi estetika. Untuk membangun bangunan raksasa berbentuk kotak seperti biasanya berarti juga menciptakan bayangan besar ditengah plaza Barcelona dan mengurangi daya tarik lokasi ini bagi Turis.

Pemikiran akan solusi permasalahan ini melahirkan Barret 001 yang desainnya berbentuk zig-zag dengan konstruksi setengah bangunan yang terlihat melayang. Belum jelas apakah memang mungkin membangun bangunan seperti ini, namun saya pikir arsitek sekelas Jaubert tidak akan mendesain bangunan sembarangan. Hasilnya adalah bangunan yang tidak hanya terlihat fantastis, namun juga menambah aksen futuristik bagi plaza Barcelona. Klik link sumber untuk melihat rancangan yang lebih detail.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails