3 Juni 2011

Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid Di Indonesia

PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid adalah membangkitkan listrik digunakan lebih dari 1 macam pembangkit. Tetapi yang agak berbeda adalah kombinasi ini menggabungkan sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable) dengan yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable).

ada PLTH, renewable energy yang digunakan dapat berasal dari energi matahari, angin, dan lain-lain yang dikombinasikan dengan Diesel-Generator Set sehingga menjadi suatu pembangkit yang lebih efisien, efektif dan handal untuk dapat mensuplai kebutuhan energi listrik baik sebagai penerangan rumah atau kebutuhan peralatan listrik yang lain seperti TV, pompa air, strika listrik serta kebutuhan industri kecil di daerah tersebut. Dengan adanya kombinasi dari sumber-sumber energi tersebut, diharapkan dapat menyediakan catu daya listrik yang kontinyu dengan efisiensi yang paling optimal.

Gambar berikut memperlihatkan contoh sistem PLTH yang mengkombinasikan Tenaga Surya, Tenaga Angin, dan Diesel Generator



Pemerintah membangun proyek energi listrik hibrid terbesar di Indonesia. Pembangunan yang dilakukan di kawasan Pantai Pandansimo Baru, Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Energi listrik hibrid ini terbesar di Indonesia. Proyek ini adalah percontohan dan nantinya bisa dikembangkan ke daerah lain," kata Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Suharna Surapranata, saat peletakan batu pertama percontohan pengembangan energi listrik hibrid tersebut.

Energi listrik hibrid itu menggunakan sistem konversi energi angin dan sistem energi matahari. Pembangkit ini terdiri dari 40 kincir angin. Satu kincir angin mampu menghasilkan listrik 1 kilowatt. Selain itu, untuk energi mataharinya memakai panel surya dengan kapasitas produksi energi listriknya sampai 15.000 watt.

Pembangunan energi listrik hibrid tersebut memakan dana Rp3 miliar dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Ada juga dukungan dana oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Pemerintah Kabupaten Bantul, UGM Yogyakarta, Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia. Total dana yang dikucurkan mencapai Rp5 miliar.

Energi listrik hibrid yang dibangun di kampung nelayan Pantai Pandansimo itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat setempat. Yaitu, untuk memproduksi 1.000 kilogram es balok per hari serta untuk memompa air sumur renteng untuk kebutuhan petani di pesisir pantai, terutama pada musim kemarau. Selain itu, energi listrik yang dihasilkan juga bisa untuk penerangan jalan umum.

Bupati Bantul Idham Samawi mengungkapkan, dengan pembangunan energi listrik hibrid tersebut maka akan bisa mendukung program Pemkab Bantul yang ingin mengembangkan perkebunan dan pertanian di kawasan pesisir. Seperti diketahui, di pesisir pantai selatan Yogyakarta itu sedang dikembangkan untuk pertanian seperti buah melon, buah naga, tomat, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

"Dengan sistem energi listrik hibrid itu maka kawasan kampung nelayan Pantai Pandansimo Baru ini juga akan dikembangkan sebagai kawasan wisata Agro Fisheries Technopark," jelasnya.





















Quote:

Ruang Kontrol




Quote:
Ruang Aki
Quote:
Ruang Produksi Es









7 komentar:

  1. sayang maintain nya masih lebih mahal dari pln yg kifa pakai sekarang ini

    BalasHapus
  2. sudah saatnya

    BalasHapus
  3. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini JAMAL ISMAIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI MAULANA IBRAHIM yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 4D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon AKI MAULANA Ibrahi di 0823-85950389 Untuk yg di luar indon telefon di +62823-85950389, Atau >> KLIK DISINI <<
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.






    Penarikan Uang Ghaib Atau Danah Hibah Oleh KIAY MAULANA IBRAHIM
    1.UANG SUKARNO TERLIPAT SENDIRI
    2.MUSTIKA BESI ANTI KULIT/CUKUR
    3.MUSTIKA MANUSIA ANTI KULIT/CUKUR
    4.MUSTIKA MERAH DELIMA ANTI KULIT/CUKUR
    5.MUSTIKA KERIS BERDIRI ANTI KULIT/CUKUR ATAU MUSTIKA APA SAJA YG PENTIG PUNYA KEKUATAN/KE AMPUHAN,JIKA BERMINAT >> KLIK AKI MAULANA DISINI << ATAU HUB:AKI MAULANA IBRAHIM TLP.0823-85950389 TRIMA KASIH

    BalasHapus
  4. aTiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085365566333
    PIN : 5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  5. Numpang promo ya :) yuk kunjungi https://goo.gl/7h1Jtt kalian bisa dapatkan jackpot hingga puluhan juta rupiah. Minimal deposit dan withdraw hanya Rp. 20.000 . Dapatkan bonus rolingan sebesar 0.3-0.5 dan dapatkan bonus referra sebesar 20%. Hanya di berkahpoker bank online 24 jam Non-stop.

    Untuk info lebih lanjut segera hubungi Custumer Service kami di :
    - BBM : 2B1A139
    - YM : BERKAHPOKER_CS
    - WECHAT : +85585411172

    ingin daftar langsung klik disini https://goo.gl/fbTkLd

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails