9 Mei 2011

Bahasa Indonesia Jadi Bahasa ASEAN?


Wacana agar mendorong Bahasa Indonesia menjadi Bahasa ASEAN kembali mengemuka dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara itu tahun ini.

Melalui sejumlah wawancara terpisah di beberapa tempat, Jumat, ANTARA menanyakan tentang harapan masyarakat dalam momentum keketuaan ASEAN Indonesia tahun ini, terutama tentang perwujudan semboyan “satu visi, satu identitas dan satu komunitas”.

“Indonesia kan sedang menjadi Ketua ASEAN tahun ini, makanya harus bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk mengusung Bahasa Indonesia menjadi Bahasa ASEAN,” kata seorang pensiunan pegawai negeri sipil, Mahmud Rustam (62), ketika diwawancarai oleh ANTARA, Jumat.

Mahmud mengakui akan adanya kendala dalam menerapkan Bahasa Indonesia sebagai identitas ASEAN itu, karena perbedaan latar belakang sosial dan budaya masyarakat ASEAN, namun hal itu tetap harus diupayakan untuk mewujudkan hubungan antarmasyarakat ASEAN setelah terbentuknya Komunitas ASEAN 2015.

Mahmud yang mengaku belum pernah mendengar konsep Komunitas ASEAN 2015 itu berharap kelompok regional Asia Tenggara itu akan lebih mengutamakan kerja sama ekonomi daripada dua pilar lainnya, sosial budaya serta politik, pertahanan dan keamanan.

“Saat ini yang terpenting adalah menyejahterakan rakyat melalui ekonomi yang kuat, keamanan dan sosial itu bisa menyusul,” kata Mahmud.

Senada dengan harapan itu, seorang pegawai negeri sipil yang bekerja di Jakarta, Yuwono Ario (24), mengatakan Bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai bahasa ASEAN karena digunakan oleh lebih dari sepertiga penduduk ASEAN.

“Kalau dilihat dari jumlah populasinya, Indonesia kan populasinya lebih dari sepertiga total populasi negara-negara ASEAN,” kata Yuwono ketika dijumpai usai bekerja, Jumat.

Yuwono menyarankan ASEAN harus menggeser peran ke arah ekonomi, sehingga mampu menghadapi geliat raksasa ekonomi China yang melakukan penetrasi secara besar-besaran, terutama ke wilayah Asia Tenggara.

“Sebaiknya peran ASEAN bergeser ke arah ekonomi, bersatu untuk menghadapi gempuran dari China dan melakukan pemerataan kesejahteraan terhadap seluruh negara anggotanya,” kata Yuwono.

Seorang karyawati perusahaan swasta di Jakarta, Dinda Saraswati (29), juga setuju jika Bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, karena akan menambah kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia.

“Mungkin dengan Bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, warga negaranya bisa lebih menghargai Bahasa Indonesia, dan kita jadi bangga menggunakan bahasa yang dipakai di seluruh ASEAN,” katanya.

Dinda juga mengemukakan pendapatnya tentang perlunya menciptakan satu mata uang bersama bagi negara ASEAN, sehingga setiap negara memiliki standar yang sama.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie, sempat mengusulkan agar Bahasa Indonesia dijadikan salah satu bahasa resmi yang digunakan dalam pertemuan-pertemuan negara ASEAN dalam sesi pleno pertama Sidang Umum ke-31 ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) di Hanoi, Vietnam, 21 September 2010.

“Penggunaan Bahasa Indonesia akan membuka kesempatan kepada bahasa lain untuk menjadi bahasa kerja dalam AIPA,” kata Marzuki pada saat itu.

Usul mengenai penggunaan Bahasa Indonesia dalam sidang-sidang AIPA telah mengemuka sejak awal kedatangan Delegasi DPR RI ke Hanoi, Vietnam.

Pada 20 September lalu, dalam pertemuan Komite Eksekutif AIPA, Indonesia telah menyampaikan usulannya untuk mengamandemen statuta AIPA agar Bahasa Indonesia masuk dalam bahasa kerja AIPA selain Bahasa Inggris.

Namun, seorang mahasiswa S2 salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung, Arisman Muhammad (24), cenderung melihat tidak adanya sebuah identitas yang dapat menunjang integritas, termasuk satu bahasa tunggal, karena budaya negara anggota ASEAN memiliki karaktistik yang unik.

“Secara ekonomi, Malaysia dan Singapura jauh lebih unggul, serta dari segi pandangan politik, ada negara yang memiliki perbedaan dengan yang lainnya, sehingga identitas tunggal akan sulit tercapai,” katanya.

Pada sejarahnya, Indonesia sendiri menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional guna mempersatukan beraneka bahasa yang berasal dari beragam suku bangsa di seluruh tanah air.

Menurut seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia, Andri Hadi, saat ini ada 45 negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia, di antaranya Australia, Amerika, Kanada, dan Vietnam.

Mengambil contoh Australia, pejabat itu menjelaskan, bahkan di Australia Bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat.

“Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan Bahasa Indonesia, sehingga anak-anak kelas enam Sekolah Dasar sudah ada yang bisa berbahasa Indonesia,” kata Andri beberapa waktu lalu.

Sementara di Vietnam, Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, telah mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia.

“Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,” kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad beberapa waktu setelah peresmian itu.

Vietnam sendiri merupakan anggota ASEAN pertama yang menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya.

Momentum Indonesia sebagai Ketua ASEAN terbukti menyimpan harapan sebagian masyarakat agar dapat mendorong penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ASEAN.

Layakkah Bahasa Indonesia menjadi Bahasa ASEAN?


sumber

112 komentar:

  1. • “Wacana agar mendorong Bahasa Indonesia menjadi Bahasa ASEAN…”

    Satu lagi mimpi di siang bolong (BBS) Mat Indon.

    • “tentang perwujudan semboyan “satu visi, satu identitas dan satu komunitas...”

    Ini kan semboyan Indonesial yang sudah lapok@basi. ”

    Satu Nusa, Satu Bahasa, Satu Bangsa... Satu irama musik Indonesial...dangdut!
    Karena Satu Bahasa itulah Mat Indon susah bersaing dengan dunia internasional. Di suruh bicara guna Bahasa English Mat Indon pura pura sakit panas dalam tuh. Keluar dari Indonesia Mat Indon sudah keok... ngak berani buka mulut, malu mahu ngomong.

    Orang lain sebut ”A” orang Indon kata AARRRK
    Orang lain sebut ”B” orang Indon kata Bay
    Orang lain sebut ”C” orang Indon kata CHEH
    Orang lain sebut ”J” orang Indon kata YEAA
    Orang lain sebut ”Y” orang Indon kata yeaa
    Orang lain sebut ”P” orang Indon kata PAY

    Orang lain sebut ”LIVER” orang Indon kata Liper
    Orang lain sebut ”Airline” orang Indon kata A-lane

    • “Indonesia kan sedang menjadi Ketua ASEAN tahun ini, makanya harus bisa memanfaatkan momentum,”

    Ya betul itu pak tapi tak kan lah mahu menyuruh Negara lain guna Bahasa Indonesia dan menjadi Bahasa ASEAN pula. Gila lu ching!

    • “Mahmud mengakui akan adanya kendala dalam menerapkan Bahasa Indonesia sebagai identitas ASEAN itu, karena perbedaan latar belakang sosial.”

    Kok sadar mahu teken pula? Bodoh@bahlul!

    • ”Senada dengan harapan itu, seorang pegawai negeri sipil yang bekerja di Jakarta, Yuwono Ario (24), mengatakan Bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai bahasa ASEAN karena digunakan oleh lebih dari sepertiga penduduk ASEAN.”

    Bikin pusing Ane! ”...sepertiga penduduk ASEAN.” Sudah tahu, kan kebanyakannya penduduk Indonesia sendiri. Otakmu dimana ching... oh di silet!

    • ”Seorang karyawati perusahaan swasta di Jakarta, Dinda Saraswati (29), juga setuju jika Bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN,...”
    Ya ya tentunya kebanggaan sendiri kok! Syok sendiri gituloh! Parah nih otak Mat Indon.

    • “Mungkin dengan Bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, warga negaranya bisa lebih menghargai Bahasa Indonesia,...”

    Apakah sekarang Mat Indon tidak menghargai bahasa dia sendiri?

    • ”Dinda juga mengemukakan pendapatnya tentang perlunya menciptakan satu mata uang bersama bagi negara ASEAN,...”

    Sudah Bahasa Indonesia@Bahasa basi menjadi Bahasa ASEAN, mata uang Rupiah@rupiaarrrgh@banyak nollnya menjadi mata uang bersama bagi negara ASEAN? Alamak akan jadi milliader lah Ane. Logika kacung elu hai Dinda!

    • ”Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie, sempat mengusulkan agar Bahasa Indonesia dijadikan salah satu bahasa resmi...”

    Syok sendiri... hantar ke Mentawai saja dia. Suruh dia bikin rumah dekat pantai!

    • ”Namun, seorang mahasiswa S2 salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung, Arisman Muhammad (24), cenderung melihat tidak adanya sebuah identitas yang dapat menunjang integritas, termasuk satu bahasa tunggal,...”

    • “Secara ekonomi, Malaysia dan Singapura jauh lebih unggul, serta dari segi pandangan politik, ada negara yang memiliki perbedaan dengan yang lainnya,...

    Naaah ini baru orang yang pinter ngomong... pake otak, gunakan logika yang betul.

    • ”Menurut seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia, Andri Hadi, saat ini ada 45 negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia,...”

    Itu kan hanya kurikulum di sekolah. Tidak salah tuh menguasi Bahasa asing. Mudah untuk ’menaluk’ negara yang bahasanya dimengertikan. Negara lain mempelajari Bahasa Indon supaya mudah di ’jajahi’ bila perlu.

    • ”Layakkah Bahasa Indonesia menjadi Bahasa ASEAN?”

    Layak atau tidak nggak ada gunanya. Pake saja Bahasa negara masing masing dan English untuk komunakasi global.

    BalasHapus
  2. anonim atas gua.. YEE ADA YG SIRIK TUUUU!!!!

    BalasHapus
  3. anon yg paling atas bego......
    ngaca noh di air comberan.....

    BalasHapus
  4. anonim yg pertama gak nyadar apa bahasa lo tuuh katro,. gak variatif,. wew,. gue aja baca comment lo udah mau muntah,. wueekkk

    BalasHapus
  5. buat anonim pertama
    GO AND FUCK YOURSELF!!!

    BalasHapus
  6. anonim yg pertama sangtlah bodoh gak ktolongn ,, lo sndri aj pke bhsa INDONESIA ,, bkin bhsa lo sndiri ,, bisany cma plagiat doang

    BalasHapus
  7. Anonim mengatakan...

    anonim yg pertama gak nyadar apa bahasa lo tuuh katro,. gak variatif,. wew,. gue aja baca comment lo udah mau muntah,. wueekkk
    9 Mei 2011 17:46

    Komeng di atas dari budek pingiran.

    BalasHapus
  8. orang malay kenapa sih main di INDONESIA ?
    apa kaga ada blog buatan malay ?

    BalasHapus
  9. die nya sirik soalnya die gak punya bahasa asli,bhs asli jg ngikut bhs melayu,ngomong jg pake english mentang2 merdeka diksh inggris gak pake perjuangan seperti negara kita.........makanya hatinya super duper dongkol klo bhs indonesia jadi bahasa asean,hidup bahasa indonesia.........!!!!!!!!!!!!ane bangga jadi org indonesia..............

    BalasHapus
  10. buat malaynjing... coba klen bayangkan

    1. bahasa malaysia rumah sakit bersalin = Hospital ulah lelaki ( cabul + nyuri bahasa inggris,gag kreatif n kliatan pncurinya)

    2.kementerian agama = kementerian tak bdosa ( bapakmu gag bdosa... nabi aja punya dosa.. macam kau pulak sok suci)

    3. merayap = memeluk bumi ( kepalamu... sok hebat kali kau )

    4.dokter ahli jiwa = dokter gila ( hahha,,, dokternya donk yang gila

    5.traktor = setrikaan bumi ( busett... mang bumi kurang rapi ya?? pke ada setrikaan bumi ?? )

    JADI..BUAT MALAYSIANJINGSETANBABI.... SADAR LAH KALIAN AKAN MISKIN BAHASA,BUDAYA DAN OTAK... OTAK TU PAKAI ... INDONESIA UDAH TERBUKTI JUARA... KAU APA???

    BalasHapus
  11. Untu anonim pertama ya wajar lah bahasanya belepotan. Maklum gak punya identitas sebagai bangsa.Lebih terkenal sebagai pantatnya Inggris.

    BalasHapus
  12. paling atas,pasti MALINGSIA TUH

    BalasHapus
  13. dasar sirik tuh orang2 MALINGSIAL , tau nya cuma menghina doang pdahal di negara tersebut tidak ada yang bisa di banggain , awas ada MALIIINGGGGG

    BalasHapus
  14. dimalingsial gak ada blog ginian kali ya,makanya cari2 dinegara kita tercinta.......dah numpang baca taktau diri lagi

    BalasHapus
  15. "INDONESIA UDAH TERBUKTI JUARA... KAU APA???"

    Juwara apaan ching?

    Sepak bola Indon kalah, bulu tangkis Indon juga keok... mau ngomong apa lagi ching.

    Indonesial kesialan!

    BalasHapus
  16. haaaaaahahahaaaa..
    indonesia klah main bola,,, iya,abis nya di malingsia ada ultraman nya pake laser.hahahahaha
    negara manapun di asean sangat mengetahui sepak terjang indonesia di dunia sains.
    jujur gw seorang fotografer,waktu gw ke malingsia liat hasil foto anak-anak malingsia sumpah gw mo nangis,ne kok begooooooo bgt y fotografer malingsia??
    trus waktu ada pameran internasional fotogarfi di sumbar,15 fotografer malaingsia ikut serta...
    dan.....
    YA ALLAH NE ADEK GW YANG MASIH SMP JUGA BISA BIKIN FOTO KAYA GINI....
    begoooooo bgt fotografer malingsia.

    BalasHapus
  17. sepakbola boleh kalah... tapi law olimpiade matematika??? olimpiade fisika??? terbukti... malaysia law gag curang gag menang... malaysia negara penjilat... braninya karna dibawah ketek inggris... indonesia lawan belanda n jepang... dengan tangan sendiri... bisa menang... malaysia negara bencong

    BalasHapus
  18. temen ane yg kul disono n nilainya bagus malah dikasih iming2 kerjaan bagus plus gaji gede,asalkan mau pindah jadi warga negara malingsia,noh.......satu bukti lagi klo malingsia itu suka membajak warga negara lain yg pinter soalnya org malingsia sendiri gak ada yg jenius........

    BalasHapus
  19. Malaysia.... udah la u pada jangan buka mulut lagi di sini, kyak gmana pun u kagak bakalan menang!!
    udah ikhlas terima kenyataan!! jangan sirik terus sama kemajuan Indonesia!!!

    BalasHapus
  20. capek deeeeeh...baru wacana, tetangga sebelah protesnya kayak yang mo dimadu ajah ????????

    hahahahaha...

    bahasa inggris sbg bhs international usulannya masih bisa gue terima, but fakta menyatakan...... yang komeng Anm#1 justru KAGAK bisa bacot bahasa inggris.......huahahahahahahahaha....bahasa yang dia fasih cuma bahasa penghinaan, penghujatan, bahasa chauvinistis dan....sangat mahir dengan yang namanya bahasa RACIST......., dan klo terdesak...nanti OOT ganti topik.

    Goblog dan bahlul lo !....malaysia...katak dalam tempurung.

    BalasHapus
  21. Walaupun Ane bukan orang Indonesial tetapi Bahasa Indonesial Ane jauh lebih baik dari elo semua.

    Yang kagak pake otak ya elu sandal jepit. Ane bicara fakta lho.

    Yang asal nuduh, merasa benar, angkuh dan tidak mahu dengan kritikan yalah elu. Dasar orang susah, tidak tahu diri, bahlul. Sompret! Doyen jengkol... mulutmu bau jengkol.

    Hey ching dengarin... jangan liat sesuatu seperti mata kuda. Blas blasan, tuduh menuduh, dengar2 ngomong.

    "...katak dalam tempurung?" Ya elu katak yang keluar dari tempurung, merempat di negeri orang menjadi pembantu, menjadi kuli bangunan, tukang kebun, dan tidak sedikit yang jadi Maling dan PSK. Waaah yang pulang dari Saudi banyak yang bawa anak anak tuh. Ok jugak tuh... besar nanti bisa jadi penyanyi dangdut dan sinetron yang bisa buat elu bangga.

    BalasHapus
  22. malon goblok..lu nulis disini tu pake bahasa apaan kalo bukan bahasa indonesia...jaelah goblok kok dipelihara,ngata2in bahasa indonesia jelek tapi dianya sendiri pake bahasa indonesia..ngaca woii...ngaca... makanya goblok jangan dipelihara... ga malu diketawain orang se indonesia,,

    BalasHapus
  23. "...ga malu diketawain orang se indonesia,," Biarin di ketwain oleh orang yang bahlul@bodoh.

    Orang bodoh kan suka ketawa ching!

    Yang benar... dia ketawa. Yang tidak betul... juga dia ketawa!

    BalasHapus
  24. tolong bwt yg di atas gak usah sok lah
    di kencingin orang se indonesia malaysia tenggelam tau

    BalasHapus
  25. d kasi apa yakk sama nggris ampe ngtot gk mau klah ,, jlas2 lo2 pda pke bhs indonesia , tp lo nya gk ngaku ,, norak n munafik lo jdi manusia , pntes negara lo gk merdeka2 , sedott trussss tu pantat bos lo inggris ,,


    gak usah dlo bwa2 prstasi negara tp bhasa lo dlo tu d lancarin n bkin bhasa sndiri klo bisa,, gak usah pke bhasa negara gw , melayu terbasar adalah melayu indonesia n gw orng melayu yg malu bhasany gw d acak2 sama negara lo plagiat,, BIKIN SENDIRI BAHASA NASIONAL LO

    BalasHapus
  26. Kultur bangsa ini (Indonesial) apa ya...

    Merasa malu pun tidak...
    Merasa bersalah juga tidak...

    Kok ganja mahu dilegalisasi?

    Tuh liat tuh di 'Tipi' siapa yang banyak jadi maling... kaca spion mobil orang habis di curi.
    Mat Indon juga!

    BalasHapus
  27. najis punya tetangga kya lo malingsial anjiing

    BalasHapus
  28. lo sndiri gak malu ap pke bahsa ngri orang sdngkan bhsa lo sndiri aj gk ad , jahhhh koment tu pkir2 dlo nyet jgn asal nyltuk aj ,, bktikn klo lo emang bnar ,, mana bhsa asli ngra lo ( plagiat )



    HANYA MELAYU MALAYSIA YG MAU JILAT PANTAT INGGRIS N MELAYU INDONESIA NO NO NO, gw asli melayu indonesia hohohohohooh

    BalasHapus
  29. dia komen disini juga pake bahasa kita,kok dia yang nyolot........???kok ada ya org kayak gitu.......heran gue..........gak ada malu-malunya.......

    BalasHapus
  30. yg plg atas...

    na'udzubillahi min dzalik...

    kesombongan kamu n negaramu akan mjd senjata penghancur kalian sndri.
    ap yg bs dibanggakn ats diri kalian?
    kesombongan, plagiat, penjilat, benalu, atau..... apaaa??????
    spt it aj kalian bangga.

    Astaghfirullah...
    gak tau DIRI + gak ad MALU banget kalian.

    klo kamu gak suka sm INDONESIA, knp kamu msk k blog org INDONESIA.
    bukankah itu mnunjukkan klo sebenarny kamu cinta n bangga dg INDONESIA????

    DASAR MUNAFIK

    BalasHapus
  31. malay g malu, bangun" monumen perjuangan,, merdeka aja di kasih inggris,, g nyadar lho,, g punya kaca y di rumah, tu ngaca d air comberan...

    BalasHapus
  32. @yg paling atas : mas bro mas bro,,,, orang sperti loe kok masih di kasih hidup yach...
    @all : mari kita do'akan biar dia mati mendadak aja,,, alfaaatekhah,,,

    BalasHapus
  33. Ahhhhh komentar dari kecebong anyut anak amis... yang gak ada substansinya... jelas kagak ada isinya. Itu itu saja.

    Ya sudah Ane tahu elu miskin 'fafa', tajil. Dasar orang miskin merakbaaaah!

    Dengarin sini yeh... pulang sono cepat mandi pake sabun batangan, santap beras raskin dan introspeksi diri.

    Orang miskin kok sombong. Apa kata duniaaaaa!

    Mat Indon Mat Indon... emangnya suka di hina!

    BalasHapus
  34. dari pada bicara ama atas ane yg gak jauh beda ama binatang, lebih baek kabooor aja gan... biar dia ngomel2 ndiri ky orang gila dari negeri tetangga sebelah.. ktnya sih negeri jiran(baca : jaran=kuda) ahihihihihihiiiii

    BalasHapus
  35. hu'um gan,,, orang gila tuh gan, ditinggal kabooor aja... drpd dbahas gak ada selesainya...
    yg merasa pinter, berpendidikan, dan gak sakit jiwa, lebih baex ngalah aja gan,,, wkwkwkwk

    BalasHapus
  36. Hehehe...

    Gw orang Indo asli, yang bangga sama Indonesia...

    Cuma ya... kl liat koemen2 rakyat Indonesia Raya sekalian di atas, gw mahfum kenapa Indonesia ga maju2... Sampe kiamat juga kita ga akan maju2 kalo kitanya masih begini2 terus man...

    BalasHapus
  37. udahh gann..
    yg waras ngalahhh...
    heheheh

    BalasHapus
  38. Pegi lu sono... masuk mulut gua Merapi.

    Ada kerajaan yang lebih besar di sana.

    Tiap tahun di kasi makan gratis (sesajian) jadi elu bole jadi abdi dalam sampai akhirat.


    Anonim mengatakan...

    Hehehe...

    Gw orang Indo asli, yang bangga sama Indonesia...

    Cuma ya... kl liat koemen2 rakyat Indonesia Raya sekalian di atas, gw mahfum kenapa Indonesia ga maju2... Sampe kiamat juga kita ga akan maju2 kalo kitanya masih begini2 terus man...
    11 Mei 2011 03:19 ....Assalamualaikum!

    "Cuma ya... kl liat koemen2 rakyat Indonesia Raya sekalian di atas, gw mahfum kenapa Indonesia ga maju2... Sampe kiamat juga kita ga akan maju2 kalo kitanya masih begini2 terus man..." Gak akan bisa maju pak. Selagi ada rakyat yang pikirannya goblok@bodoh@bahlul dan tidak mahu mendengar nasehat atau kritikan dari orang lain bangsa Indonesia akan sentiasa terpuruk.

    "Anonim mengatakan...

    temen ane yg kul disono n nilainya bagus malah dikasih iming2 kerjaan bagus plus gaji gede,asalkan mau pindah jadi warga negara malingsia,noh.......satu bukti lagi klo malingsia itu suka membajak warga negara lain yg pinter soalnya org malingsia sendiri gak ada yg jenius........
    10 Mei 2011 15:12"

    Itu betul ching... orang yang pinter pake otak harus diangkat tidak kira siapa orangnya. Ane sokong orang yang pinter walaupun Mat Indon sekalipun. Harus di kasi peluang untuk berkembang dan memajukan negara. Jadi tak heranlah banyak Mat Indon yang menjabat di Malaysia atau Singapura. Lainlah kalo di NKRI orang pinter di anak tirikan yang bahlul di angkat jadi pejabat.

    BalasHapus
  39. kalau yang ini ada betulnya juga gan....

    "Lainlah kalo di NKRI orang pinter di anak tirikan yang bahlul di angkat jadi pejabat"

    BalasHapus
  40. Negara Malaysia adalah Negara kaum *BANCI*
    Negara yang kaga bisa memerdekakan negaranya sendiri karena takut MATI..hahaha Malingisa GOBLOK, Beda sama negara saya INDONESIA tercinta rakyatnya rela berkorban darah, air mata, jiwa dan raga demi negara.

    BalasHapus
  41. Hisap jempol!

    Nyawa Mat Indon tidak ada harganya@tidak takut mati.

    "Beda sama negara saya INDONESIA tercinta rakyatnya rela berkorban darah, air mata, jiwa dan raga demi negara." Salah tuh ching. Demi bidadari perawan! Katanya... Puuuuuuuuui!

    Patutlah sering ada bom bunuh diri di negara ini.

    Kok mahu bunuh diri... di tengah orang banyak dalam masjid pula tuh.

    Ya kalo mahu mati bunuh diri pake bom jangan dekat orang lain donk.

    Bom diri sendiri dalam hutan atau dalam gua baru satria ching. Ini pula mahu heret orang sama sama mati. Agama apa itu?

    BalasHapus
  42. Itu betul ching... orang yang pinter pake otak harus diangkat tidak kira siapa orangnya. Ane sokong orang yang pinter walaupun Mat Indon sekalipun. Harus di kasi peluang untuk berkembang dan memajukan negara.
    11 Mei 2011 09:58

    iye bener loe sokong,tapi ada pamrihnya,klo gak mau jadi warga negara malingsial ya gak jadi disokong...........preeettttttt

    BalasHapus
  43. " iye bener loe sokong,tapi ada pamrihnya,klo gak mau jadi warga negara malingsial ya gak jadi disokong...........preeettttttt"
    11 Mei 2011 14:56

    Iya jelas lah ching.

    Apa elu mahu serba gratis? Dasar Mat Indon sukanya yang gratisan.

    Waaaah tengok tuh kalo ada yang mahu kasi sedekah. Karena nasi sebungkus, uang 5 ribu perak ataupun gula sekilo orang Indon tuh berduyun duyun bawa anak cicit antre sampe banyak yang rela di injak injak hingga mati.

    Malu itu ching!

    Sompret!

    BalasHapus
  44. Malingsia itu SAMPAH, sekali SAMPAH tetep aja SAMPAH. Udah akh.. ga usah di bales-bales lagi omongan SAMPAH. Cape ngomong ama SAMPAH yang isinya SAMPAH semua..hahaha

    BalasHapus
  45. Dasar Malingsia...
    Law komen gk mutu,mulai kmrin itu2 ja...

    Dasar tambuukkk..

    BalasHapus
  46. Namanya juga orang iri!!!!!
    kenapa dilayanin?
    abaikan saja...
    toh,,,
    semua sama di mata Tuhan
    mau orang Malaysia atau Indonesia
    semua sama
    yang beda amalnya

    BalasHapus
  47. Yang kagak ada substansinya ya komeng dari elu anak amis, kecebong anyut, kismin@madesu anak dari pecel.

    Hey ching Ane tak habis pikir kenapa harus orang Korea yang didatangkan oleh pemerintah Indonesial (Siaran di Metro TV) untuk membershikan sungai sungai di negara tercintai@banggakan yang penuh dengan sampah@kotor.

    Kok biadab! Berak di kali kok nyuruh bangsa lain yang bersihin. Apa lah lu ching! Tak ada rasa malu!

    Ane tidak setuju itu ching. Sungai Ciliwung@Ciliwung Regency patut di pertahankan kelestariannya. Itu tempat wisata yang terindah di Indonesia karena satu satunya rumah susun yang serba semua dalam satu@All in One!

    Betul betul betul keterlaluaaaaaaan!

    BalasHapus
  48. semua sama di mata Tuhan
    mau orang Malaysia atau Indonesia
    semua sama
    yang beda amalnya
    11 Mei 2011 19:36

    asli gw setuju gan,, terserah deh org negri tetangga mau ngomong apa, smua manusia sma, cuma amal yang membedakan, yg suka ngehina negara indonesia, makan aja dosa" semua rakyat indonesia, org yg di aniaya itu doanya cepat di kabulkan, aamiin

    BalasHapus
  49. Eleh elu Islam hanya di KTP doang. Bahasa basi elu sudah tidak laku ching. Tidak ada yang mahu percaya... hanya temen temenmu sendiri. Sama sama goblok@bahlul.

    Aduh ching dengar dengar Indonesia kesialan lagi tuh. Pesawat penumpang terjatuh dan makan banyak korban. Kasian tuh.

    Kenapa mahu pake pesawat yang nggak jelas kualitasnya ching? Dari Tiongkok tuh. Hanya negara miskin yang pake pesawat seperti itu... seperti Zimbabwe, Birma dan Philippine antara lain nya. Ya karena gak punya uang harus ngutang dulu... kualitas kagak peduli tuh penting ada... nyawa manusia ya nggak peduli.

    Tanya kenapa Indon sering kena kesialan? Kapal laut kalo tidak tengelam terbakar, pesawat penumpang terjatuh, kereta masuk jurang, bus nabrak rumah orang... kagak ada transportasi umum di negara lu yang aman ching ching.

    Dalam masjid juga sudah tidak aman... BOOOOM!

    Mahu baca buku juga... BOOOOOOOOOM!

    Cukup deh kesialan negara lu.

    BalasHapus
  50. aduuuuhh ni Malingsial gak ngotak yeeeh,. lu comment pake bhsa negara gue,.
    lo gak nyadar kalo akar teroris tuh dari negara lo,.
    udaah mending sekarang lo belajar bikin blog yang bagus kaya menujuhijau,.
    gue tau lo ikut nimbrung disini soalnya dinegara lo gak ada tuuh blog yang mantab,. orang bikin boyband aja kaya maho semua (lo liat Max 247)aduuh gue pengen boker liatnya,.

    BalasHapus
  51. Hey ching blog manapun di dunia sama... namanya juga blog. Tapi blog di Indonesial yang paling parah. Tong sampah!

    Ane berpatipasi di blog ini (suka tidak suka... terpaksa) hanya karena hati Ane tergerak untuk membetulkan fakta umun yang tidak betul@salah dalam blog ini, menjawab fitnah dan komentar yang tidak betul atau berat sebelah yang di lontarkan oleh komentar Mat Indon@shit berkaitan dengan Malaysia dan keturunan Raja Raja. Itu saja ching.

    Kalo bab caci, maki dan hinaan adalah bumbu... itu tidak dapat dielakan ching karena Mat Indon@SHIT terlebih dahulu yang mulai. Jadi wajar wajar saja Ane membalasnya. Apakah elu kebakaran jenggot ching? Belum cukup itu ching lebih baik elu bunuh diri saja. Tamat citra elu!

    Dari analisis Ane... kebanyak komentar di blog ini anak gaul@anak pinggiran@madesu@kismin@bahlul@gondrong@kecebong anyut@anak amis@meraaaakbah dan On On On. Kelas kampungan@wong deso gituloh.

    Jangan suka duduk ndodok ching!

    BalasHapus
  52. anonim diatas w bener2 kagak punya otak, eh coba liat tuh siapa yg komen dluan ngehina Indonesia !!!
    u bangsa Malay yang u punya cuma sirik!!!!!!

    BalasHapus
  53. Anonim mengatakan...

    anonim diatas w bener2 kagak punya otak, eh coba liat tuh siapa yg komen dluan ngehina Indonesia !!!
    u bangsa Malay yang u punya cuma sirik!!!!!!
    12 Mei 2011 08:30

    * Satu lagi contohnya Mat Indon@Babi ngepet. Memutar balek fakta.

    "...punya cuma sirik!!" Hey bahlul liat dulu sekelilingmu... perbuatan sirik ada didepan mata elu kok nggak liat. Mata kuda ya atau katarak? Sesajian untuk kerajaan Merapi, untuk Ratu Kidul, Kuda lumping, Reog... apakah itu tidak sirik ching? Betul betul betul elu orang bahlul!

    Tak usah ngomong lu kalo tidak mahu di hina. Kasian dech lu di hina siang malam. Mukron@muka rombeng!

    BalasHapus
  54. Bagus tuh ching. Lumayan juga ya hasilnya. Moga banyak Mat Indon yang masuk melamar.

    Ya sesekali dapat juga menikmati uang halal.

    Selamat maju jaya ching.

    *Senang sekali kalo semua Mat Indon jadi jutawan mendadak.

    BalasHapus
  55. heran.....tiap ada blog yg nge-post tentang kebanggaan n keunggulan Indonesia....

    kok orang MLSHIT ( MALINGSHIT ) pada coment...???

    ayoo!!...kalo berani buat blog sendiri dong...yg isinya tentang keunggulan n kehebatan "ASLI" negara loe...
    ingat ya,,,yg "ASLI".....jangan punya orang!!!

    ngomong aja masi ching...ching...
    MALINGSHIT tu....JING...JING...anJING,,,,
    hahahaha,,,,,dasar MALING...gak punya identitas loe...

    BalasHapus
  56. omongannya berlagak sperti orang malaysia tp gak ngaku orang malaysia,,, jgn bilang kamu orang indonesia gan,,,
    all: jgn hiraukan omongannya gan, PROVOKATOR TUH,,, insyaallah akan segera binasa orang yg sperti itu... amin.

    BalasHapus
  57. Semuanya...komen pertama itu bukan orang Malaysia...
    Itu orang iseng....
    Jangan mudah terpancing dengan hasutan murahan seperti itu...
    Kita semua kan berakal..berbudaya..bertata krama..juga beragama...
    Mari kita tunjukkan keteladan kita...Bira di contoh sama Malaysia...
    Tidak ada 1 kebaikanpun dari MENGUMPAT..MENCACI..dan juga MENGHINA...
    Lebih biak kita berkarya dan berusaha..:)

    BalasHapus
  58. betul gan,,,, ane stuju banget, jgn mudah terbawa emosi pd orang yg blm kita tahu asal usulnya apalagi yg bernada provokasi seperti itu. okeee, kita semua bangga menjadi warga negara INDONESIA, percayalah itu...

    BalasHapus
  59. bener jg tu gan,, hoi anonim yg sok" ngaku malay, mw buat perang 2 negara lho, mate aj lho makek provokasi" segala...
    ketauan banget tu bahasa indonesianya fasih, kalo org malay biasanya agak aneh bahasanya...

    BalasHapus
  60. betul gan...
    gue jd ragu ni, koq bahasa INDONESIA nya fasih benar. gak ad melayu2ny??? COBA DEH KALIAN PERHATIKN

    PROVOKATOR NI...

    ati2 gan, gak ush dtanggapin. biarin dia ngomel sendiri, jgn smp terprovokasi...
    pokokny sp yg waras ngalah aja deh,
    JGN IKUT2N GILA SPT DIA

    BalasHapus
  61. BAHASA INDONESIA TELAH RESMI MENJADI BAHASA ASEAN.

    berbahagia lah kalian wahai rakyat Indonesia
    dan untuk rakyat malingsia...

    ke laut aja lu...

    BalasHapus
  62. alhamdulillah...........bersyukur gue.........

    BalasHapus
  63. ''Waaaah tengok tuh kalo ada yang mahu kasi sedekah. Karena nasi sebungkus, uang 5 ribu perak ataupun gula sekilo orang Indon tuh berduyun duyun bawa anak cicit antre sampe banyak yang rela di injak injak hingga mati.''

    Ay allah trnyata anak malaysia sejahat ini suka menghina fakir miskin,,kami itu sdekah mancik...ap salah orang minta sdekah??

    boleh lah dikira kami lebih banyak orang yang susah karna kami negara yang besar dan berpenduduk besar pula...gak smw orang yang kaya...

    knapa di negara kami ada orang indo yg menjadi TKI di malaysia.. itu wajar karna banyk orng yg membutuhkannya di negara saya.... saya akui itu ...

    tpi boleh anda tau tiada TKI (tnga kerja INDONESIA) gak akn bisa mmbntu kinerja pmbgunan mlaysia juga ,, maaf cntoh sprti kuli bangunan ...dia berperan besar membantu membuat gedung2 tinggi disana dan di gaji dengan pantas :) dan itu jga membantu devisa negara kami dan mngurangi juga angka pengangguran ....

    kita ini simbiosis mutualisme...
    kita ini satu..
    jangan lah saling menghujat,,kita sama2 anak melayuu ...

    BalasHapus
  64. O..ya teman yang dari malay...akoe mo tanya dari lubuk hati moe yang paling dalam tolong jawab dengan jujur..." sebenarnya kamu tidak puas kan dengan keadaan negara moe karena:
    1. Tidak pernah merdeka....
    2. Tidak pernah ada perayaan kemerdekaan seperti di Indonesia (panjat pinang, perlombaan2 trasional lainnya)
    3. Tidak ada warga moe yang dengan semangat juang mengibarkan bendera tanah airnya
    4. Tidak bisa mengeluarkan aspirasi dengan bebas
    5. Tidak bisa buka informasi dengan bebas seperti di Indonesia
    6. Tidak bisa demo (kami demo untuk berbicara demi yang terbaik buat bangsa)
    7. Negara moe masih bayar upeti ke Inggis (di Indonesia itu udah berabad2 yang lalu)
    8.....
    9.....
    dan masih banyak yang kamu tidak bisa.....
    buktinya kamu bisa menulis dengan bebas di blog orang indonesia...apa di negara moe bisa????
    Maaf.....walaupun Indonesia masih banyak kekurangan tapi Negara moe jauh lebih banyak kurangnya.....

    Kalo mau maki2 ....loe harusnya maki Raja loe yang hanya duduk di bangku tahtanya tanpa bisa berbuat apa2 untuk kebebasan bangsanya.

    Sampai hari ini bangsa loe belum MERDEKA....

    BalasHapus
  65. ilham maulana... Apakah Maulana yang ada kaitan dengan bom Hotel? Saudara elu ching? Komentar elu gak ada nilainya ching jadi Ane tidak perlu kasi komentar.

    Anonim mengatakan...

    "O..ya teman yang dari malay...akoe mo tanya..."

    Yang satu ini lagi sangat parah. Nilainya nooooolllll! Kosong peng! Sangat jelas anak ini putus sekolah karena tidak ada biaya. Hidup pas pas san. Makan hariannya hanya kerupuk sekantong, pecel sepiring dan nasi aking.

    'Hisab butuh' Ane lagi eunak ching!

    BalasHapus
  66. Ha..ha...anak Malay ini kayaknya dah kagak waras
    loe...frustasi ya....
    Teman2 se-Indonesia, se-tanah air tercinta mari kita doa kan agar dia diberi hidayah oleh Allah SWT.
    Loe tau dari mana gw putus sekolah, hidup pas-pasan, makan kerupuk, pecel dan nasi aking?
    Fitnah loe...berdoa lah agar dosa loe diampunin.
    Kacian banget sih loe...
    Jiwa kebangsaan kami di sini tinggi, kami saling mendukung satu sama lain....lihat di wall ini semua bangga dengan bangsanya...G' seperti bangsa loe...

    BalasHapus
  67. hoi tukang provokasi, udh ngaku aj loe, pasti org indonesia jg kan, buktinya tw banget kondisi indonesia,, mo buat rusuh lho, masih aja provokasi"...

    BalasHapus
  68. wakakaka,, malu lho Anonim:
    14 Mei 2011 12:59

    orang malay asli aja udah komentar:
    ilham maulana mengatakan...
    ''Waaaah tengok tuh kalo ada yang mahu kasi sedekah. Karena nasi sebungkus, uang 5 ribu perak ataupun gula sekilo orang Indon tuh berduyun duyun bawa anak cicit antre sampe banyak yang rela di injak injak hingga mati.''

    Ay allah trnyata anak malaysia sejahat ini suka menghina fakir miskin,,kami itu sdekah mancik...ap salah orang minta sdekah??

    boleh lah dikira kami lebih banyak orang yang susah karna kami negara yang besar dan berpenduduk besar pula...gak smw orang yang kaya...

    knapa di negara kami ada orang indo yg menjadi TKI di malaysia.. itu wajar karna banyk orng yg membutuhkannya di negara saya.... saya akui itu ...

    tpi boleh anda tau tiada TKI (tnga kerja INDONESIA) gak akn bisa mmbntu kinerja pmbgunan mlaysia juga ,, maaf cntoh sprti kuli bangunan ...dia berperan besar membantu membuat gedung2 tinggi disana dan di gaji dengan pantas :) dan itu jga membantu devisa negara kami dan mngurangi juga angka pengangguran ....

    kita ini simbiosis mutualisme...
    kita ini satu..
    jangan lah saling menghujat,,kita sama2 anak melayuu ...
    14 Mei 2011 09:41

    ini lah contoh orang berpendidikan, g kayak lho paling g tamat sekolah lho, g tau tata krama...

    BalasHapus
  69. Begini ching... Ane saran kita damai@looooow profile saja!

    Ane sudah tidak merasa nyaman elu siang malam di hina. Pahala yang Ane dapat daripada menghina elu sudah lumayan... ya tidak perlu lagi lah. Cukup ching.

    Kenapa? Karena ternyata elo semua di sini anak bau amis, seperti kecebong anjut, yang masa depan nya sangat suram, golongan kismin dan meraaaaakbah. Status Ane di mata Allah tralu tingggggiiii setinggi langit daripada elu Indon-Kassim.

    Maling kutang... Waasalam!

    BalasHapus
  70. idddiiihh anak maling sial suka ninton sinetron Islam KTP jg yaa,. pas bgt tuuhh bhsa lo sma kaya c ma'dit musyawaroh tw yg benar dan salah tp gak mw akuin n lakuin semua,. (sinetro yg lo tonton buatan negara kami chiing)

    BalasHapus
  71. Buat malingkutangsial yg komen diatas... jgn bnyak bacot lo.. lagu sapa yg menguasai musik negara lu.. pasti musik indonesia... knapa..? karena bangsa lu g' bisa bikin musik bagus... itu baru 1 bukti... banyak lagi yg lainnya BAAAbbiii....... Malingkutangsial yg kayak elu yg bikin rusuh.. padahal banyak orang malingsia yg baek2... Gua sumpahin deh.. malingkutangsial kayak lo kelaut aja... dirobek2 sama ikan hiu... mari kita sama2 berdo'a seluruh bangsa Indonesia bangsa yang kita cintai... Alfatihah...

    BalasHapus
  72. Biadab punya bangsa... Ane minta berdamai kok di hujat.

    Syaitan lu!

    Hey ching dengar dengar Mei ini pemerintah elu mendesak ribuan Minah Indon (PRT) berangkat ke luar negeri.

    Alamak berkilau kilaulah nanti pantat orang Malaysia. Bagus tuh!

    BalasHapus
  73. Emangnya Mat Indon Islam dalam KTP doang yea?

    BalasHapus
  74. MALAYSHIT..
    PENJILAT PANTAT INGGRIS..!
    JADI NEGARA PERSEMAKMURAN KOQ BANGGA? ITU KAN TANDA NEGARA LOE TUH BUDAK INGGRIS.. =))

    ORANG2 MALAYSHIT SUKA MENGHUJAT INDONESIA KARENA MEREKA DENGKI & MINDER DGN INDONESIA.
    MEREKA SEPERTI KATAK DALAM TEMPURUNG, MIRIP ORANG YAHUDI (WKWKWKKK..).
    MENGHIBUR DIRI SENDIRI SEOLAH2 MEREKA LEBIH HEBAT DARI INDONESIA, PADAHAL APA SIH YG BISA DIBANGGAKAN DARI MALAYSHIT..???
    PALING2 CUMA SIFAT LICIK, TAKABUR, BODOH DAN SUKA MENCURINYA SAJA =)) MIRIP BGT SAMA ISRAEL..

    BalasHapus
  75. Sirik tanda tak mampuuuuu... Malingsialan mau belagak pahlawan.. Ngumpet aja sana di petisejuk hahaha

    BalasHapus
  76. "Sirik tanda tak mampuuuuu..." logika kacung@pembantu!

    BalasHapus
  77. sayaa ini bangsa indonesia mas :)

    saya tidak memprovokasi satu sama lain , saya hnya berharap tidak ad saling menghina satu sama lain ... sesama saudara juga ....

    makasiih atas saran warga malaysia di postingan pertama ....
    mungkin itu pandangannya....
    kita harus menerima smw kritikan orang walau itu sakit terhadap kita .. dari sebuah kritikan kita dapat belajar :)

    dan satu lagi tolong jangan bawa2 profesi seseorang dan drajat seseorang sbgai bahan hinaan

    BalasHapus
  78. ilham maulana, eeeh namanya Bpk sinonim dengan Hotel Marriott! Kebetulan tahun 2003 Ane ada di sana 3 hari sebelum kejadian bomb.

    Ane sangat2 jeungkel dengan Mat Mat Indon yang sering 'membawa nama Malaysia' ke dalam blog@situs ini. Ini bermula sejak pertandingan AFC Suzuki Cup.

    Adalah menjadi tanggungjawab Ane sebagai keturunan Raja Raja untuk menjawab fitnah dan hujat Mat Mat Indon yang suka memutar fakta.

    Bajingan semua dan harus dijawab dan sekiranya perlu di hina sehina hinanya manusia!

    BalasHapus
  79. Bahlul itu anak... Mat Indon mulutnya macam kagak di sekolahin.

    Panteslah bangsa elu di hina banyak orang.

    Jangan suka duduk ndodok ching!

    BalasHapus
  80. keturunan raja tapi rajanya masih cium kakinya ratu elisabeth n bayar upeti ke inggris. apalagi lo ngaku2 keturunan raja,KHAAAKH CHUIIIH. tahukah anda malon bahlul bin mandul otak jengkol, kerajaan malaysia pernah menjadi bagian dari kerajaan SRIWIJAYA dan MAJAPAHIT yg berasal dari INDONESIA. sekarang jg msh bagian dari negara inggris, alamaaak sampai sekarang jd madesu dan kacong negara lo.

    BalasHapus
  81. gak semua org yg elo hina dina itu derajatnya lebih rendah dihadapan Allah,bahkan mungkin mereka lebih mulia daripada elo,biarpun elo ngaku keturunan raja raja,tapi klo kelakuan kayak gitu.......nauzdubillah......semoga aja Allah yg membalas mulut kotormu itu........

    BalasHapus
  82. Oh my darling oh my darling oh my darling... ehhh ching apa betul elu ada Tuhan?

    Siapa Tuhan mu ching Gondorowo? Babi ngepet lu ngaku ngaku punya Tuhan. Kagak ada tuh ching ching.

    Jangan sembarangan ngaku ngaku sembrono ching... yang jelas elu keturunan Nabi Lut. Kan kan kan?

    Orang lain sholat 5 waktu! Elu? 6 waktu tapi kiblat elu ke arah barat. Salah tuh ching.

    Kalo elu ada Tuhan pasti hidup elo sempurna. Sekarang saja hidup elu pas pasan. Hidup tidak mati pun tidak ya antara hidup dan mati lah. Parah dech lu!

    Hidup elu nggak jelas, Negara elu juga tak jelas mahu ke mana? Lebih baik elu mati saja ching. Tamat Cerita.

    BalasHapus
  83. ckckckck...perasaan orang diatas nie kebanyakan nonton sinetron INDONESIA dech..ma seneng bahasa INDONESIA...emang di negara MALINGSIAL gak ada tontonan ya???gak punya bahasa ya???apa emang semuanya gak punya OTAK!!!!...

    BalasHapus
  84. Ayo bangkit ching!

    Bangkit korupsi dengan semanggat, lakukan dengan terbaik hati untuk kebaikan nasional!

    Ayo ching ayo!

    BalasHapus
  85. chang ching ae....emangnya kucing...
    aku gak pernah denger berita bahasa malaysia jadi bahasa asean... soalnya bahasanya MBELERET...
    #pasti gak taw arti mbeleret.... :P

    BalasHapus
  86. buat lo malon "sia mah kawas jelema teu gableg cedo,ngabacot sangeunahna teu boga tatakrama,.deuleu ku sia nagara aing leuwih unggul dibanding nagara sia.nu bisana ngan nuturkeun aturan nagara persemakmuran tapi teu maksmur makmur da kudu ngaletakan liang caduk ratu inggris" pasti lo gak ngerti soalnya negara lo gak sekaya negara kami

    BalasHapus
  87. bagus brother yg diatas gue,malon bahlul bin mandul otaknya sebiji jengkol hanya bisa menjawab ORA OPO OPO.kata populer dari sule yg akan mereka klaim.

    BalasHapus
  88. "...soalnya negara lo gak sekaya negara kami..."

    Kaya apa negara elu kecebong anyut, anak amis, kaum duafa, kaum yang marginal, golong miskin, madesu... negara elu kaya dengan kotoran manusia, kota penuh dengan sampah, bau sampah, lalat, laler, penjual asongan, waroeng waroeng, kendaraan kuno, polusi, PSK, ojek, pengemis, pemalak, sana sini orang duduk ndodok, badan bau amis, buang angin sembarangan, calo di mana mana.... buanyaaaak lagi ching.

    Ngaku tidak ngaku Indonesial ketinggalan (dari semua aspek) dari Malaysia sekurangnya 30 tahun.

    Patutlah Almarhum Kasino selalu memplesetan bangsanya sendiri.

    Betul jugak kata dia tuh!

    BalasHapus
  89. http://1-million-dollar-blog.com/worlds-largest-pension-fund/

    BalasHapus
  90. wah masih rame ya....wkwkwkwk

    BalasHapus
  91. *Ini baru putaran kualifikasi n'Ching!

    Hey n'Ching (kalo cewek n'Ting) selagi nama lu nggak ada 'bin' nya elu bukan manusia sempurna.

    Nggak ada bapaknya@bapak nggak jelas orangnya!

    BalasHapus
  92. yaelah negara sgede upil aj d banggain,, kwkwkkw kocak koment lo monyett asulahmalaysia

    BalasHapus
  93. Seeelamat Siang!

    Orang Jawa kalo hormat Selamat Siang atau Malam sangat lucu. Perhatikan orang Jawa... Seeeelamat Malam! Badan dibongkok kedepan dan satu tangan memegang telornya dia@selalu tangan di bawah.

    Sekarang baru Ane tahu kalo orang Jawa itu menganut pepatah lama, ’daripada 10 burung di pohon lebih baik satu di tangan’.

    Kekekekekekekekekek!

    BalasHapus
  94. Euromonitor International is pleased to release its latest Top City Destinations Ranking, covering 100 of the world's leading and most dynamic cities in terms of international tourist arrivals.

    Kuala Lumpur #5 8,935.0 4.2

    http://blog.euromonitor.com/2010/01/euromonitor-internationals-top-city-destination-ranking.html

    BalasHapus
  95. MALAYSIA artinya
    MALAY = / Melay (dalam bahasa sunda) berati lembek, tak bertenaga, kemayu
    SIA = (dalam bahasa sunda) kamu ,elu,kau,anda.
    jadi arti dari MALAYSIA adalah orang yang kemayu gak bertenaga lembek, yang bisanya cuma iri terhadap prestasi orang lain.

    ada yang punya arti dari kata MALAYSIA ????

    BalasHapus
  96. Wahai saudara2ku sebangsa dan setanah air.... bairkanlah meraka (Malaysia)menghina kita cz cma itu kepandaian mrka..Kita tunggu saja tanggal mainnya...Biarkan ANJING menggonggong kafilah tetap berlalu...Bangsa kita adalah Bangsa yg berbudi luhur...Biarlah Allah SWT yg membalasnya. Bersyukurlah karena Allah SWT msh Sayang dengan Bangsa kita.....

    BalasHapus
  97. weleh weleh kenapa diributkan sich, anonim #1 tu sebenarnya muna bangert, bilangnya bahasa indonesia aneh, tapi kok... dia pake juga...wah wah ntu org sebenernya.......

    BalasHapus
  98. "aku berlindung dari godaan negara malingsia yang terkutuk"

    BalasHapus
  99. Seeelamat Siang!

    Orang Jawa kalo hormat Selamat Siang atau Malam sangat lucu. Perhatikan orang Jawa... Seeeelamat Malam! Badan dibongkok kedepan dan satu tangan memegang telornya dia@selalu tangan di bawah.

    Sekarang baru Ane tahu kalo orang Jawa itu menganut pepatah lama, ’daripada 10 burung di pohon lebih baik satu di tangan’.

    Kekekekekekekekekek!

    BalasHapus
  100. Indon@SHIT suka makan lalapan laler!

    BalasHapus
  101. MEMBER OF "ANTI MALAYSIA"..
    Jangan Sampai Gw Ketemu Orang Malaysia.. Amin..

    BalasHapus
  102. ok lah gw setuju klo lu ngaku2 keturunan raja...tapi raja..fir'aun...wkwkwkw....hihihihihihhhihihihi



    udah lah di buat simple aja,klo lu emg bukan banci hubungi gw di (0853 2490 5950)
    seleseikan di dunia nyata..

    gw orang jawa,tepatnya di Brebes Jawa Tengah

    ...raimu kue kudune di gorok....

    BalasHapus
  103. sekarang gw tau lu itu ternyata banci yg gk waras...
    terbukti sudah klo lu emg gk gentle..
    udahlah gw malu ngladenin manusia sperti lu ( banci gila yg gk tau malu )



    I LOVE U INDONESIA

    BalasHapus
  104. Mulutnya ching Malaya parah...., g punya sopan santun..., lo mau perang sama indonesia maju sini cukur orang Kutai timur " kaltim " yang maju untuk membumi hanguskan... ta perlu mengerahkan dr pulau2 lain.... qt habisin kau...., g usah pakai senjata api qt maju cukup pakai bom bunuh diri habis lah malalingsialan....

    BalasHapus
  105. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  108. ayo admin.........!!!! ada banyak nih ....komenng provokatip yang mesti dihapus.....hehehehehehe....

    buktikan keberanianmu....

    BalasHapus
  109. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails