2 April 2012

Harga BBM, Lain Indonesia, Lain China


Beberapa pekan terakhir masyarakat Indonesia di Beijing, tekun menyimak perkembangan di Tanah Air yang tengah "gonjang-ganjing" akibat kisruh rencana kenaikan harga BBM. "Kira-kira akan seperti aksi kerusuhan 1998 gak yaa....," ujar Siswanto, yang tengah serius menyaksikan perkembangan di Tanah Air melalui saluran televisi internet.
Bagaimana tidak, beragam rumor mulai dari adanya mahasiswa yang ditembak aparat hingga adanya tujuh jenderal yang mengundurkan diri, juga diterima sebagian masyarakat Indonesia di Beijing.
Bahkan meski Rapat Paripurna DPR RI memutuskan untuk menolak kenaikan harga BBM, aksi unjuk rasa terus terjadi tidak saja di Jakarta tetapi juga di kota lain di Indonesia. Berbagai fasilitas umum rusak, mahasiswa, masyarakat dan bahkan aparat ikut menjadi korban.
Dibandingkan di China, khususnya Beijing, yang baru saja menaikkan kembali harga BBM-nya dalam enam pekan terakhir, rencana kenaikan BBM di Indonesia benar-benar merupakan kebijakan yang ditolak dengan cara "keras".
Kedua kali
China, negara pemakai BBM terbanyak setelah AS, kembali menaikkan harga premium dan solar kedua kalinya dalam waktu kurang dari enam pekan. Harga premium naik 6,6 persen atau 0,44 Yuan per liter, solar naik 7,2 persen atau 0,51 Yuan.  Keputusan tersebut diambil menyusul naiknya harga minyak mentah ke Yuan-600 setara 95 dollar AS per metrik ton.
National Development and Reform Commission-China, lembaga sejenis Bappenas di Indonesia, mencatat harga tiga jenis minyak mentah yang disurveinya telah naik rata-rata 10 persen. "Penting untuk memastikan keamanan pasokan BBM China, dengan menaikan harga di tengah masuknya musim tanam dan stabilitasi di Timur Tengah," demikian pernyataan resmi NDRC, Senin (19/3/2012).
Pemilik kilang minyak terbesar di China, Sinopec dan PetroChina, telah mendesak pemerintah menaikkan harga BBM agar sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan.
Akibat kenaikan itu, beberapa hari kemudian harga sayur mayur di Beijing pun merambat naik. Tak hanya itu, mulai akhir pekan ini warga masyarakat juga harus mulai membayar taksi lebih mahal jika bepergian lebih dari tiga kilometer. Jika sebelumnya mereka hanya membayar 2 Yuan (satu Yuan setara Rp 1.450), kini mereka harus membayar sekitar 3 Yuan. Kebijakan itu selain di Beijing akan mulai diberlakukan di kota-kota lain seperti Dalian, Kunming, Xiamen and Shaoxing. "Kami tahu harga BBM akan naik, seperti yang sering diberitakan menyesuaikan harga minyak dunia. Tetapi tetap saja kami shock.....," kata Huai (30).
Pria yang sehari-harinya menjadi sopir taksi itu menambahkan pendapatan tidak naik, tetapi kenaikan BBM pasti akan diikuti kenaikan harga lainnya.
Meski begitu, kenaikan harga BBM di China yang berlaku 21 Maret 2012 tidak disertai aksi penolakan apalagi unjukrasa besar di Beijing atau beberapa kota lainnya. Semuanya berjalan seperti biasa tanpa gejolak. Semua memang dikendalikan oleh kewenangan terpusat yang merupakan bagian untuk menjaga stabillitas sosial ekonomi.

Inflasi
Kenaikan ini adalah kedua tahun ini dan datang saat pemerintah memiliki rentang yang lebih untuk menyesuaikan tingkat harga, sementara inflasi mereda dari tiga tahun tertinggi pada pertengahan 2011. Komisi dapat menyesuaikan harga BBM ketika harga minyak internasional bergerak dengan lebih dari empat persen selama periode 22 hari kerja.
Beijing membatasi kenaikan dalam biaya bahan bakar untuk melindungi konsumen dalam negeri ketika harga internasional terus menanjak. Inflasi mereda bulan lalu menjadi 3,2 persen -- kecepatan yang paling lambat sejak Juni 2010 menyusul serangkaian kenaikan suku bunga dan langkah-langkah pengetatan moneter oleh Beijing.
"Inflasi tampaknya telah mereda, memberikan ruang untuk kenaikan harga minyak kedua (tahun ini)," kata Australia dan New Zealand Banking Group dalam sebuah catatan penelitian Selasa. "Dampak langsung terhadap CPI (inflasi harga konsumen) akan dapat ditangani pada tahap ini."
China khawatir lonjakan inflasi membawa potensi untuk memicu kerusuhan sosial. Mengumumkan kenaikan harga BBM terbaru, pemerintah mengatakan akan menawarkan subsidi untuk sektor-sektor seperti mekanisasi pertanian dan sopir taksi untuk mengurangi dampak.  Inflasi yang melambat selama 20 bulan terakhir hingga Februari silam, membuat pemerintah China percaya diri untuk menaikkan harga BBM tanpa mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat.
Pada Februari lalu, tingkat inflasi China sebesar 3,4 persen. Angka tersebut jauh dibawa target pemerintah sebesar 4 persen. "Ini langkah berani Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional ... kelihatannya inflasi turun cukup tajam akhir-akhir ini, jadi kebijakan ini diambil pada situasi politik yang pas," kata analis Gordon Kwan dari Mirae Asset Management di Hong Kong.
Harga yang meroket, terutama untuk komoditas bahan makanan dan BBM, sebelumnya telah mengakibatkan terjadinya rusuh di sejumlah kota di China. Dibawah aturan sistem harga BBM China, harga BBM untuk pasar lokal bisa diubah bila harga minyak mentah dunia berubah lebih dari empat persen selama rentang waktu 22 hari.
Pemerintah Indonesia tentu telah mempunyai perhitungan dan pertimbangan matang, untuk melakukan kenaikan harga BBM, namun bagaimana mengelola itu agar tidak menjadikan situasi bergejolak juga penting untuk dilakukan.


sumber

22 komentar:

  1. bila sudah begini, aku merasa miris melihat negri ini. mengapa negara komunis seperti china rakyatnya bisa ebih kona'ah dibandingkan negri ku yang religius ini. Demokrasi telah disalah artikan sebagai bebas Anarkis, Demokrasi dijadikan Topeng para penjilat dan dajal bangsa. HAM dijadikan embel2 untuk bebas berbuat biadab. Para rezim menebar kebencian dan kedengkian untuk kepentingan politik mereka, seakan mereka puas bila melihat negara ini rusuh dan hancur. mereka menjual nama rakyat untuk mencari muka agar terlihat sebagai superhero dan pahlawan. sungguh menjijikkan !!! sampai kiamat sekaipun negri ini takkan pernah makmur dan tentram. karena siapapun yang memimpin negri ini kelak akan tetap salah dan berusaha untuk dilengserkan. saat itulah pemimpin2 itu akan bernyanyi lirih "kau yng telah memilih aku, kau juga yng sakiti aku, kau putar cerita sehingga aku yang salaah"

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuuujjjjjjjjuuuuuuuuu.....demo anarkis mengatas namakan RAKYAT, Rakyat yang mana ??? coba carikan satu saja rakyat yang senang cara demo seperti itu.

      Hapus
  2. @ Iwak Peyek ; betul itu..
    siapapun presidennya,, tidak akan pernah bener di mata rakyat

    BalasHapus
  3. dihasut OPOSISI aj mau... ciri2 mahasiswa goblok... mudah dihasut serta anarkis...

    BalasHapus
  4. Lain Indonesia,Lain China,,,

    di China walaupun harga BBM naik,namun subsidi bagi rakyatnya diberikan dengan tepat,
    di berikan fasilitas angkutan umum yang memadai yg lebih murah,
    serta infrastruktur yang menunjang dalam kegiatan ekonomi...
    semua sudah terencana dengan rapi dan baik,

    jika di bandingkan dengan negeri ini,sebenarnya pun kita bisa jika pemerintahan kita 'sehat'...

    BBM naik,
    subsidi tidak tepat sasaran,
    sarana angkutan umum yang minim serta banyak yang 'rusak'
    infrastruktur yang buruk,
    malah alih" masyarakat berlari memilih kendaraan pribadi sebagai solusinya,
    namun masalah baru pun datang,
    kemacetan di jalan raya pun tak dapat dihindari karena banyaknya masyarakat yg menggunakan kendaraan pribadi untuk menghemat pengeluaran,namun justru malah menambah parah kemacetan dan perusakan lingkungan dengan polusi udara..

    huft...

    'cape' dengan pemerintah negeri ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANONIM GOBLOKK !!

      pemerintah yang mana yang ente maksud?? kalo masalah jalan rusak ente tinggal dimana?? siapa Bupatinya? siapa GUbernurnya? ente kira Presiden ikut2an soal jalan rusak?? kalo di daerah ente jalan rusak itu brarti pejabat daerah ente yang pada korup !! di daerah ane jalan mulus coy sampek ke plosok2. infrastruktur oke semua. urusan gak tepat sasaran itu bukan salah pemerintahh coy, subsidi itu jelas2 buat orang kismin tapi pejabat2, pengusaha2 sinting maho yang gag punya muka dan gag punya kemaluan yang menikmatinya. makanye subsidi BBM dkurangi coy buat dialihkan ke cara lain yang lebih nyata dan tepat sasaran ke tangan rakyat. salah satunya, dengan meningkatkan pembangunan dan perbaikan infrastruktur. makanya jangan asal nolak2 bbm naik. smua itu ada tujuan baiknya coy. PARTAI MONCONG ente dengerin, Partai MAHO gak bermoral tu coy. tukang cari muka dan bikin rusuh !!!

      Hapus
  5. 'ex' (besar) 'de' (besar)3 April 2012 16.49

    ada yang marah-marah bilang anonim goblok di atas ane..
    padahal nama nya dia sendiri anonim..
    wkwkwkwk
    ternyata ada orang goblok yang lagi ga sadar diri sendiri goblok..wkwk lucu.lucu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha, betul itu betul. hihihihihi.
      Orang gila nggak tau kalau mereka gila.
      Orang egois sadar mereka egois, tapi tak peduli.

      Hapus
  6. anonim goblog yg marah2
    ngemeng :
    makanye subsidi BBM dkurangi coy buat dialihkan ke cara lain yang lebih nyata dan tepat sasaran ke tangan rakyat. salah satunya, dengan meningkatkan pembangunan dan perbaikan infrastruktur. makanya jangan asal nolak2 bbm naik

    ente kira nanti subsidi buat perbaikan infrastruktur gakan ada kebocoran lagi cok??dsar masi bocah mala mara-marain anonim..cocot mu kek silitmu!
    dasar oknum ente!

    BalasHapus
    Balasan
    1. LU YANG GOBLOKK!! itu bocah ada benernya. kalo lu mikir soal BOCOR Muluk trus mnurut lu solusi apaan yang yang paling aman??? BISA GAK LO NGASIH SOLUSI?? atau lu bisanya juga cuma triak2 sama ngerusak fasiitas habis ntu TERIMA HONOR ama nasi bungkus?? dibandingin mensubsidi BBM tapi yang nikmatin ALPHARD, AUDI, JAGUAR AMA FERARI. jauh lebih baik itu subsidi digunakan buat hal yang lebih NYATA DAN TEPAT SASARAN !! paham LO??

      Hapus
  7. wah dana subsidinya sudah d tabung buat dana kampanye
    ketua parpolnya saja koruptor, pake tomcat buant pengalihan isu,
    anggota fraksinya hanya segerombolan manusia pendebat hal yang tidak jelas
    mau merah, biru, kuning, hijau, hitam, putih, ungu, orange,.
    hanya sekelompok oportunis pembual bermulut besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, ente bisa bacot kaya gitu karna ente masih kismin. COBA ENTE JADI PEJABAT, UDAH SAMA AJA KLAKUAN ENTE. TAHTA BISA MEMBUAT SIAPAPUN LUPA DIRIII !! JADI GAK USAH HERAN LIAT PEJABAT PDA KORUP. MNDING INTROPKSI DIRI.

      Hapus
  8. penonton paling pinter komen,mending pemain jadi penonton

    BalasHapus
  9. orang orang sperti kalian ini benar2 tidak memiliki jiwa nasionalis... mahasiswa itu berjuang untuk rakyat.. coba kalu kita diam saja akan tambah hancur negara ini.. oke sekarang kalian bisa makan enak tp coba pikirin orang orang di bawah sana.. mau makan saja susah gan... dimana otak kalian,, kita bicara realistis saja.. saya mahasiswa UNP Kediri Semester 1.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang apa sih arti nasionalis di mata anda?? jANgan jadikan nasionalis sebagai Topeng bung, anda telah salah kaprah jika menganggap Nasionalis diimplementasikan dngan cara2 yang anarkis dan urakan. saya juga mahasiswa bung. saya jga rakyat biasa, saya juga tidak setuju bila bbm dinaikkan, tapi saya tidak bisa menyalahkan pemerintah karena saya yakin tidak ada pemerintahan yang tega menghancurkan negaranya sendiri. apa yang dilakukan pemerintah adalah upaya menyelamatkan perekonomian negara ini dan itu JELAS bagi orang2 yang berfikir. dan JUJUR, Saya JIJIK melihat anarkisme, bukankah itu bentuk yang lebih nyata dari sebuah penghancuran. PAGAR2 di senayan itu tak tau apa2 bung, dia dibangun dari uang rakyat, Mobil2 polisi yang dibakar juga tidak tau apa2 bung dia juga dibei dari uang rakyat. semua fasilitas2 negara ini adalah dari uang rakyat. kalau ingin berjuang, haruskah dengan cara demikian?? Sebagai orang terpelajar berjuang Adalah dengan Belajar bung. belajar menjadi manusia yang lebih baik dan kelak menjadi penerus pemimpin bangsa yang ebih baik agar bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik. sekarang saja ANARKIS bagaimana kelak menjadi pemimpin, justru anda yang menjadi penghancur itu sendiri.

      Hapus
  10. mulailah dgn introspeksi diri sendiri sblm menceramahi org lain

    BalasHapus
  11. Saling menggobloki satu sama lain bukti bahwa kalian semua cuma bisa menggunakan emosi bukan akal sehat. Kebijakan pemerintah lawan keinginan rakyat. Pemerintah berasal dari rakyat, ketika tidak lagi sejalan maka bukan lagi pemerintah melainkan kediktatoran. Pemerintahan SBY menahan kenaikan BBM karena tahu konsekwensi jika kebijakan BBM tetap diteruskan bisa berakibat revolusi. Rakyat masih belum puas karena ketidakmerataan ekonomi, ada kesenjangan yang besar antara segelintir orang kaya dan mayoritas orang miskin di negeri ini.
    So jamannya sudah tiba bagi pemerintah untuk berbuat lebih baik lagi mengatasi permasalahan negeri kita ini atau peristiwa seperti di Mesir dan Eropa Timur akan menimpa kita. Massa akan lebih sulit dibendung daripada yang sudah-sudah karena berkembangnya tehnologi seperti jejaring sosial, dan masih banyak lagi.
    Jadi apa solusinya?
    Menurut gw mang dah waktunya kiamat biar Pencipta langsung yang turun tangan memperbaiki semua kesemrawutan pemerintahan ini. Bukan hanya Indonesia tapi seluruh Dunia.
    Banyak-banyaklah berdoa memohon jalan keluar dari NYA.
    Cuma itu satu-satunya cara agar kita bisa berpikir sehat dan tidak terprovokasi menjadi emosi dan akhirnya menghancurkan satu sama lain.
    Sekian

    BalasHapus
  12. PARA PENDEMO ANARKIS YANG GOOBBBBLOOOOKKKK............NAMANYA RAKYAT YA PASTI PENGENNYA YANG ENAK TERUS, KALU BISA RAKYAT TIDUR AJA LALU DI GAJI PEMERINTAH.....:D:D:D:D

    BalasHapus
  13. #duduk manis memperhatikan komentator diatas yang misuh2...mencak2....#

    BalasHapus
  14. hahaha...gw ngikut ma anonim yg diatas aja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapin cemilannya juga donk bro...

      xixixi

      biar lebih seru nontonnya

      Hapus

Related Posts with Thumbnails