7 April 2012

Bahayanya Memakai Headset


Bahaya Penggunaan Headset [Earphone]. Terlalu sering menggunakan atau terlalu memaksa pemakaian headset akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran [tuli, budeg dll.]. Apalagi biasanya earphone/headset digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk "melawan" noise dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/ bising. Ini sangat beresiko tinggi.

Ketulian sudah dapat menyerang orang semakin dini. Awal-awalnya telinga yang sering menggunakan earphone tidak terasa apa-apa, tapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa panas dan berdengung hebat.
 

Itu terjadi akibat kelelahan koklea [rumah siput], yang berperan penting dalam proses pendengaran. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap.
 

Untuk orang dengan pendengaran normal, audiogram terletak antara nol dan 20 desibel. Di atas angka itu, artinya kondisi telinga sudah tidak beres.
 

Hanya dapat diobati dengan terapi hiperbalik [memberi obat-obatan khusus] agar tingkat ketuliannya berkurang, tapi tak sembuh. Sebab, yang rusak adalah sel rambut pada organ telinga bagian dalam yang berfungsi menangkap rangsangan atau frekuensi suara. Bila bagian ini sudah terganggu dan rusak, tak akan bisa kembali normal.
 

Badan Kesehatan Dunia [WHO], Sound Hearing 2030 juga sudah memprogram untuk mengurangi kasus gangguan pendengaran dan ketulian hingga 50 persen pada 2015, dan 90 persen dalam 15 tahun berikutnya. Masalah utamanya adalah gaya hidup yang salah seperti kebiasaan penggunaan earphone.
  




Selain itu, jangan menggunakannya saat menyetir atau di jalan raya yang berisik. Ini akan membuat pengguna tidak mendengar suara peringatan orang/ mobil lain dll, yang kemungkinan besar menyebabkan kecelakaan. Self-awareness menurun karena pengalihan konsentrasi kita dari lingkungan sekitar dan jalan ke suara dari earphones.

Keseimbangan badan pun bisa kacau karena tekanan udaranya mempengaruhi keseimbangan badan ketika kita menggunakan earphone di jalan atau sedang menyetir. Lebih baik kita rajin membersihkan telinga dari ear wax agar tidak infeksi.
 

Dengan mengetahui bahaya penggunaan headset [earphone] diatas, mudah-mudahan bisa menjadi peringatan buat kita agar tidak terlalu sering menggunakan headset/earphone. Lebih baik langsung pake spiker, kan lebih puas tuh dengernya
 

 


sumber

10 komentar:

  1. tapi kan kalo volumenya minim kan gpp :(

    BalasHapus
  2. ya gak ngaruhhhhhh meskipun volumnya minim -_-

    BalasHapus
  3. yang penting jangan berlebihan aja tu gan.,...

    BalasHapus
  4. yang tau mohon di balas ya..
    kalo pake earphone dgn volume tinggi, maksimal penggunaan yang aman dalam satu hari (24 jam) berapa lama sih..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut beberapa info dari temen kedokteran sih, sehari max pake headset itu 90 menit gan ^^
      mampir ke blog anne yahh sebelaslimasembilan.blogspot.com

      Hapus
    2. thanks masbro berguna nih infonya ^_^

      Hapus
  5. pengaruh taik telinga tu

    BalasHapus
  6. wahh makasih infonya sob..
    dulu ane sering make headset gan..

    BalasHapus
  7. mantap dehhh

    trikaja.blogspot.com

    BalasHapus
  8. ane sering pake headset lagi =="
    gawat nih

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails