12 April 2011

12 Film Hollywood yang Menghina Indonesia

Mungkin Terlalu kasar kalo pake kata 'menghina', mungkin lebih tepatnya film barat yang di salah satu ceritanya berbicara soal 'keburukan-keburukan' yang ada di indonesia .... sebagian fakta, sebagian dilebih-lebihkan, namanya juga pilem, mungkin karena si pembuat pilem bukan orang Indonesia jadi gak faham dengan keadaan di indonesia, atau .... mungkin juga karena mereka benar-benar memahami indonesia ...

1. HOUSE (Serial TV)
Film seri di Starworld. Si dokter House lagi ngobatin anak yang sakit parah banget dibilang sama si dokter, kira-kira begini, “anak sakit parah begini tinggalnya pasti di Indonesia”.

2. LOOKING FOR JACKIE CHAN
Film yang menceritakan anak indonesia keturunan china fans berat jackie chan hingga akhirnya ketemu sang idola. Anak ini memiliki sikap khas indonesia, "MELANGGAR ATURAN", diantaranya saat menerobos satpam & lari dari rumah (pergi ke rumah neneknya di beijing tapi malah ga sampe tempat).

3. IN THE GODS HAND
Film tentang selancar dari Hawai ke Bali. Waktu itu ada peselancar2 muda dari Amerika yang nyoba semua ombak yg ada di dunia. Saat itu di Lombok/Bali, ceritanya mereka ketangkep polisi Indonesia, trus polisinya disuap dengan cara “salaman dengan nempelin duit ke tangan polisi”. Lolos deh mereka.

4. LETHAL WEAPON 4
Dalam salah satu adegannya, Danny Glover memaki-maki dengan mimik khasnya, “Kapal bodoh ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia”. Wah, ngeselin banget ya. Ceritanya imigran china yang diselundupkan pake kapal yang diatasnamakan sebuah perusahan di Indonesia, (tapi fiktif). Coba deh perhatikan waktu Mel Gibson and the geng lagi ngobrol di markas sebelum menyerbu Uncle Benny. 'Jadi, Indonesia digambarkan sebagai negara yang selalu bikin kacau”.

5. THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY (1982)
Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi.Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan. Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. (tanya kenapa?). Hehehe. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan (ni artis cewek cuman di film ini main jadi cowok) ngegantungin spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dengan tulisan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Saat Oscar 1982, film ini menang untuk artis terbaik Linda Hunt.Fim ini gak cuman nyebutin indonesia tapi tentang Indonesia. Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik.

6.WEST WING(Serial TV)
Sebuah serial tv yang bersetting gedung putih, dengan tokoh presiden Amerika fiktif President Bartlett (Martin Sheen) beserta stafnya. Salah satu episodenya menceritakan tentang kesibukan gedung putih dalam menerima kunjungan presiden Indonesia (tentu fiktif juga) namanya Siguto (mungkin maksudnya Sugito, hahaha). Dari awal film ini Indonesia terus dijelek-jelekkan, sehingga sempat bikin kesel waktu nonton (hehehe), masa ada kalimat begini yang diucapkan seorang staf gedung putih kepada seorang staf gedung putih lainnya: “Hati-hati jangan bikin orang indonesia tersinggung, atau kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota”. Staff yg memperingatkan itu bilang dia lihat di internet, trus staff yang satu lagi enggak percaya.

Jadi untungnya yang nonton West Wing juga emang gak diarahkan untuk percaya kalo Indonesia seprimitif itu. Belum lagi informasi yang salah tentang Indonesia. Digambarkan juga bahwa orang Indonesia adalah bangsa yang bodoh dan tak bisa berbahasa Inggris. Trus, ceritanya presiden Indonesia datang (dan lagi-lagi berwajah Jepang) namun gerak-gerik dan tata bahasanya mengingatkan kita sama presiden Gus Dur (Hehehe, gak tau sengaja apa enggak). Si pemeran bapak dan ibu Siguto sebagai Pres RI ini cuman kebagian disorot dari belakang, yang penampilannya jadul abisss. Pak Presiden pake peci, istrinya pake kebaya dan dikonde hehehe. And mereka sipit bangetss, mungkin cari muka melayu susah, jadi sutradara menyamaratakan orang Asia gitu aja. Diceritain disini staff gedung putih kebingungan nyari translator karena mereka bilang Indonesia speaks in 300 different languages, dan dibilang kita gak punya bahasa nasional. Disini ngaconya! Tambahan lagi staff Indonesia itu ceritanya orang Batak, dan kacaunya lagi namanya: Rahmahidi Sumahijo Bambang (lucunya waktu tuh bule ngucapin nih nama), mana nama bataknya? Kayaknya gak pernah denger ada orang Batak namanya Rahmahidi Sumahijo, orang Jawa aja kayaknya ga ada.

Ketika presiden sedang konferensi pers, para stafnya pun melakukan pertemuan informal dan mereka pusing nyari translator karena ada 1 orang yang bisa Bahasa Batak, dan dia orang Portugis, tapi tuh orang ga bisa Bahasa Inggris, jadi di film ini ceritanya mereka nyari 2 orang akhirnya buat translate Inggris->Portugis, Portugis-> Batak. Mereka berusaha menjelaskan jika mereka akan membantu perekonomian Indonesia dengan syarat beberapa tahanan politik dibebaskan. Untungnya, ending film ini bagus. Ketika mereka bersusah payah berbicara Batak dan Portugis, tiba-tiba, staf indonesia yaitu si Bambang ini (yang ini mukanya emang melayu..ga tau apa indonesia beneran..) itu bicara bahasa Inggris dan memaki-maki para staf gedung putih “Anda pikir kami bangsa yang bodoh?

Anda pikir kami tak tahu anda anggap apa bangsa kami dan apa anda pikir kami tak bisa berbahasa Inggris? Kami mengerti semua perkataan anda bahkan arah pidato presiden anda kami sangat paham. Tapi kami bangsa yang berdaulat. Jangan mentang-mentang anda negara kuat seenaknya saja mengatur kebijakan dalam negri kami. Urus saja urusan dalam negeri anda. Dan satu hal, daripada kami mengikuti kemauan Anda, lebih baik kami tak usah dibantu sama sekali”. Bagus banget endingnya.
Sayang cuma di film ya…

7. THE SILENCE OF THE LAMBS
Dalam film yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan dimana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis “MADE IN INDONESIA”. Apakah image Indonesia sudah sebagai negara yang banyak penculikan atau karena kita produsen tekstil?

8. SLEEPER CELL (2005-2007) (Serial TV)
Serial TV ini bercerita tentang Darwyn Al-Sayeed, seorang muslim Afrika-Amerika yang bekerja sebagai agen FBI. Tugas Darwyn adalah mengusut kasus terorisme yang dilakukan organisasi teroris pimpinan Faris Al-Farik. Diceritakan, dalam episode Target dan Scholar,Darwyn berurusan dengan tokoh mahasiswa Indonesia bernama Eddy Pangetsu (Jeff Mallare). Eddy digambarkan sebagai ahli biologi kimia yang direkrut Faris Al-Farik untuk membuat virus anthrax yang disebar di Amerika. Menariknya, salah satu adegan menggambarkan Faris menuduh Eddy menyelundupkan virus tersebut ke Indonesia untuk dikirimkan ke pamannya, seorang gangster lokal. Oke, negara kita kini digambarkan cerdas, tapi gemar berperang. Ironisnya lagi, Sleeper Cell yang punya tagline “Friends. Neighbours. Husbands. Terrorists” ini ternyata cukup mendapat perhatian di negara asalnya. Buktinya,tahun lalu serial ini dinominasikan Emmy Awards untuk kategori Outstanding Miniseries, serta Golden Globe untuk Best Miniseries.Untungla h, Sleeper Cell tidak menang.Lebih untung lagi, Jeff Mallare si pemeran Eddy Pangetsu juga tidak masuk nominasi. Jadi dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai Sarang Teroris.

9. SWEETEST THING (2002)
Dalam film drama psikologi ini, si cantik Cameron Diaz ternyata juga “bermulut sampah” saat mengeluh karena teman-temannya selalu saja membuat ulah dan mengacau. Dengan enteng dia berkomentar, “Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia”. Selain itu, waktu Christina Applegate masuk apartemen dan ngeliat apartemennya berantakan dipake ML gila2an oleh Selma Blair, Christina bilang gini “this place is a mess like Indonesia”. Jadi, ruangan kayak kapal pecah itu disamakan kaya Indonesia

10. NEEDFULL THING
Film tentang iblis yang membuat kacau sebuah kota yang damai. Iblis yg mengadu domba seluruh penduduk 1 kota. Pemain utamanya seorang polisi. Di akhir film si iblis bersumpah akan membalas dendam, dengan bekerja sama dengan anak si polisi itu di masa depan (2014), di Jakarta.

11. MIAMI VICE (Serial TV)
Salah satu episodenya adalah mengungkap penyelundupan narkoba yang disembunyikan di dalam nanas yang berasal dari Indonesia.

12. KINGDOM
Film ini tentang aksi terorisme di Arab Saudi dan diceritakan ancaman tentang aliran dana group radikal mengalir ke Jakarta.

sumber

54 komentar:

  1. wkwkwkkw tapi emang bener gan...hahahahah
    premium...hmmmmmmmmmmmmm

    BalasHapus
  2. setuju sama anon 1, memang kenyataanya seperti itu. judul artikel yang salah, mestinya "film hollywood yang harus di intropeksi oleh orang indonesia"

    BalasHapus
  3. ada satu lagi, film jumanji. waktu ada orang primitif muncul dari permainan, trus si kirsten dunst bilang kalo orng primitif itu berasal dari indonesia waktu ada yg nanya itu siapa.
    apakah sebegitu buruknya indonesia dimata dunia....

    BalasHapus
  4. huuummmm emang kita primitif ya? huhuhahahugahugahu??gkgkgkgkgkgk

    BalasHapus
  5. emang nih,, ky film anacondas 2 . . syutingnya aj di malaysia . truz dh gtu pas di bar nya lagii . .ngmgnya logat melayu bukan indonesia.

    haduhh , ,

    BalasHapus
  6. hahahahahhihihihihhehehehehehe...dewasa sajalah menyikapinya.......!!!

    BalasHapus
  7. Gak sia-sia kita bangun imej, akhirnya sampai juga..
    wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  8. Menghina? Tidak kok.

    Betul itu ching!

    BalasHapus
  9. wanjenk, "bangun image" hkawhkahwkhkaw

    BalasHapus
  10. kayaknya bukan cm indonesia deh yg pernah dihina sama mereka d film...liat film ttg rusia, vietnam atau irak....kan jg dijelek2in sama mereka...dasar aja orang amerika ngerasa negara paling bagus...padahal mereka ini penjahat n teroris sebenernya....tanah aja ngerampas dari orang indian yg pribumi amerika...

    BalasHapus
  11. anggap aja hanya hiburan. itung2 numpang mejeng

    BalasHapus
  12. bukan numpang mejeng tapi numpang sampai "dikenal" Dunia melalui film2 hollywood

    BalasHapus
  13. emg pantes buat dihina sih, ya mau gmn lagi??!!terima aja!..kalo ngga mau dihina ya mestinya bikin sesuatu yang berkualitaslaaahhhhh..gitchu aza kuk rephotzz ☺

    BalasHapus
  14. ya mejengnya tapi cuman jadi bahan ejekan aja....jadi bahan tertawaan...

    ga ada kebanggan sama sekali...

    meski bangsa kita belum mmbuat sesuatu yang berkualitas...tapi setidaknya jangan meng-YA-kan ejekan mereka dong...

    kuq seneng negaranya dijadikan bahan ejekan....
    Heeeeehmmmmmmm.....

    BalasHapus
  15. ku marah karena ku cinta negaraku Indonesiaaa

    ku ingin maju bersama negaraku Indonesiaaaa

    aku pasti BISA!!

    BalasHapus
  16. the west wing yg judulny apa ya? hehe... penasaran pengen liat.. bagus dong endingnya klo gitu

    BalasHapus
  17. orang2 bodoh yang ketawa ngeliat negara nya, tempat dia hidup, tempat dia makan , tempat dia ngemis2 nyari kerja , tempat dia ngemis2 minta perlindunga dihina... generasi yang bego tolol bodoh pasti tar klo perang kalian yang paling duluan lari dari indonesia ato ga kalian yang paling duluan berkhianat sama bangsa ini....

    BalasHapus
  18. ulasan diatas akan menjadi masukan yang berarti .... KENAPA MEREKA MENGATAKAN INDONESIA BEGITU, TANNYA KENAPA????

    BalasHapus
  19. buat yang komen di atasku....

    LEBIH HINA MANA JIKA DIBANDING MA NEGARA YANG SUKANYA MENGKLAIM KEBUDAYAAN MILIK NEGARA ORANG LAIN......

    BalasHapus
  20. Hahahh emang bener sihhh..Tapi toh bangsa kita masih byk hal2 yg bisa dibanggakan..Think positive ajalah. Toh kita jg suka mencela / mengejek bangsa lain. Yah, sekarang kita diejek bangsa lain ya sudah jgn marah. Tunjukin dong klo negara tercinta kita tidak seperti apa yg mereka / bangsa lain pikirkan!!
    Gitu aja kok repot..Peace.

    BalasHapus
  21. Bangga... pengeluaran kotoran manusia terbanyak di dunia.

    Syok bangga... pengiriman TKI/PRT keluar negeri yang terbanyak di dunia.

    BalasHapus
  22. kayaknya ada yang salah yaaaa.....seperti nanas bukan buah asli Indonesia loh....nanas itu berasal dari negeri tropis lainnya alias Hawaii..dan Nanas di Indonesia dikenal sebagai tanaman eksotis (orang ekologi pasti tau deh)trus yang di pilem LOOKING FOR JACKIE CHAN, itu bukan anak Indonesia keturunan Cina, tapi dia itu anaknya duta besar cina untuk Indonesia..coba di cek dulu..lihat baik-baik...

    BalasHapus
  23. negara malaysia juga menjadi negara tukang klaim budaya terbanyak dunia dan klaim terbanyak di dunia yg ditolak, malah budaya indonesia yg banyak dijadikan warisan dunia oleh UN.
    kasian kasian kasian

    BalasHapus
  24. :...budaya indonesia yg banyak dijadikan warisan dunia.:

    Apa gunanya ching? Tak ada gunanya ching kalo hanya setakat untuk mencari pamor. Apa bisa merubah negaramu untuk lebih makmur?

    Kuda lumping, reog (syirik, budaya mistis tuh ching... berkawan/bermain dengan syaitan) budaya nongkrol, gossip, menabur fitnah, bom bunuh diri, bom masjid, tawuran, demonstrasi, makan di waroeng lesehan, berak di kali, makan jengkol, korupsi... lebih baik di paten juga ching.

    Aduh aduh Mat Indon Mat indon... tak sadar sadar!

    BalasHapus
  25. warisan dunia ya tetap warisan dunia kan udah diakui UN. warisan dunia dari malaysia apakah ada????????? NOL BESAR SANGAT TIDAK ADA. apanya yg makmur negara lo, rakyat kalian pun masih ada yg kaya gitu. lo yg tinggal dikota mana tau keadaan kampung2 di negara lo. dasar negara malon kaya katak dalam tempurung. malaysia is trully bullshit asia

    BalasHapus
  26. Ya ampuunnn Malon!!!
    Lo ngomong pikir pake otak elu dulu lah.
    Elu bilang kuda lumping,reog budaya mistis. Kenyataannya situ embat juga kan? Mengatasnamakan budaya Indonesia buat Malonmu itu!
    Bom bunuh diri tu asalnya dari mana Malon lo bukan ajaran sesat orang-orangmuuu???
    Halah!
    Kayak situ negara bagus aja.
    NGACA MALOONNNNN!!!!
    Setuju sama yang di atas MALINGSIA IS TRULLY BULLSHIT ASIA!
    Omong aja besar lo! Etika ga ada!

    BalasHapus
  27. Hahahahahahahahahaha!!!
    Salah satu bukti Indonesia lebih baik dari Malingsia.
    Mereka tau kita punya kuda lumping dan reog.
    Kita taunya mereka tukang plagiat budaya negara lain.
    Maling teriak Maling.
    Apalagi MaLINGsia...

    BalasHapus
  28. Sebenernya kita sudah adem ayem aja disini.
    Tapi herannya kenapa selalu si Malon ini ngajak berantem duluan?
    Apa budayanya memang begitu ya?
    Atau mereka memang IRI pad kita??

    BalasHapus
  29. si malon itu gk pnya budya, maknya krjanya jiplak budya kita gan...

    tak punya jati diri dan budya jdinya ngiri dech ma bngsa kita yg kaya akan ragam budya dan di akui dunia...
    benar tak???????????

    BalasHapus
  30. buat malon..emang salah makan di warung lesehan ?
    suka suka kita mau lesehan ..yang penting kan bersih temoatnya..raja2 di indonesia jaman dulu kalo makan juga lesehan..

    BalasHapus
  31. Warung lesehan buanyaaak lalat dan lalernya choy!

    "raja2 di indonesia jaman dulu kalo makan juga lesehan..." Itu zaman dulu choy. Sekarang zaman moderen.

    Dengar dengar sekarang ada berita terhangat choy. Sekarang musimnya bai'at orang kafir. Pegi sono cuci otak lu supaya lu menjadi orang baik baik.

    BalasHapus
  32. betul betul betul

    BalasHapus
  33. ah tai lah itu malaysia

    BalasHapus
  34. wahhh semakin bangga aja jadi orang indonesia. negara kita di sebut2 terus di film, masalah jelek ato ngga nya kan, kita sendiri yg menilai, yg penting exist. malingsia jauhh kelaut, kucing garong malaka pantas namanya...! betul betul,betul

    BalasHapus
  35. Malaymalingkutang30 April 2011 pukul 20.52

    ganyang malingsia

    BalasHapus
  36. Anonim mengatakan...

    wahhh semakin bangga aja jadi orang indonesia. negara kita di sebut2 terus di film,

    Masa bodoh! Mata kuda nil!

    BalasHapus
  37. betul betul betul

    BalasHapus
  38. Anonim mengatakan...

    wahhh semakin bangga aja jadi orang indonesia. negara kita di sebut2 terus di film

    Masaallah! Masa bodoh!

    BalasHapus
  39. List filem yang akan ditayang di cinema 21:

    • Kutilanak mencari cinta
    • Beranak dalam toples
    • Kolong wewe mencari kutang
    • Dendam tuyul gondrong
    • Gendruwo mencari Miyabi
    • Pocong ngesot
    • Hantu jeruk nipis
    • Pocong balap karung
    • Suster ngesot kawin lari
    • Suster zigzag
    • Tali pocong perjaka
    • Kalo abis stock...tayang ulang-tiren
    • Hantu datang bulan
    • Arwah goyang karawang
    • Pocong keluyuran
    • Beranak dalam kubur
    • Suster keramas
    • Maaf aku menghamili istrimu
    • Istriku Istrimu
    • Biar nyopet dari kepepet
    • Masuk enak keluar eunak
    • Bubuk siang

    Alamak parah nih pemikiran Mat Indon. Sangat kreatif bikin bangga... katanya!

    BalasHapus
  40. nggak terima, tapi emang g bisa dipungkiri lagi.
    jadi, sebaiknya ini sebagai bahan untuk Introspeksi diri. bahkan lebih baiknya, SBY baca yang beginian.....

    BalasHapus
  41. bukan cuma di film hollywood saja tapi di film asia juga
    kyak di film i not stupid 2 yang mempekerjakan PRT nya orang indonesia...

    BalasHapus
  42. 12 Film Hollywood yang Menghina Indonesia... Tanya kenapa!

    Kenapa ya Indonesia sering di hina?

    BalasHapus
  43. itu kan film hollywood, coba kalian nonton film Inggris, peran orang2 malaysia sebagai pengulum kontol orang Inggris!!!

    BalasHapus
  44. Ehhh boong nggak ada tuh ching!

    Pukekmak lu ngomong sembarangan.

    BalasHapus
  45. eh malaysia...memangnya mau TKI semuanya ditarik dari negaramu...mau jadi apa malaysia tanpa TKI????emangnya sepak bola disana kurang greget kali..sampe2 pemain timnas situ ngotot bgt buat main di indonesia...orang malay banyakan coli jadi main bolanya lemes..makanya safee hijrah kesini...

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  47. aku tjah rakaruan25 Juli 2011 pukul 16.32

    malah tan soyow ruwet kabeh gc tan soyo aopik.............................kapan majune negoro ki???????...............

    BalasHapus
  48. malaysia people like having sex with dogs.

    BalasHapus
  49. yg blg pukekmak tlg sopan dikit ya atau gw blg mak lw gak punya pukek, lgan punya bahasa aneh sampe lg shela on 7 dilarang gr2 ada kata "butuh" dasar malon otak ngeres gak ada rasa seni bisanya cuma jd peniru ulung

    BalasHapus
  50. wah, sebagian ada yg tepat bgt tuh,
    (menurut gue, red.)

    BalasHapus
  51. woww.. terima kasih gan informasi nya,,

    BalasHapus
  52. lebih tepat kalo diblg "menyindir" bukan menghina yaa,, emg kenyataannya kyk gitu, kalo ga mo d sindir, kita sbg org Indonesia harusnya berubah... bagus artikel ini. semoga yg baca artikel ini bisa merasa tersindir dan mau untuk berubah menjadi org Indonesia yg membanggakan. saya pun merasa tersindir.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails