20 Juli 2012

Dianggap Aneh, 7 Olahraga Dihapus di Olimpiade


foto






























Olimpiade London segera dimulai. Cabang-cabang yang dipertandingkan dalam pesta olahraga ini mengalami revisi dari beberapa kali penyelenggaraan. Berikut ini beberapa cabang olah raga "aneh" yang kini sudah tak ditemukan lagi dalam olimpiade modern:

Tahan nafas dalam air
Meskipun olahraga ini menjadi bagian dari program olahraga air dalam Olimpiade St Louis pada tahun 1904, cabang olahraga ini tampaknya memiliki lebih banyak kesamaan dengan permainan anak-anak ketimbang sebuah olahraga olimpiade.

Dalam olahraga ini, atlet diharuskan untuk menyelam ke dalam kolam atau dasar pantai tanpa menggerakkan kaki mereka. Juara ditentukan berdasarkan siapa yang paling lama berada di bawah permukaan air. Pemenang medali emas adalah atlet AS William Dickey, meskipun, perlu dicatat, Amerika hanya berkompetisi dalam ajang tersebut.

Menembak merpati hidup
Menembak telah lama menjadi cabang pokok dalam olimpiade sejak olimpiade modern pertama dilakukan pada tahun 1896. Pada olimpiade tahun 1900 di Paris, salah satu cabang yang dilombakan adalah menembak merpati hidup. Unggas ini dilepaskan saat sang atlet membidik target yang bergerak. Lebih dari 300 burung tewas dalam acara tersebut. 

Tarik tambang
Tampil untuk pertama kalinya di Olimpiade Paris tahun 1900, tarik tambang rutin diperlombakan hingga Olimpiade Antwerpen tahun 1920. Aturan resmi menetapkan bahwa tim terdiri dari delapan orang yang harus menarik lawan mereka hingga enam kaki (sekitar 1,8 meter) untuk menang. Jika kedua kubu gagal melakukannya, hakim memberikan tambahan waktu lima menit lagi dan kemudian menyatakan tim yang telah membuat kemajuan sebagai pemenang. Tim Inggris selalu keluar sebagai pemenang.

Panjat tali
Panjat tali itu sebenarnya merupakan acara resmi di olimpiade modern yang paling awal di Athena, 1896. Kemenangan paling mengesankan dalam sejarah acara tersebut adalah dalam Olimpiade Los Angeles tahun 1932 ketika pesenam AS, George Eyser, meraih emas walaupun memiliki kaki kayu.

Croquet
Mirip pertandingan golf, tapi bola harus masuk gawang. Olahraga ini muncul pertama kali dalam Olimpiade Paris tahun 1900. Mungkin karena hanya Prancis yang mengirimkan wakilnya atau hanya sedikit yang menonton, permainan ini dihapus dengan alasan resmi: "hampir tidak ada pretensi untuk atletis."

Duel pistol
Duel pistol membuat penampilan perdana dalam Olimpiade Athena tahun 1906. Membingungkan sebab meski namanya duel, tapi tidak ada duel sebenarnya. Peserta hanya menembak objek  dari jarak 20 atau 30 meter. Ini mungkin terdengar aneh, tapi sebuah jajak pendapat yang diadakan sebelum Olimpiade Sydney tahun 2000 menemukan bahwa 32 persen ingin melihat olahraga ini dihidupkan kembali di Olimpiade Musim Panas.

Lompat jauh kuda
Apabila acara lompat jauh telah menguji kecakapan bintang atletik dari seluruh dunia, Olimpiade Paris 1900 mempertandingkan kuda dalam ajang ini. Pemenangnya, Constant van Langendonck yang menaiki kuda Extra Dry, mencatat lompatan sejauh 6,10 meter.



sumber

5 komentar:

  1. wkwkwkwkwk tarik tambang dl masuk olimpiade jg???

    BalasHapus
  2. coba tarik tambang di hidupkan lagi pasti indonesia dapat emas, kita pakai orang utan ^^

    BalasHapus
  3. hahahahaha Nice Info gan heheh... Tp Kalo Dimasukkan Ke Olimpiade Sbenere tambah seru loh ckckckckck

    BalasHapus

  4. web set yang menyenangkan ,,,, semoga hari mu indah gan

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails