12 Oktober 2011

Ternyata Raja Ekonomi Dunia 'China' Meniru Indonesia



China kini dikenal sebagai salah satu raja ekonomi dunia. Mereka gencar mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai basis kemajuannya.

Bagaimana China meraih itu? Ternyata China meniru Indonesia dalam membangun pusat teknologi pada 2004. Konsep tersebut diambil China dari Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Banten.

"Namun kini berbalik, Indonesia ketinggalan," kata kata Ketua KIN Zuhal Abdul Kadir saat mengisi Seminar Pengembangan Iptek Nasional 2011 di Widya Graha Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

Nah, pemerintah kini memasukkan inovasi ke dalam pilar utama pendorong pembangunan Indonesia. Dalam masterplan ini KIN menganjurkan revitalisasi fungsi Puspiptek Serpong dan realisasi pembangunan Lembah Teknologi Tinggi Bandung.

Selain itu, juga disiapkan serangkaian insentif bagi kegiatan penelitian oleh swasta yang ingin berkantor di Indonesia. "Dengan begitu perusahaan seperti Research in Motion bisa tergerak mendirikan pusat penelitian dan pengembangan di dalam negeri," kata Zuhal.

Pendekatan anggaran juga dilakukan dengan menaikkan dana riset hingga 1 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2014. Pendekatan ini diharapkan bisa membangkitkan semangat peneliti untuk berinovasi.





sumber

6 komentar:

  1. china memang negara peniru..,
    1x

    BalasHapus
  2. Thn 2004 meniru Indonesia membangun pusat teknologi ???

    2011 - 2004 = 7 thn

    Jd dgn meniru Indonesia, dalam 7 tahun kemajuan teknologi sudah smp sejauh ini ???

    BalasHapus
  3. Tapi indonesia juga masih berkutat dengan pola pikir jangka pendek yaitu selalu seputar pemenuhan perut.

    Dan segala hal yang sifatnya inovatif plus lebih berorientasi jauh ke depan justru tidak mendapatkan perhatian. bukti ini nampak dari tidak dihargainya orang2 pintar dan berbakat di negeri ini sehingga justru malah negara lain yang mendapatkan servisnya.


    Mental.....itu masalahnya !

    BalasHapus
  4. meniru untuk kemajuan, mengapa tidak
    dibading yang ditiru malah enggak maju-maju

    BalasHapus
  5. Apa dari pihak China ada mengaku bahwa mereka meniru konsep pengembangan badan teknologi itu di tahun 2004?
    Sepertinya Tahun 2004 pun China sudah lebih maju dari Indonesia dalam hal teknologi.

    BalasHapus
  6. ah ini cuma opini pribadi Zuhal. Mereka (China) maju karena korupsi bisa diberantas, dan banyak pelajar mereka belajar di negara2 barat dan pulang membangun negerinya sendiri. Sifat rakyatnya sangat nasionalis dan patriotis, terbukti dgn berita ttg pembangunan menara gedung pencakar langit disumbang oleh para petani lokal.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails