24 Februari 2012

6 Makhluk Hidup Berumur Paling Panjang



Organisme paling tua di dunia didominasi spesies yang bisa bereproduksi secara aseksual. Hal ini membantu mereka menghindari mutasi dan parasit.

Berikut ini makhluk hidup yang dirangking berdasarkan umur paling tua, seperti dikutip dari laman Telegraph:

1. Posidonia oceanica
Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.

2. Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia
Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu koloni spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.

3. Gaylussacia brachycera atau box huckleberry 
Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia koloni tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun.

4. Larrea tridentata atau creosote bush
Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.

5. Populus tremuloides atau quaking aspen
Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun.

6. Picea mariana atau black spruce 
Tanaman sejenis cemara yang berasal dari bagian utara Amerika Utara. Tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun.

14 komentar:

  1. gan..salah JUDUL tuh...INI TUMBUHAM..bukan MAHLUK HIDUP....CUAPE DUEHH....
    BALAS

    BalasHapus
  2. tumbuhan juga makhluk hidup. capek deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumbuhan memang makhluk
      tapi tidak hidup jika hidup pasti bisa jalan-jalan
      tumbuhan kan tidak bisa jalan
      Capek deh

      Hapus
    2. tapi tetap aja tumbuhan itu makhluk hidup. capek deh

      Hapus
  3. waduh anonim diatas banyak yang bego ya ckckckkc
    gak pernah sekolah apa....! pelajaran SD ini...!
    apa saja yang termasuk golongan makhluk hidup? 1. Manusia, 2. Hewan, dan 3. Tumbuhan ckckckckckkckc
    sebelum komeng dipikir dulu donk, gak tau apa2 tapi sok2 tau ckckckkc

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacau gan org2 di atas -_-, ane numpang nambahin comment nya ya gan, tumbuhan bergerak pasif, sementara hewan dan manusia bergerak aktif, tu ada anonim yg bilang tumbuhan ga gerak, tumbuhan gerak kok tapi pasif

      Hapus
  4. anonim yang pertama GOBLOK!!! amat ya....
    g' d sekolahin apa ma orangtuax ckckckckckckckck, prihatin aku :p

    BalasHapus
  5. goblok kok dipelihara

    BalasHapus
  6. makhluk hidup berumur paling panjang:
    AZAZEEL.
    sudah ada sebelum bumi diciptakan, beliau merupakan malaikat yang menolak bersujud kepada nabi adam yang kemudian dilaknat oleh Allah menjadi Abbalas (iblis).
    Azazeel pernah meminta diberikan nyawa hingga detik2 hari kiamat nanti (untuk menyesatkan manusia) dan Allah mengabulkannya.
    gila......umurnya panjang banget kan?

    BalasHapus
  7. udah pada gila yang comment gax nyambung semua.....!!?!?!??!!!!!!!@#$%

    BalasHapus
  8. Anonim diatas goblok goblok

    sudah pasti makhluk hidup terpanjang yaitu Manusia
    manusia sudah ada dari tahun 1 waktu adam dan hawa muncul

    adam n hawa menciptakan anak-anak hingga kita-kita ini
    jadi yang paling lama hidup itu manusia

    BalasHapus
  9. dalam kepercayaan agama tu mah....
    bukan sains

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails