20 Januari 2012

Fakta Ilmiah di Balik Kebiasaan Minum Air Dingin


Mungkin sudah banyak orang yang pernah menyarankan anda untuk tidak mengkonsumsi air dingin karena tidak baik untuk kesehatan. Kebanyakan dari saran-saran tersebut mengatakan bahwa air dingin akan membuat anda gendut. Tapi apakah benar demikian faktanya? Mari kita simak apa fakta ilmiah mengenai hal ini.
air dingin bikin gemuk
Dalam teori ilmiahnya, air dngin akan membekukan makanan-makanan yang berminyak yang ada dalam saluran pencernaan. Hal ini akan memperlambat proses pencernaan. Pencernaan yang lambat akan berakibat pada menurunnya metabolisme tubuh yang bisa berakibat pada penumpukan lemak yang tidak dicerna dengan baik. Jadi, pernyataan “minum air dingin bisa bikin gendut’ dalam hal ini benar adanya. Secara tidak langsung, air dingin berperan dalam proses lambatnya metabolisme dalam tubuh kita.
Untuk penderita penyakit jantung koroner, mengkonsumsi air dingin juga tidak disarankan. Ketika mengkonsumsi air dingin, pembuluh darah akan mengkerut hingga diameter yang lebih kecil dari rambut manusia. Hal ini akan membuat aliran darah dari dan ke jantung akan terhambat. Jadi bagi para penderita jantung koroner, disarankan untuk minum air hangat/teh hangat untuk terjadinya efek sebaliknya yaitu saluran pembuluh darah yang mengembang.
Demikianlah pembuktian ilmiah di balik mitos ‘air dingin bikin gendut’. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini anda bisa memberikan saran yang sama disertai penjelasan ilmiah kepada orang-orang yang anda cintai.

3 komentar:

  1. artinya....kalo makan makanan yang gak berminyak, boleh dong minum aer dingin......hehehehehehehehehe...

    BalasHapus
  2. terserah.... loe kan udah bisa mikir sendiri

    BalasHapus
  3. kebiasaan ane sejak kecil gak sreg rasanya kalo gak minum es,, :(
    susah banget ngehindari minum es,, T.T

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails