25 Juni 2010

6 Makanan Untuk Kekebalan Tubuh

Jakarta - Meningkatkan kekebalan tubuh tak hanya melalui suplemen tambahan saja, tapi juga dari makanan yang dimakan tiap harinya. Daripada bingung menentukan makanan apa yang cocok, simak info enam makanan berikut yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda!

Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat kondisi tubuh menurun. Mudah terkena flu dan cepat sekali lelah. Beragam suplemen tambahan Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas / kekebalan tubuh agar lebih baik. Selain mengkonsumsi suplemen, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam.

Nah, berikut ini adalah enam jenis makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda:

1. Buah dengan Rasa Asam
Jenis buah-buahan dengan rasa asam seperti jeruk, lemon, dan anggur, mengandung banyak vitamin C yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Mengapa vitamin C penting dalam menjaga imunitas tubuh? Vitamin C dapat membantu tubu memproduksi sel darah lebih banyak sebagai anti bodi dan menjaga tubuh dari serangan virus. Untuk mendapatkan vitamin C setiap harinya, Anda bisa meminum perasan lemon yang sudah diberi air hangat. Tapi kalau Anda memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya tambahkan madu agar rasanya tidak terlalu nonjok untuk lambung.

2. Telur
Seperti yang Anda ketahui, bahwa telur merupakan sumber protein yang tinggi. Tapi tidak hanya protein saja, telur juga mengandung vitamin A yang mudah larut. Vitamin ini juga berperan penting dalam pembentukan imun tubuh. Selain telur, sumber vitamin A lainnya bisa Anda daptkan dari hati, makanan olahan dari susu, dan juga minyak ikan.

3. Daging Tanpa Lemak (Lean Red Meat)
Daging merah sudah dikenal sebagai sumber zat besi, dimana zat besi ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Idealnya, dalam seminggu Anda mengkonsumsi daging sebanyak dua hingga tiga kali. Ingat, daging yang Anda makan harus rendah lemak, dan pastikan saat memasak pun jangan terlalu banyak menggunakan bahan tambahan mengandung lemak. Apabila Anda tidak bisa makan daging merah, pastikan Anda mengkonsumsi lebih banyak jenis kacang-kacangan, telur, sayuran hijau, dan cereal.

4. Gandum
Sereal gandum atau sejenisnya seperti gandum, rye, barley, dan beras merah akan memberikan vitamin B yang cukup penting untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin B, asam pantothenoic, dan juga asam folat. Vitamin B mendukung sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, selain itu kandungan serat yang tinggi membuat pencernaan Anda bekerja dengan sangat baik.

5. Seafood
Hampir semua jenis seafood merupakan sumber utama zinc, namun yang paling besar adalah jenis kerang, remis, dan juga tiram. Sedangkan cumi, salmon, dan ikan lainnya juga mengandung zinc namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Peran zinc dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk memastikan sel-sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi dan virus bekerja dengan sebaik-baiknya.

6. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan tidak hanya bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang, tapi juga pemenuhan tubuh dari zinc, zat besi, dan juga vitamin B. Dan ketiga mineral tadi sangat mendukung sistem kekebalan tubuh. Setiap jenis kacang memiliki keuntungan yang berbeda, salah satunya adalah kacang Brazil yang kaya akan selenium, almond dan kacang tanah merupakan sumber vitamin E.

Jenis kacang-kacangan adalah makanan yang cukp ideal dikonsumsi setiap hari. Selain cukup mudah ditemukan, harga yang cukup terjangkau, juga mampu mendukung sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails